Apa itu Corporate Action?

Corporate action merupakan kegiatan yang mengubah material pada suatu organisasi dan memiliki dampak terhadap pemangku kepentingan (board management & shareholders). Berikut adalah beberapa contoh corporate action:

  1. Dividen tunai
    Dividen tunai adalah bagian dari laba/pendapatan bersih perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk kas/setara kas. Harga saham setelah dividen tunai akan cenderung turun seiring dengan penyesuaian  jumlah saham yang beredar. Nilai perusahaan dalam hal ini tetap sama dengan kapitalisasi pasar perusahaan. Dividen tunai harus disetujui oleh dewan direksi perusahaan dan  merupakan pembagian keuntungan perusahaan kepada kelas pemegang saham tertentu.
    Contoh:
    PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) atau BRI akan membagikan dividen tunai tahun buku 2020 kepada pemegang saham senilai Rp 12,12 triliun. Dividen  tersebut 65 persen dari laba bersih konsolidasi kepada pemilik entitas induk untuk tahun buku 2020 sebesar Rp 18,65 triliun.
  2. Stock split
    Stock split adalah pemecahan saham atau keseluruhannya merupakan langkah suatu  perusahaan atau korporasi untuk membagi sahamnya secara proporsional ke dalam jumlah saham yang lebih besar dengan nilai nominal yang lebih rendah.
    Contoh:
    Saham BBCA resmi stock split. Stock split saham BBCA berlangsung dengan rasio 1:5. Dengan aksi korporasi ini, total jumlah saham BBCA akan membesar dari 24,65 miliar saham menjadi 123,27 miliar saham. Adapun nilai nominal saham akan berubah dari Rp 62,5 per saham menjadi Rp 12,5 per saham. harga saham BBCA pada perdagangan hari ini, Rabu 13 Oktober 2021 dibuka dengan harga Rp 7.400. Lalu, harga saham BBCA melambung tinggi.
  3. Reverse split
    Reverse split biasanya dilaksanakan oleh perusahaan yang ingin memaksakan harga sahamnya. Reverse split dapat menjadi tanda bahwa saham perusahaan telah tenggelam begitu rendah sehingga eksekutifnya ingin menopang harga, atau setidaknya membuatnya tampak bahwa saham itu lebih kuat.
  4. Merger & acquisition
    Merger dan Akuisisi (M&A) adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan konsolidasi bisnis atau aset. Definisi merger dan akuisisi dalam arti luas mencakup berbagai jenis transaksi keuangan.
    Contoh:
    Bank CIMB Niaga melakukan merger dengan Bank Lippo pada tahun 2008 untuk memperkuat eksistensi mereka di persaingan global. Merger ini merupakan hasil kebijakan Bank Indonesia. Kini, keduanya menggabungkan aset sehingga potensinya lebih besar.

Sumber:
https://business-law.binus.ac.id/2020/05/17/corporate-action-apakah-itu/
https://kamus.tokopedia.com/c/corporate-action/

Derrel Iaska