LDK HIMA 2020

Organisasi merupakan wadah untuk menaungi minat bakat ataupun aspirasi setiap individu maupun kelompok. Didalam organisasi, dibutuhkan kerja sama secara rasional, sistematis, serta terpimpin untuk mewujudkan suatu tujuan. Dalam mewujudkan tujuannya, organisasi membutuhkan berbagai sumber daya terutama sumber daya manusia. Setiap organisasi tentunya perlu untuk mengadakan regenerasi disetiap periode. Regenerasi dari kepengurusan lama kepada kepengurusan baru ini merupakan inti dari kelanjutan sebuah organisasi ke depan. Regenerasi ini juga bertujuan untuk mempersiapkan calon-calon penerus organisasi agar dapat melanjutkan visi dan misi dari organisasi.

Untuk meregenerasi calon penerus, setiap tahunnya HIMA memiliki kegiatan rutin yaitu “Latihan Dasar Kepemimpinan” yang pada tahun 2020 ini bertemakan “RAULIN SKANDIVANIA” yang memiliki arti serigala yang bijak, dimana kita ingin melatih generasi selanjutnya agar bijak dalam mengambil keputusan baik di himpunan maupun di kehidupan sehari-hari serta memiliki sifat kekeluargaan, seperti filosofi serigala yang memiliki keterkaitan dengan asas HIMA. Kita juga berharap agar penerus memiliki sikap solidaritas (rela berkorban, peduli, dsb.) terhadap anggota lain, gigih, dan bertanggung jawab. Berbagai nilai-nilai inilah yang ingin ditanamkan kepada penerus HIMA.

LDK HIMA tahun 2020 dibagi menjadi 2, yaitu :

  1. LDK Kampus

LDK Kampus diadakan pada Jumat, 06 Maret 2020 di Kampus Binus Alam Sutera. Pada LDK Kampus kami memberikan materi tentang HIMA yaitu sejarah, visi, misi, struktur organisasi dan jobdesc setiap divisi HIMA yang disampaikan oleh Vena Audina selaku Ketua Regional Kemanggisan, Felicia W S selaku Ketua Regional Alam Sutera dan Mohammad Rizky Lynuwih selaku Ketua Regional Bekasi, dilanjutkan penjelaskan program kerja gabungan dan regional selama satu tahun yang disampaika oleh Yehezkiel Reva Sampelino selaku Ketua Umum HIMA 2020. Selanjutnya sesi penyampaian materi Kesekretariatan dan Kebendaharaan yang disampaikan oleh Kezia Aviel selaku Sekretaris Umum 2020 dan Zulfa selaku Bendahara Umum 2020, sesi ini diadakan untuk memberikan pengetahuan kepada aktivis 2020 agar dapat memahami ketentuan dalam membuat berkas dan keperluan arsip lainnya. Sesi berikutnya ialah pemberian materi Leadership yang di bawakan oleh Ibu Ang Swat Lin Lindawati, S.E., M.Com(Hons)., Ph.D., CSRS., CSRA., CMA selaku Head of Accounting Study Program dan Ibu Setiani Putri Hendratno, S.E., M.Ak selaku Enrichment Program Coordinator and Lecturer. Berikutnya merupakan sesi ISHOMA yang kemudian dilanjutkan dengan sesi dimana aktivis 2020 diberikan tantangan untuk berjualan dengan modal terbatas dan dibebaskan melakukan strategi positif apapun, setelah selesai berjualan mereka diwajibkan untuk membuat laporan keuangan dari hasil jualan tersebut dan mempresentasikan hasil kerjanya. Sesi ini diberikan untuk melatih pengambilan keputusan setiap individu dan mengembangkan kerjasama kelompok. Kemudian sesi dilanjutkan dengan TM LDK Puncak.

  1. LDK Pancawati, Bogor

LDK yang bertempat di Vila Lembur Pancawati, Bogor ini dilaksanakan pada 08 Maret 2020 – 09 Maret 2020. Sesampai di Lembur Pancawati peserta diarahkan ke lapangan, kegiatan dimulai dengan sambutan dari Olivia Margareth Napitupulu selaku Ketua LDK HIMA 2020 dan Yehezkiel Reva Sampelino selaku Ketua Umum HIMA 2020. Sesi selanjutnya ialah periksa barang bawaan yang sudah diinformasikan sewaktu TM di LDK Kampus yang dapat melatih tanggung jawab setiap individu. Selanjutnya adalah sesi pembagian kelompok, lalu dilanjutkan dengan studi kasus yang harus dipecahkan bersama dengan kelompok tersebut. Sesi berikutnya ialah ISHOMA. Selanjutnya adalah setiap kelompok kembali diberi tantangan, namun disesi ini adalah desain poster atau logo, setelah desain, kelompok mempresentasikan hasil karyanya. Dilanjutkan sesi problem solving, setiap kelompok di berikan masalah atau kendala yang sering terjadi didalam himpunan, dan harus didiskusikan untuk memecahkan masalah tersebut dan menemukan solusinya secara kelompok. Setelah itu seluruh peserta diperkenankan bersih – bersih, makan malam, sholat isya. Dilanjutkan dengan renungan setiap individu terhadap komitmen dan tanggung jawab di HIMA dan setelah itu peserta dipersilahkan untuk tidur. Dipagi hari peserta sholat subuh dan dikumpulkan untuk sarapan pagi. Sesi selanjutnya ialah pelantikan, dimana seluruh peserta diarahkan turun kesungai dalam posisi berbaris dan saling merangkul sambil menyebutkan janji HIMA secara bersamaan. Setelah sesi pelantikan selesai, dilanjutkan dengan sesi sharing bersama panitia dan senior.