SEMINAR “SURVIVING THE PANDEMIC BY USING FINANCIAL TECHNOLOGY AS A FINANCIAL PLANNING”

Didasari oleh banyaknya permasalahan keuangan yang menghambat perekonomian negara dikarenakan pandemi COVID-19, HIMA BINUS menyelenggarakan seminar yang dilakukan secara daring dengan tema “Indonesia Digital Economy Towards Society 5.0” yang berjudul “Surviving the Pandemic By Using Financial Technology as a Financial Planning”. Acara ini diselenggarakan pada hari Jumat, 22 Oktober 2021 melalui ZOOM Cloud Meetings pada pukul 13.00 – 15.30 WIB. Seminar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para peserta mengenai perencanaan keuangan yang baik dan tepat serta  penggunaan financial technology yang efektif dan efisien sebagai wadah dalam melakukan perencanaan keuangan. 

Pada seminar kali ini, HIMA BINUS University mengundang dua pembicara, yaitu Bapak Budi Raharjo​​ CFP®, QWP®, AEPP®, MCHT selaku Founder and Director dari perusahaan OneShildt Financial Planning dan Kak Vanessa Gunawan, B.S. in Business Administration selaku Chief Operating Officer (COO) dari perusahaan Dakumu. Pembukaan seminar dibawakan oleh Alya Fatimatuzzahra dan Ghina Farida selaku pembawa acara dan dilanjutkan dengan sambutan yang dibawakan oleh Ibu Ang Swat Lin Lindawati, S.E, M.Com(Hons)., Ph.D., CSRS., CSRA., CMA selaku Ketua Program Studi Akuntansi BINUS University, lalu dilanjutkan oleh sambutan dari Stiven Lambertus sebagai Ketua Umum HIMA 2020 dan dilanjutkan oleh sambutan dari ketua acara seminar yaitu Sherly Marlinda.

Setelah itu, seminar ini diisi dengan Bapak Budi Raharjo pada sesi pertama, lalu dilanjutkan oleh sesi kedua bersama Kak Vanessa Gunawan. Kedua narasumber kami memberikan informasi mengenai perencanaan keuangan untuk bertahan pada masa pandemi dengan menggunakan financial technology demi menghadapi era society 5.0 pada masa yang akan datang. Sesi yang dibawakan oleh narasumber ini disambut baik oleh antusias para peserta melalui sesi tanya jawab. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi kuis dimana para peserta menjawab soal-soal yang berkaitan dengan materi yang dibawakan oleh narasumber. Acara diakhiri dengan sesi pemberian plakat kepada narasumber dan ditutup oleh sesi dokumentasi.

Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan ikut berpartisipasi, khususnya kedua pembicara kami, yaitu Bapak Budi Raharjo dan Kak Vanessa Gunawan, serta seluruh peserta dan panitia yang telah meluangkan waktunya untuk ikut serta pada seminar kami. Semoga acara pada tahun ini dan tahun berikutnya akan selalu bermanfaat bagi kita semua.