Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia!

Kemerdekaan Indonesia ditandai dengan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 di Jalan Pegangsaan Timur No.56. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini sendiri dibacakan oleh Soekarno yang dimana pula didampingi oleh Mohammad Hatta.

Pada tanggal 6 Agustus 1945, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Kota Hiroshima, Jepang. Tiga hari setelah kejadian, pada tanggal 9 Agustus 1945, Amerika Serikat Kembali menjatuhkan bom atom di Kota Nagasaki, Jepang. Akibatnya ratusan ribu orang menjadi korban jiwa dari peristiwa tersebut. Kedua peristiwa ini juga memaksa Jepang untuk menyerah kepada sekutu dan menandai berakhirnya Perang Dunia II. Golongan Muda Indonesia yang mengetahui hal itu dan melihat kesempatan yang ada pun segera mendesak Soekarno dan Mohammad Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dengan cara menculik mereka ke Rengasdengklok, Karawang pada tanggal 16 Agustus 1945.

Dari peristiwa ini, berhasil disepakati bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah itu, Bung Karno dan Bung Hatta pun dibawa kembali ke Jakarta. Setibanya di Jakarta, mereka pun singgah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda, Kepala Penghubung Angkatan Laut dan Darat Tentara Kekaisaran Jepang. Disanalah letak proklamasi kemerdekaan Indonesia dirumuskan.

Setelah selesai menyusun teks proklamasi, diberitahukan sebuah pengumuman dari Bung Karno bahwa proklamasi akan dibacakan pada pukul 10.00 WIB di halaman rumahnya, di Jalan Pegangsaan Timur No.56, Jakarta.