Chinese Fabel Mini Story: 吃肉变聪明

Pada suatu hari, Ai Zi (艾子) mendengar suatu pembicaraan dari dua tetangganya secara tak sengaja. Satu orang berkata: “Semuanya hidup di bumi dengan langit dan tanah yang sama, tetapi mengapa para bangsawan begitu bijak dan pintar, sedangkan aku tidak?”. Satu orang yang lainnya pun membalas: “Itu karena mereka setiap hari makan daging, jadi begitu pintar dan bijak. Kalau tidak kita coba makan daging beberapa hari juga saja.”

Beberapa hari kemudian, Ai Zi tak sengaja mendengar kedua orang itu mengobrol lagi. Satu orang berkata: “setelah makan daging setiap hari, aku merasa semakin lama semakin pintar dan bijak.” Satu orang yang lainnya berkata: “Aku rasa punggung kaki menghadap ke depan sangatlah cocok, sebab kalau menghadap kebelakang, dapat terinjak oleh orang yang dibelakang.” Orang yang sebelumnya itu lanjut berkata: “Aku rasa hidung orang memang harus menghadap ke bawah, sebab jika menghadap ke atas, bukankah akan terisi penuh oleh air hujan?”. Mendengar obrolan kedua orang tersebut, Ai Zi pun hanya bisa menghembuskan napas, dalam hatinya berpikir: “Orang yang makan daging, pengetahuan dan intelijennya pun hanya segini saja ya!”

Sebenarnya, dibanding mengatakan bahwa kedua orang yang makan daging ini menjadi pintar, lebih baik dikatakan bahwa mereka berubah menjadi yang sebaliknya, sebab kepintaran/kebijakan memang tidak ada hubungannya sama sekali dengan makan daging. Pengetahuan/kepintaran/kebijakan hanyalah bisa didapatkan melalui belajar dengan sungguh-sungguh.