WEBINAR HIMANDA 2022 “GET TO KNOW HSK, HSKK, AND BCT: CHINESE PROFICIENCY TEST”

Dalam mempelajari mandarin, juga terdapat tes yang menunjukkan kemampuan kita dalam berbahasa mandarin, tes tersebut dinamakan HSK, HSKK, dan BCT. HSK (汉语水平考试)merupakan ujian standarrisasi untuk kemahiran berbahasa mandarin bagi mahasiswa internasional, pendatang dari luar, dan anggota kelompok etnis minoritas di Tiongkok. Dalam HSK terdapat 6 level, dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda di tiap level masing-masing. Sedangkan HSKK merupakan ujian standarisasi untuk kemahiran berbahasa mandarin khusus untuk kemampuan speaking (berbicara) dalam tes HSKK terbagi dalam level Basic, Intermediate, dan Advance. Untuk sertifikat HSK dan HSKK berlaku selama 2 tahun, dan dapat digunakan untuk pendaftaran kuliah di Tiongkok, persyaratan beasiswa, atau melamar pekerjaan.
Untuk Business Chinese Test atau biasa disingkat BCT merupakan TOEIC dalam bahasa Mandarin, pada umumnya BCT digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Mandarin di lingkup bisnis atau lingkungan kerja, BCT terdiri dari tes lisan dan tertulis. BCT terdiri dari dua level yaitu A dan B. untuk level A memiliki tingkat kesulitan dari level 1-3 dan untuk BCT B memiliki tingkat kesulitan dari level 5 hingga level 6.

Pada Senin, 23 Mei 2022 HIMANDA atau Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra China menyelenggarakan webinar “Get to Know HSK, HSKK, dan BCT” dengan Panda Mandarin Education yang bertujuan agar mahasiswa dan para pelajar dapat mengetahui perbedaan ketiga tes tersebut dan dapat mengetahui apa saja fungsi dan manfaat dari tes tersebut.
Webinar kali ini dibawakan oleh Fera Veronika selaku salah satu founder dari Panda Educational Mandarin. Fera Veronika lulusan dari Normal Hebei University dan lulus dengan HSK 6, beliau mengikuti sejumlah perlombaan di Normal Hebei University pada tahun 2018-2019, mengikuti Bandung International Foreign Language pada tahun 2015-2018 dan pastinya memiliki pengalaman mengajar dan bekerja yang sudah tak perlu diragukan lagi.
Dalam webinar ini, Fera lao shi menjelaskan lebih rinci tentang HSK, HSKK, dan BCT, beliau menerangkan tentang jumlah kisaran kosakata yang perlu dikuasai sebelum mengambil tes atau kosakata yang perlu dikuasai agar dapat lulus tes tersebut.

Beliau juga menerangkan sedikit tentang lapangan pekerjaan yang bisa kita gapai jika kita menguasai bahasa Mandarin. Selain memberikan ilmu pengetahuan tersebut, Fera lao shi juga memberikan sedikit contoh yang bisa kita jadikan referensi sebelum memulai tes tersebut.
Selain memberi tahu hal diatas, Fera lao shi juga membagikan sedikit info dimana kita bisa melakukan test HSK, HSKK, dan BCT, yaitu bisa dilakukan di secara online di www.chinesetest.cn dan dapat dilakukan di Panda Mandarin Education.

Acara Webinar HIMANDA yang diselenggarakan pada tanggal 23 Mei tersebut dibuka dengan kata sambutan dari Ketua HIMANDA 2022/2023 kak Natanael Yongka dan kata sambutan dari Ketua Acara yaitu kak Agustinawansa. Pada penghujung acara ditutup dengan sesi Q&A, sesi pemilihan pertanyaan terbaik dan lucky spin bagi peserta beruntung. Bagi peserta yang beruntung mendapatkan sedikit penghargaan dari tim panitia.
Pada sesi Q&A antusiasme yang tinggi menghampiri Fera lao shi, setelah Fera lao shi menjawab pertanyaan pertanyaan peserta, webinar dilanjutkan dengan acara penutup yaitu pemilihan pertanyaan terbaik, dan lucky spin.
Tidak lupa juga disertai dengan sesi dokumentasi, pada sesi dokumentasi dilakukan bersama panitia, peserta dan juga pembicara. Bagi peserta yang telah meluangkan waktu nya untuk mengikuti webinar ini, akan mendapatkan e-sertifikat dan juga SAT points untuk Binusian.

Panitia WEBINAR HIMANDA 2022 “GET TO KNOW HSK, HSKK, AND BCT: CHINESE PROFICIENCY TEST”