Friday Fact: Apa Itu Short-Track Speed Skating Race? Bagaimana Cara Memenangkannya?

Short track speed skating di mulai di Kanada dan Amerika Serikat, mereka mengadakan kompetisi awal di trek oval pada awal 1905-1906. Trek dengan panjang 400 meter membuat banyak skater Amerika Utara berlatih di gelanggang es. Akan tetapi, berlatih di trek yang lebih kecil membawa tantangan baru, seperti tikungan yang lebih kencang dan lintasan lurus yang lebih pendek yang menghasilkan teknik berbeda untuk menang. Negara-negara ini kemudian mulai bersaing satu sama lain setiap tahun. Meningkatnya popularitas olahraga ini sebagian berkat adanya aturan balap Amerika Utara, yang memperkenalkan gaya balap “pack”.

Dalam pengembangan olahraga short track speed skating, banyak negara-negara yang mendapatkan pujian seperti Inggris, Australia, Belgia, Prancis, dan Jepang, karena mereka pernah berpartisipasi dalam kompetisi terbuka internasional sebelum olahraga tersebut diakui oleh International Skating Union.

Faktanya, Indonesia juga pernah lhooo memenangkan empat medali perak dan satu perunggu di SEA Games 2017! Di SEA Games 2019, Indonesia kembali sukses meraih empat medali perak dan dua medali perunggu.

Menurut Apollo Ohno, ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam short-track speed skating race

  1. The start
    Posisi awal sangatlah menentukan peluang kita untuk menang karena pada olahraga ini kita tidak berlomba dengan waktu, melainkan dengan pemain lain.
  2. The turn
    Belokan yang sangat tajam membuat kita harus memperhatikan posisi badan dengan baik. Dengan kecepatan kurang lebih 48 km per jam dan kemiringan 22 derajat membuat kita sulit untuk mengontrol tubuh kita.
  3. The pass
    Terdapat 2 cara untuk melewati pemain lain, yaitu inside pass dan outside pass. Inside pass dilakukan dengan cara melewati pemain lain dari luar menuju ke dalam. Sedangkan, outside pass dilakukan dengan cara sebaliknya.
  4. Don’t fall
    Terakhir yang paling penting untuk dilakukan yaitu jangan sampai jatuh. Hal ini tentunya hal yang paling sulit dilakukan karena kita harus berlomba dengan pemain lain. Namun, menjaga keseimbangan dan juga ketenangan dapat menjadi cara untuk mengatasinya.

 

 

Referensi:
Bult, L. 2022. “The secret to winning a short track speed skating race”, https://www.vox.com/videos/2022/2/8/22924113/short-track-speed-skating-apolo-ohnoAssociation with ISU,”Short Track Speed Skating”, https://olympics.com/en/sports/short-track-speed-skating/Siahaan, M. 2019. “Speed skating Indonesia tampakkan taji di SEA Games”, https://bali.antaranews.com/berita/172123/speed-skating-indonesia-tampakkan-taji-di-sea-games