Friday Fact: Cara Memulai Investasi Saham bagi Pemula

Apa itu saham?

Sekarang siapa sih yang belum pernah dengar “investasi saham”? Bahkan beberapa anak sekolah sekarang sudah punya saham, lho!

Definisi saham (stock) sendiri yaitu salah satu instrument pasar keuangan yang paling popular dipilih oleh para investor karena mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik.

Nah, dengan kalian menjadi investor, kalian akan memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Mengapa berinvestasi saham?

  1. Saham mudah ditransaksikan
    Saham adalah salah satu instrumen investasi yang sangat mudah diperjual-belikan. Online trading memberikan kemudahan dalam berinvestasi saham. Fasilitas online trading yang berkembang pada saat ini sudah kaya akan fitur-fitur yang dapat digunakan dalam menganalisis saham.
  2. Modal Investasi Bisa Dimulai dari Nominal Kecil
    Investasi saham adalah jenis investasi dengan modal paling terjangkau. Bahkan berinvestasi saham dapat dilakukan hanya dengan modal 100.000 saja. Selain itu, investor juga tidak diharuskan membeli saham sekaligus dalam jumlah banyak. Maka dari itu, kita selaku investor dapat berinvestasi sesuai dengan kemampuan kita.
  3. Saham Bersifat Liquid, Transparan dan aman
    Saham bersifat transparan berarti kita sebagai investor dapat melihat dengan mudah dan jelas harga permintaan dan penawaran serta jumlah slot yang diminta maupun ditawarkan oleh masing-masing perusahaan. Saham bersifat liquid yang berarti  dapat dengan mudah dicairkan dan dijual. Selain itu, berinvestasi saham juga aman karena investasi di sektor pasar modal dibawah pengawasan pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Tips transaksi saham yang aman!

  1. Kenali dulu apa itu investasi saham
    Investasi saham adalah kegiatan penanaman modal berupa pembelian saham (surat berharga) perusahaan. Dengan membeli saham perusahaan, kamu harus tahu keuntungan dan risiko investasi saham.
  2. Pilih sekuritas terpercaya
    Pastikan kamu memilih sekuritas terpercaya yang merupakan anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selanjutnya, telusuri validitas mengenai perusahaan yang menarik bagimu melalui analisis fundamental (membaca laporan keuangan) dan teknikal (membaca grafik saham).
  3. Rajin memantau pergerakan harga saham
    Indeks harga saham dapat menjadi acuan untuk mengukur kinerja pasar modal dan produk investasi. Dengan mengetahui gambaran pergerakan harga saham, maka investor dapat mengukur keuntungan yang akan diperoleh.

Berikut merupakan rekomendasi saham yang aman dan berfundamental bagus, untuk pemula :

  1. BBRI ( Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk)
  2. BBCA (PT Bank Central Asia Tbk)
  3. KLBF (PT Kalbe Farma Tbk)
  4. TLKM ( PT Telekomunikasi Indonesia Tbk)

Referensi:

PT Bursa Efek Indonesia. Saham. Diambil dari https://www.idx.co.id/produk/saham/

Sukmana, Yoga. (2021). Tips Memulai Investasi Saham yang Benar. Diambil dari https://money.kompas.com/read/2021/12/11/193416026/tips-memulai-investasi-saham-yang-benar?page=all

MNC Sekuritas. Apa Indeks Saham dan Kegunaannya. Diambil dari https://www.mncsekuritas.id/pages/apa-indeks-saham-dan-kegunaannya

Cermati.com.(2018). 8 Alasan Ini Akan Membuat Anda Memilih Investasi Saham. Diambil dari  https://www.cermati.com/artikel/8-alasan-ini-akan-membuat-anda-memilih-investasi-saham

Eryanto, Pratomo. (2022). 8 Rekomendasi Saham Untuk Pemula (2022). Diambil dari https://investbro.id/rekomendasi-saham-untuk-pemula/