Webinar Radio in Provo-Action

Pada tanggal 28 November 2020 lalu, tepatnya di hari Sabtu. Bvoice Radio mengadakan webinar Radio in Provo-Action yang diadakan secara online lewat aplikasi Zoom dan Youtube yang dimulai dari pukul 13.00 s.d. 14.00 WIB dan mempunyai slogan “Fees up your mess and take action!”. Webinar ini menghadirkan Reza Alqadri dan Sigi Savero dari Mustang Radio 88.0 FM sebagai narasumber, Ravie Syarief sebagai moderator, dan Raissa Anggiani sebagai guest star. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa Bina Nusantara dan mahasiswa dari luar kampus. Webinar Radio in Provo-Action ini diadakan dengan tujuan untuk mengajak pendengarnya untuk menyuarakan aspirasi dan membuat karya dari aspirasi tersebut dan lebih membahas tentang peran radio baik di saat sebelum maupun sesudah pandemi Covid-19 berlangsung. 

Webinar ini dilakukan dengan tepat waktu yang diawali dengan perkenalan dari moderator dan narasumbernya. Moderator juga menjelaskan bahwa kata Radio in Provo-Action diambil dari kata “Provo” yang mengartikan memprovokasi dan “Action” itu ialah aksi, sehingga dapat dikatakan bahwa sebenarnya radio bisa mengajak seluruh masyarakat agar dapat mengambil aksi secara bijak dan menyampaikan pendapat serta mengaspirasi dengan karya yang bermanfaat baik sebelum dan sesudah pandemi yang terjadi saat ini. 

Lalu dilanjutkan dengan memasuki pembahasan tentang mengapa narasumber sangat tertarik untuk memasuki kehidupan di radio dan narasumber menceritakan bagaimana pengalaman mereka dari awal memasuki dunia radio, hingga akhirnya mereka mendapatkan pekerjaannya sebagai penyiar radio di Mustang Radio 88.0 FM. Narasumber juga menjelaskan tentang bahwa perubahan radio dari dulu hingga saat ini ialah terletak pada perubahan situasi yang berubah – ubah dari tahun ke tahun, sehingga sangat penting bagi sebuah radio dapat beradaptasi dalam menyampaikan karya dan aspirasinya untuk kedepannya. Narasumber juga memberikan bagaimana tips dan trik atau langkah – langkah di dalam radio untuk dapat beradaptasi di tiap perubahan situasi di saat ini.

Selanjutnya masuk kedalam sesi tanya jawab. Terlihat para peserta yang mengikuti webinar ini, terlihat sangat antusias dengan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan tema. Misalnya pertanyaan tentang apa yang dapat dilakukan oleh radio biar buat masyarakat lebih berani untuk dapat mengeluarkan aspirasinya dan bagaimana sebuah radio dapat menampung atau mewujudkan aspirasi tersebut. Lalu, narasumber menjawab, “Setiap radio memiliki pemikirannya sendiri – sendiri, tergantung bagaimana cara menanggapinya. Kita bisa open forum untuk lebih dekat jadinya dengan masyrakat dan selagi itu tidak ada yang melanggar peraturan atau undang – undang gak ada masalah sih kayaknya dan kalo mau lo buat dia berani, lo harus ngasih ruang ke mereka buat nyuarain suara mereka. Tapi tergantung dari setiap radio bagaimana cara menanggapinya dan bagaimana situasinya.” 

Kegiatan diakhiri dengan memperlihatkan Raissa Anggiani yang menyanyikan beberapa lagu dan menceritakan bagaimana isi dari setiap lagu yang dinyanyikannya dan para peserta terlihat sangat menikmati penampilan dari guest star. Walaupun kegiatan webinar ini dilakukan dengan secara online, namun antusias dari setiap peserta dalam mengikuti webinar ini sangatlah tinggi dan webinar berjalan dengan sesuai yang diharapkan. Selain peserta mendapatkan banyak wawasan dari narasumber, peserta juga mendapatkan SAT point (for Binusian) dan E-Certificate.