Rekomendasi Buku Investasi – The Psychology of Money

Author: Morgan Housel

Tahun terbit: 2020

Buku ini secara garis besar membahas bagaimana pergerakan uang dalam ekonomi, serta bias dan emosi memiliki peran penting dalam keputusan keuangan Anda. Dijelaskan pula, bagaimana Anda harus berpikir lebih rasional dan membuat keputusan yang lebih baik perihal uang.

Selalu berhati-hati dan berekspektasi bahwa ada error. Dengan demikian, Anda akan lebih menerima segala kemungkinan yang terjadi, dan memiliki ketahanan finansial yang lebih baik dalam pasar yang fluktuatif.

Jika Anda ingin menjadi investor yang lebih baik, satu-satunya hal yang paling ampuh yang Anda dapat lakukan adalah meningkatkan jangka waktu dalam berinvestasi.

Memahami apa yang cukup bagi Anda. Cukup adalah menyadari bahwa “nafsu makan yang tak terpuaskan” akan menjatuhkan Anda ke titik penyesalan.

Bukan pengetahuan melainkan perilaku yang akan berdampak paling besar pada situasi keuangan Anda. Semua pengetahuan strategi investasi yang terbaik akan sia-sia, jika Anda kehilangan kendali atas emosi sehingga membuat keputusan yang buruk.

Sumber :

Housel, M. (2020). The Psychology of Money: Timeless lessons on wealth, greed, and happiness. Harriman House Limited.

Rosser, C. (2021, January). The Psychology of Money by Morgan Housel: Summary & Notes. https://calvinrosser.com/notes/psychology-of-money-morgan-housel/

Hanson Antonio