Wayang Sebagai Warisan Budaya Indonesia

Sumber Gambar: freepik

Wayang merupakan boneka tiruan orang yang terbuat dari kayu atau kulit yang  digunakan untuk memerankan peran tokoh dalam pertunjukan. Wayang juga termasuk  salah satu aset dari budaya Indonesia. Kata wayang berasal dari kata ma Hyang yang  artinya menuju spiritualitas pada Sang Kuasa. Wayang dikenal sekitar dan  berkembang sekitar pada 1500 SM dan terus berkembang di kerajaan Jawa dan Bali  yang kemudian menyebar ke pulau lainnya. Fungsi wayang pada awalnya yaitu untuk  menghormati arwah nenek moyang. Namun, seiring bertambahnya waktu wayang  dijadikan sebagai bentuk cerita untuk keagamaan dakwah, propaganda politik,  pendidikan dan hiburan. Ada juga yang mempercayai bahwa wayang merupakan  benda keramat atau totemisme. 

Istilah pewayangan, diambil dari kata “bayangan” yang figurnya terbuat dari  kulit kerbau. Setiap daerah seperti Jawa dan Bali memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai sejarah asal mula wayang. Masyarakat Bali mempercayai bahwa asal mula wayang berasal dari pengungsi dari kerajaan Majapahit pada tahun 1520 SM. Masyarakat Jawa juga memiliki persepsi yang berbeda dengan masyarakat Bali, mereka  mempercayai bahwa kesenian wayang diperkenalkan dan ditemukan oleh wali songo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa 

Wayang juga termasuk dalam seni edipeni adiluhung yang maksudnya wayang  bukan hanya sebagai seni yang indah tetapi mengandung makna nilai-nilai kehidupan.  Pertunjukan wayang biasanya dimainkan oleh Ki Dalang dan diiringi oleh penyanyi  sinden dan alat musik tradisional gamelan dengan mengambil cerita dari rangkaian  kisah Mahabarata dan Ramayana. Jenis wayang yang paling terkenal di Indonesia  adalah wayang kulit. Wayang kulit dibuat dari kulit kerbau yang dikeringkan dan  tambahan tanduk kerbau juga sekrup untuk bagian siku dan gagang wayang. 

Pada tanggal 7 November 2003, UNESCO mengakui bahwa wayang sebagai  pertunjukan bayangan boneka dari Indonesia menjadi warisan budaya Indonesia  sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity (Mahakarya yang  tidak ternilai dan dalam seni bertutur). Hal Ini berarti wayang sebagai kebudayaan  Indonesia telah tersohor oleh dunia.

Sumber: 

Tempo. 2021. Kisah UNESCO Mengakui Wayang Kulit sebagai Warisan Budaya Dunia Asal Indonesia. https://nasional.tempo.co/read/1530239/kisah-unesco-mengakui-wayang-kulit-sebagai-warisan-dunia-asal-indonesia. Diakses 16 November 2022.