10 fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri!

“Everyone is a photographer at some level, or in some capacity.” Pernah dengar istilah ini? Cukup powerful untuk membantumu membangkitkan kepercayaan diri dalam dunia persaingan untuk menjadi fotografer Indonesia yang dikenal di industri.

Percayalah bahwa perbedaan terbesar dari fotografer dengan tarif 500 dolar dan yang punya tarif 5000 dolar adalah bukan hanya dari peralatan atau skill foto mereka, tapi bagaimana cara mereka membangun personal brand yang kuat (plus portofolio yang memukau).

Jasa para fotografer freelance pun selalu jadi incaran utama para brand demi kelancaran strategi marketing perusahaan mereka. Fotografer, adalah sebuah profesi yang menjanjikan di berbagai belahan dunia, tentunya karena “bahasa visual” terasa lebih universal dibandingkan “bahasa tulisan”.

Dan di bawah ini merupakan para fotografer profesional pilihan Crafters yang sudah malang-melintang berkarya di industri ini dan bisa menjadi inspirasimu.

Arbain Rambey

10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri
(Dok. darwistriadischoolofphotography)
10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri

Nama Arbain Rambey memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Jurnalis fotografi / Redaktur Foto dari Harian Kompas ini telah membuat banyak sekali karya foto yang menakjubkan dan membuat namanya tidak hanya dikenal di Indonesia tetapi sampai ke mancanegara. Lewat tangkapan lensanya, Arbain kerap mendapat penghargaan nasional maupun internasional. Ia pun kerap ditunjuk sebagai juri dan panelis di berbagai perhelatan dan kompetisi fotografi.

Kecintaannya akan dunia fotografi kerap membuatnya berkeliling Indonesia, bukan hanya untuk menyampaikan cerita keindahan tanah air ini, tetapi sekaligus untuk mengajarkan dunia fotografi ini kepada masyarakat lokal.

Anton Ismael

10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri
(Dok. Crafters)
10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri

Bagi seorangAnton Ismael, fotografi bukanlah sekadar untuk menunjukkan keindahan sebuah karya, namun juga sebagai alat berkomunikasi. Hingga akhirnya, lewat foto tersebut seseorang dapat mengekspresikan bahasa lewat kamera.

Berkarier sejak tahun 2000, Anton Ismael juga terkenal karena mendirikanThird Eye Studio dan  Kelas Pagi, sebuah kelas fotografi gratis berbasis komunitas untuk mengajarkan masyarakat berkarya lewat medium foto. Dan sistem edukasi yang ia terapkan untuk Kelas Pagi ini adalah “Keluar, Tumbuh, Liar”. Dari Kelas Pagi inilah banyak terlahir lebih dari 2000 fotografer dan visual artist ternama di industri.

Timur Angin

10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri
(Dok. Crafters)
10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri

Nama Timur Angin mulai dikenal sebagai fotografer dokumenter ketika ia bekerja bersama Garin Nugroho, seorang sutradara yang sudah menerima beragam penghargaan internasional. Walau begitu, passion dirinya akan dunia fotografi ini sudah lahir sejak dirinya baru saja lulus SMA, dan kini lebih dari 20 tahun sudah ia konsisten berkarier di industri fotografi.

Biarpun mengawali karier di bidang fotografi jurnalistik dan terkenal akan karya-karya fotodengan angle human interest yang kuat, ia juga kerap menggarap foto-foto di luar genre yang saat itu seperti sudah jadi zona nyamannya; seperti fotografi komersial, corporate, makanan, fashion, bahkan wedding. Namanya juga sangat dikenal di kalangan industri film, tak jarang ia harus berkeliling dunia untuk menjadi documentary cameraman untuk sejumlah produksi film.

Rio Wibowo (Rio Motret)

(Dok. Instagram/riomotret)
10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri

Mungkin nama Rio Wibowo terdengar kurang familier bagi telinga kita. Tetapi berbeda ketika mendengar nama Rio Motret. Bahkan mungkin nama tersebut yang menjadi salah satu top of mind kita ketika ditanya soal siapa fotografer terkenal di Indonesia.

Rio sudah lebih dari 12 tahun berkarier di dunia fotografi dan hingga hari ini, Rio Motret selalu terkenal sebagai salah satu fotografer wedding terbaik dan fotografer andalan para selebritas di Indonesia.

Pada pameran tunggal yang diselenggarakan oleh Rio Motret dengan judul “Alkisah” di salah satu mal di Jakarta bahkan menarik perhatian lebih dari 70 ribu pengunjung.

Davy Linggar

(Dok. harpersbazaar)
10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri

Davy Linggar kerap kali membuat karya yang penuh dengan estetika dan dengan ide yang tidak biasa. Dalam pamerannya yang berjudul “FILM” di tahun 2015, Davy Linggar membuat karya mengenai ruang berkarya para seniman lewat kaca mata seorang seniman. Dan pada karya yang dibuatnya ini, ia menggunakan kamera analog large format, tanpa campur tangan digital sama sekali.

Keahliannya dalam mengolah karya lewat kamera, membuat dirinya kerap mendapat penghargaan, salah satunya Anugerah Fotografi Indonesia dan juga dipercaya menjadi ambassador dari salah satu brand kamera paling bergengsi di dunia, Leica.

Nicoline Patricia Malina

(Dok. Instagram/npmalina)
10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri

Salah satu bidang fotografi yang paling banyak digemari saat ini adalah fashion. Dan pastilah  kurang lengkap kalau membicarakan fotografi fashion tanpa membahas Nicoline Patricia Malina.

Lewat foto-foto fashion yang dihasilkannya, ia beberapa kali mendapat berbagai penghargaan seperti, Iconique Societas Excellence in Fashion Photography, Young Photographer of The Year 2009 dari ELLE Style Award, dan lain sebagainya.

Selain itu, pada tahun 2013 lalu, Nicoline Patricia Malina juga mendirikan sebuah creative artist management yang diberi nama NPM Photo dengan klien yang tersebar di berbagai negara di Asia dan Eropa. Selain passion di bidang fotografi, Nicoline juga kerap berbagi ilmu lewat The Class by NPM untuk membentuk dan memotivasi para calon fotografer agar dapat menjadi seorang kreator berdasarkan passion dan ambisi mereka. The Class ini juga telah membantu banyak talenta muda untuk terjun langsung dalam industri fotografi fashion di Indonesia.

Satrio Ramadhan

10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri
(Dok. GetCraft)
10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri

Jika menengok dari portofolionya di Instagram, tentu kita dapat langsung menebak bahwa spesialisasi dari Satrio Ramadhan adalah fotografi di bidang fashion dan beauty. Namun, kalau menelisiknya lebih jauh, kita akan melihat banyak bidang yang sebenarnya digeluti oleh Satrio diantaranya, weddingmusic; lifestyle, dan lain-lain.

Kepiawaiannya dalam membuat karya fotografi ini, membuat dirinya kerap diajak bekerja sama dengan para selebritas ternama seperti Andien dan Luna Maya. Selain itu, banyak juga brand fashion yang mempercayakan foto produknya kepada Satrio Ramadhan.

Pio Kharisma

(Dok. Crafters)
10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri

Bagi penggemar fotografi panggung, nama Pio Kharisma tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Banyak aksi dari para musisi tanah air ternama yang tak luput dari jepretan mata kameranya. Sebut saja, Bunga Citra Lestari, Isyana Sarasvati, Gigi, dan lain sebagainya, pernah ia tangkap aksinya lewat hasil karya kameranya.

Bukan hanya stage photography, banyak bidang lain yang juga digeluti oleh Pio Kharisma seperti weddingfashion, behind the scene film, dan juga profil. Bahkan untuk foto profil, lensa kameranya pernah juga menangkap ekspresi-ekspresi menarik dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Michael Billy

(Dok. Instagram/michaelbilly_pictures.id)
10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri

Fotografer dan videografer yang berbasis di Jakarta ini kerap dipercaya oleh brand-brand ternama untuk memenuhi kebutuhan visual mereka. Beberapa klien yang pernah ditanganinya antara lain, 3M, Toyota, Bentoel, Unilever Home Care, dan lain sebagainya.

Dalam berkarya, dirinya selalu berpegang bahwa tidak harus selalu mengedepankan ego, tetapi juga memadukan antara sentuhan personal dengan tantangan yang diberikan oleh klien. Dan hal ini yang ia percaya selalu memberikan nilai baru di dalam hidupnya.

Darhilen Nalishawa

10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri
10 Fotografer Indonesia yang Bersinar di Industri

Darhilen Nalishawa atau yang dikenal dengan Ilennaslishawa ini seringkali membuat karya foto bertema human interest atau pun eksterior gedung. Namun di luar itu, foto-foto komersial, corporate dan product juga kerap menjadi lahan dirinya dalam berkarya.

Dengan komposisi dan pencahayaan yang apik, membuat banyak perusahaan terkenal seperti Ultra, Toyota, Amala Bhumi dan perusahaan lainnya tak segan untuk mengajaknya berkolaborasi.

source: https://crafters.getcraft.com/id-articles/10-fotografer-indonesia-di-industri