Cara Meningkatkan Efektivitas Kegiatan Belajar Daring

    Hingga tahun 2021, negara Indonesia masih dilanda dengan kondisi pandemi virus Covid-19, sehingga mengharuskan murid hingga mahasiswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara online dimana setiap mahasiswa melakukan pembelajaran dari rumah dan tidak bertatap muka secara langsung dengan pengajar. Pembelajaran via online tentunya menguntungkan bagi mahasiswa dan juga pengajar dalam menghindari rantai penyebaran virus Covid-19. Akan tetapi, pembelajaran online memiliki beberapa tantangan yang perlu dihadapi, dimana mahasiswa dan pengajar yang membutuhkan konsentrasi penuh dalam belajar maupun mengajar, namun banyaknya distraksi seperti rasa kantuk, kondisi belajar kurang kondusif dalam pembelajaran sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang efektif. Kemudian, masalah koneksi juga menjadi hambatan dalam belajar online yang membuat penyampaian materi menjadi terhambat. Selain itu, pembelajaran secara online juga berhubungan dengan tugas yang perlu diselesaikan sehingga mahasiswa sulit melakukan manajemen waktu yang baik untuk menyesuaikan dengan jadwal lainya dan juga dapat meningkatkan rasa terpaksa dalam melakukannya. Maka dari itu, berikut adalah  beberapa cara yang dapat diterapkan dalam  meningkatkan efektivitas dalam melakukan kegiatan belajar daring

  1. Bersikap aktif ketika mengikuti pembelajaran

   Dalam mengikuti pembelajaran online, mahasiswa perlu bersikap mandiri seperti memberikan pertanyaan kepada pengajar jika terdapat hal yang kurang dimengerti, begitupula sebaliknya dimana mahasiswa selalu berusaha untuk menjawab pertanyaan yang diberikan pengajar sehingga pembelajaran menjadi efektif dimana mahasiswa mendapatkan pembelajaran baru dalam hari demi hari.

  1. Membuat rencana pembelajaran

     Rencana pembelajaran diperlukan untuk mengatur hal yang perlu dipelajari sehingga pembelajaran lebih terarah dan juga meningkatkan fokus mahasiswa dalam belajar. Mahasiswa juga dapat mengetahui hal yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran, dengan tujuan mencapai peningkatan akademis. Selain itu, rencana pembelajaran membuat jadwal kegiatan mahasiswa menjadi lebih teratur, mulai dari waktu belajar hingga ke waktu luang.

  1. Mengatur tempat belajar

    Lokasi pembelajaran juga menjadi faktor penting untuk meningkatkan efektivitas belajar, seperti memillih lokasi belajar yang memiliki jaringan atau koneksi internet yang optimal untuk menghindari gangguan koneksi dalam pembelajaran. Mahasiswa perlu menemukan posisi yang nyaman untuk meningkatkan fokus belajar, seperti duduk di kursi dengan posisi nyaman. Mahasiswa juga perlu menghindari posisi yang dapat memicu distraksi seperti duduk di dekat kasur sehingga menyebabkan rasa kantuk. Selain itu, benda atau alat yang berada di sekitar lokasi belajar juga perlu diperhatikan agar tidak menjadi distraksi dalam belajar. Contohnya adalah menjauhi gadget kecuali media belajar online untuk menghindari distraksi untuk membuka permainan atau sosial media di gadget.

  1. Memberikan luang waktu untuk beristirahat

      Dalam kegiatan belajar online bukan berarti diharuskan untuk belajar seharian. Akan tetapi, mahasiswa juga perlu meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak dari kegiatan belajar, dan juga perlu bersosialisasi dengan orang yang berada disekitar. Waktu luang dapat digunakan untuk melakukan hobi atau kegiatan yang dapat menghilangkan rasa jenuh dari belajar. Maka dari itu, rencana pembelajaran perlu dirancang dengan sedemikian rupa sehingga waktu luang tetap dimiliki mahasiswa.

  1. Tidak menunda rencana belajar

    Mahasiswa yang kerap menunda atau tidak melakukan rencana pembelajaran dapat mengurangi efektivitas belajar dimana segala sesuatu menjadi berantakan, dimana tugas yang menumpuk, mengurangi jumlah waktu luang, mempengaruhi jam tidur dan juga membuat mahasiswa tidak mengerjakan tugas secara maksimal dikarenakan tugas dikerjakan dengan cepat atau asal selesai saja. Hal ini dapat berpengaruh dalam nilai akademis dan juga rasa lelah yang terus dikejar oleh tugas yang menumpuk.

  1. Meminta bantuan atau saran dari teman jika dibutuhkan

     Pembelajaran secara online bukan berarti segala pembelajaran dilakukan secara individu. Melainkan mahasiswa juga dapat melakukan pembelajaran secara kelompok untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa jika terdapat hal yang kurang dimengerti. Selain itu, pembelajaran secara kelompok dapat menjadi salah satu alternatif belajar yang lebih menyenangkan dibandingkan belajar secara individu yang perlu menyelesaikan segala sesuatu secara individu.

    Melalui beberapa cara atau tips untuk meningkatkan pembelajaran daring, diharapkan bahwa mahasiswa tidak hanya membaca tips ini tetapi juga perlu diterapkan sehingga mendapatkan peningkatan yang pesat dalam kesuksesan nilai akademis anda.

Source:

5 Tips efektif belajar secara daring selama #dirumahaja | LP3I Blog. (2021). Retrieved 25 September 2021, from https://www.lp3i.ac.id/5-tips-efektif-belajar-secara-daring-selama-dirumahaja/

Study Habits of Highly Effective Students. (2021). Retrieved 25 September 2021, from https://www.educationcorner.com/habits-of-successful-students.html

Claudia Cahyadi