BINCANG JURUSAN 2021

Bincang Jurusan (BINJUR) adalah event yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) BINUS University. Bincang Jurusan merupakan acara untuk Mahasiswa Akuntansi, Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Teknologi, Himpunan, dan pihak jurusan Akuntansi untuk saling bertukar pikiran dan pendapat serta mengevaluasi seluruh kegiatan perkuliahan yang ada di BINUS University. Tujuan dari Bincang Jurusan adalah untuk meningkatkan hubungan yang baik antara mahasiswa, dosen, maupun pihak jurusan Akuntansi.

Bincang Jurusan kali ini diadakan pada tanggal 18 Juni 2021 dengan mengangkat tema “Persiapan Kuliah dan Magang Offline” yang bertujuan untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kuliah dan magang offline dalam situasi pandemi Covid-19. Bincang Jurusan dilaksanakan pada jam 13.00 – 15.00 WIB dengan menggunakan media Zoom Meetings sebagai penunjang berlangsungnya acara ini.

Acara ini dihadiri oleh dosen sebagai pembicara diantaranya yaitu Ibu Ang Swat Lin Lindawati S.E., M.Com (Hons)., Ph.D., CSRS., CSRA., CMA selaku ketua jurusan Akuntansi dan Keuangan BINUS University yang menyampaikan adanya kuliah onsite yang akan diadakan bulan September dengan kuota terbatas. Perkuliahan ini juga dilakukan secara Hybrid Learning dimana merupakan pembelajaran gabungan antara tatap muka dan teknologi internet. Untuk mengikuti perkuliahan ini mahasiswa harus mengikuti syarat yaitu sudah melakukan vaksin, diberikan perizinan orang tua, dan sesuai keinginan atau kesadaran untuk mengikuti perkuliahan secara on-site. Acara ini juga membahas persiapan magang secara on-site. BINUS University telah menyediakan sejumlah daftar dan telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan untuk mahasiswa yang akan mengikuti program magang. Di samping itu, acara ini juga membahas untuk mahasiswa yang ingin mengikuti study abroad di tengah situasi Covid-19.

Di samping itu, acara ini juga membahas untuk mahasiswa yang ingin mengikuti study abroad di tengah situasi Covid-19. Selain itu, Bincang Jurusan kali ini juga dihadiri oleh Bapak Toto Rusmanto M.Comm, Ph.D. selaku ketua jurusan Akuntansi BINUS University Bekasi, dan dihadiri juga oleh Bapak Kevin Deniswara, S.E., M.Ak. selaku wakil ketua Program Studi Akuntansi.

Selain membahas tentang persiapan kuliah dan magang secara offline, acara ini juga memperkenalkan organisasi HIMA yang dibawakan oleh Stiven Lambertus selaku Ketua HIMA 2021 dengan memberi pengenalan HIMA sendiri, serta menjelaskan bagian-bagian dalam yang ada di dalam HIMA seperti divisi-divisi, jobdesc setiap divisi yang ada di HIMA. Acara Bincang Jurusan kali ini berjalan dengan baik dan kondusif. Banyak mahasiswa yang antusias bertanya tentang aktivitas kuliah on-site yang akan segera dilakukan.

Kesimpulan dari acara Bincang Jurusan kali ini adalah diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan perkuliahan online dengan sebaik-baiknya. Meskipun kondisi Covid-19 mengganggu prosesnya perkuliahan, kita masih bisa melakukannya dengan cara online. Banyak sisi positif yang bisa kita lakukan dalam situasi pembelajaran online. Terima kasih atas partisipasi semua pihak terkait acara Bincang Jurusan kali ini. Semoga Bincang Jurusan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.