Investasi Dalam Menghadapi Pasar Global

Investasi Dalam Menghadapi Pasar Global

Oleh : Danny Willsen 2001599914

Seminar ini diadakan untuk memberikan arahan kepada anak binusian yang sudah berinvestasi dalam menghadapi pasar global . Dalam kegiatan ini juga membantu anak binusian lebih mengerti dan tahu apa yang harus dilakukan dalam investasi menghadapi pasar global .

Acara seminar ini diadakan pada tanggal 11 Mei 2018 Bertempat di Main Bina Nusantara Alam Sutera. Acara ini dihadiri oleh 20 Peserta yang merupakan anak binusian Alam sutera maupun Kemanggisan. Acara ini dimulai dengan dibawakan oleh Patrick juan selaku Koordinator HRD dan juga monica selaku Ketua yang membuat seminar ini , memberikan kata sembutan kepada anak binusian.

Setelah memberikan kata sambutan , selanjutnya memasuki init acara yang akan dibawakan oleh Bu Anna dari pihak CIMB yang menjelaskan materi tentang investasi dalam menghadapi pasar global. Dalam kegiatan ini Bu Anna memberikan pertanyaan apa itu pasar global ? , dan Bu Anna menjelaskan pemasaran berskala seluas dunia Internasional yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha , kemudian Bu Anna bertanya kembali , mengapa kita harus berinvestasi di pasar global ? Banyak investor di Indonesia menghindar dari investasi internasional percaya itu terlalu berisiko atau rumit. Eksposur global dapat meningkatkan pengembalian portofolio Anda dan mengurangi risiko dengan diversifikasi yang tepat. Dengan teknologi saat ini, investasi di pasar modal bergeser dari pasar lokal ke pasar global.

Ada beberapa alasan harus berinvestasi di pasar global :

  1. Berinvestasi pada perusahaan besar dengan produk-produk global dan brand yang sudah kita ketahui dan gunakan.
  2. Diversifikasi dan Manajemen Risiko.
  3. Currency Exposure
    • Eksposur mata uang lebih banyak memberi manfaat bagi investor Indonesia yang berinvestasi di pasar global daripada risiko.  Hal ini disebabkan kecenderungan Rupiah akan dihargai lebih lemah dari USD dan mata uang utama lainnya. Dengan demikian, selama jangka panjang, USD kuat itu sendiri telah menjadi “bonus” bagi investor Indonesia yang berinvestasi secara global

Pasar global mengalami perkembangan yang pesat belakangan ini karena beberapa faktor, antara lain:

  1. Adanya beberapa negara industri yang mampu menghasilkan produk berkualitas dengan harga murah, misalnya China dan Taiwan
  2. Semakin banyak orang yang melakukan perjalanan antar negara yang secara langsung menjadi konsumen global
  3. Semakin banyaknya transportasi antar negara yang mempermudah distribusi produk
  4. Perdagangan dunia semakin meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan pasar dunia

Dalam setiap jenis Investasi, sudah pasti ada risiko yang mengikuti, baik itu rendah atau tinggi. Begitu juga jika berinvestasi di Pasar Global, ada beberapa risiko jika berinvestasi di pasar global. Berikut beberapa risiko dalam berinvestasi di Pasar Global:

  1. Politik dan peraturan risiko. Perbedaan pandangan politik dan regulasi pasar.
  2. Risiko mata uang. Fluktuasi nilai tukar dapat mempengaruhi portofolio Anda.
  3. Risiko transaksi. Mekanisme transaksi berbeda antara satu Negara dengan Negara lainnya.
  4. Risiko informasi. Akses informasi yang terbatas mengenai pasar di negara-negara lain.
  5. Risiko volatilitas. Beberapa pasar bisa lebih stabil.
  6. Biaya berpotensi lebih tinggi. Biaya bisa lebih tinggi.

Dan penjelasan terakhir dari Bu Anna dalam investasi menghadapi pasar global ada yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Mengamati lingkungan pemasaran global
  2. Mempertimbangkan proporsi penjualan di pasar global terhadap sasaran total penjualan.

Setelah Bu Anna menjelaskan semua materi tersebut , Acara ini dialihkan kepada patrick juan untuk menutupi acara dengan memberikan ucapan terima kasih kepada Bu Anna sebagai pembicara dari pihak CIMB dan kepada anak binusian yang hadir dalam acara seminari ini . 

Setelah memberikan kata penutup , para panitia memberikan snack kepada anak binusian yang hadir dalam seminar tersebut .

Danny Willsen