Bincang Jurusan Series 2023: Region Alam Sutera

Acara Bincang Jurusan (BINJUR) merupakan acara yang diadakan oleh HIMA teruntuk para mahasiswa Bina Nusantara University yang mengambil jurusan Accounting, Accounting Technology, Accounting & Information Systems, International Accounting & Finance, Finance dan Taxation untuk meningkatkan pengetahuan dan melakukan evaluasi seluruh kegiatan perkuliahan di Bina Nusantara University. Tujuan dari diadakan Bincang Jurusan yaitu untuk memperkuat hubungan mahasiswa, dosen, maupun pihak jurusan Akuntansi.

Pada tanggal 22 Desember 2023, HIMA mengadakan BINJUR SERIES 2 dengan tema “Accountance Needs: Preparing Skills Needed to be Sucessfull”. Tujuan dari tema ini yaitu membahas dan menyoroti keterampilan apa saja yang dibutuhkan mahasiswa di bidang akuntansi agar dapat meraih kesuksesan di masa depan. Acara akan diselenggarakan secara daring menggunakan platform zoom meetings

Binjur kali ini, pembicaranya dihadiri oleh Dr. Setiani Putri Hendratno, S.E., M.AK., Cert.Da., CME. Beliau memberikan materi mengenai pengenalan terhadap akuntan, soft skill dan hard skill seperti apa yang dibutuhkan, misalnya pada soft skill dibutuhkan good communication, inisiatif, flexibility, creative, time management, collaboration, dan teamwork, sedangkan pada hard skills dibutuhkan business and accounting basic knowledge, data analytics, excel, and tax. Selain itu, beliau juga menegaskan pentingnya strategi networking, bagaimana cara level up seperti diantaranya mengikuti pelatihan dan mengambil ujian sertifikasi seperti ACCA, CFA, ICAEW, CPA, CA, CMA, dan sebagainya, serta disarankan untuk para mahasiswa  agar mengikuti kegiatan organisasi dan pertemuan ilmiah, serta mencari referensi. Selain itu, beliau juga memberikan tips dalam menghadapi atau mempersiapkan diri sebelum interview dan juga saat interview.

Selain pembahasan mengenai materi, BINJUR SERIES 2 juga memperkenalkan organisasi HIMA yang dibawakan oleh Ketua HIMA 2023 yaitu Agustina Eka Putri Hasan dengan menjelaskan organisasi HIMA itu sendiri, visi dan misi HIMA, serta juga memberikan gambaran dan penjelasan mengenai divisi divisi yang ada di HIMA. Acara BINJUR untuk kali ini berjalan dengan baik, tidak sedikit juga mahasiswa yang aktif dalam sesi tanya jawab.

Kesimpulan pada BINJUR SERIES 2 kali ini yaitu mahasiswa harus memperbanyak hard skill dan soft skill karena itu sangat penting dan harus dilatih, cintai dan yakin dengan diri sendiri itu penting, jangan pernah meremehkan orang lain dan hargai orang lain, perkuat dan tingkatkan diri dengan pengetahuan dan softskill lainnya, serta selalu memperbarui pengetahuan kita.

Dokumentasi bersama: Bincang Jurusan Alam Sutera