HIMA dan Dunia Kerja

HIMA

       HIMA merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Akuntansi. Himpunan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah kumpulan atau perkumpulan. Mahasiswa di dalam KBBI ialah individu yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi, dan Akuntansi di dalam KBBI adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi. Dapat kita tarik kesimpulan bahwa HIMA adalah suatu perkumpulan berbagai individu yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi, atau dengan kata lain HIMA merupakan wadah bagi para mahasiswa Jurusan Akuntansi, Keuangan, Sistem Informasi dan Akuntansi, Teknologi Akuntansi, dan Keuangan internasional dengan berbentuk Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) untuk meningkatkan skill yang telah mereka miliki.

       HIMA pada umumnya terdapat pada setiap universitas dengan tujuan sebagai pemersatu, tempat menampung aspirasi mahasiswa, penyalur bakat, serta diharapkan dapat menjaga eksistensi jurusan dengan memiliki visi misi yang mayoritas hampir sama di berbagai universitas. Untuk mencapai visi misi yang sudah ditetapkan pada setiap universitas, maka setiap anggota HIMA harus menjalankan pedoman kerja serta menjalin hubungan baik ke mahasiswa baru dan lama.

Dunia Kerja

       Dunia Kerja menurut beberapa ahli merupakan suatu lingkungan yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang ditekuni atau dapat disebut juga sebagai tempat berbagai individu melakukan suatu aktivitas, dengan bertempat bisa di organisasi ataupun perusahaan.

       Jika dilihat secara umum terdapat dua jenis lingkungan kerja, yaitu lingkungan kerja yang menggunakan fisik dan lingkungan kerja yang tidak menggunakan fisik. Lingkungan kerja yang menggunakan fisik menurut Sedarmayanti (2011:26) ialah lingkungan kerja dimana semua keadaan berbentuk fisik yang terdapat di sekitar tempat kerja yang dapat mempengaruhi pegawai baik secara langsung maupun tidak langsung. Lain halnya dengan lingkungan kerja yang tidak menggunakan fisik menurut Sedarmayanti (2011:26) adalah lingkungan kerja dimana semua keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja, baik hubungan dengan atasan maupun hubungan sesama rekan kerja, ataupun hubungan dengan bawahan.

       Pada umumnya para anggota HIMA mayoritas memilih masuk ke dalam lingkungan pekerjaan yang non-fisik, yaitu dimana lingkungan atau suasana kerja lebih mengutamakan hubungan antar pekerja seperti atasan dan bawahan serta hubungan antar rekan kerja.

Manfaat mengikuti HIMA untuk Dunia Kerja

       Seperti yang kita semua ketahui bahwa dalam lingkungan kerja yang biasanya dimasuki oleh anggota HIMA yaitu lingkungan non-fisik yang dapat diartikan lebih mengutamakan hubungan kerja dengan atasan dan bawahan serta rekan kerja. Skill dalam hubungan kerja tersebut tidak serta-merta sudah dimiliki langsung oleh setiap individu, melainkan untuk beberapa individu, mereka harus melatih terlebih dahulu skill tersebut.

       Dengan adanya HIMA, mahasiswa jurusan akuntansi diharapkan dapat membangun serta mengembangkan skill mereka yang dapat diperlukan di dalam dunia kerja, yaitu melalui pengalaman-pengalaman baru dalam berorganisasi, melatih kedisiplinan, membangun networking, melatih jiwa kepemimpinan, mengasah kemampuan komunikasi, melatih kepercayaan diri, melatih diri dalam bertanggung jawab, melatih integritas diri, melatih kemampuan manajemen waktu, melatih hard skill dan soft skill yang dapat membantu ketika kita sudah terjun ke dunia pekerjaan yang kita tekuni. 

       Dengan basic skill yang sudah mereka miliki tersebut, mereka dapat terapkan serta kembangkan ketika mereka sudah masuk ke dalam dunia kerja. Bukan hanya itu saja, ketika mereka memiliki kinerja yang bagus karena basic skill yang mereka miliki, maka mereka memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan yang lain, seperti mendapat jabatan yang baik serta gaji yang cukup tinggi.

Referensi:

Abdhul,Y. (2021, Agustus 23). Himpunan Mahasiswa : Pengertian dan Visi Misi. https://penerbitbukudeepublish.com/himpunan-mahasiswa/ .

Universitas Negeri Jakarta. (2021, November 10). Definisi Dunia Kerja. https://www.qubisa.com/microlearning/definisi-dunia-kerja#showSummary .

Himpunan. (2016). Diambil dari KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/himpunan .

Mahasiswa. (2016). Diambil dari KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mahasiswa

Akuntansi. (2016).  Diambil dari KBBI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/akuntansi .

Universitas Medan Area. (2016). Bab I Landasan teoritis A. uraian teoritis 1. Pengertian Lingkungan Kerja. http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/658/5/118320204_file5.pdf .