4 Jajanan Nusantara yang Cocok untuk Berbuka Puasa

“Berbukalah dengan yang manis” pasti kalian sudah cukup sering mendengar kata ini, kan? Nah, tidak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadhan, nih. Sadar ngga sih jajanan manis yang biasa ditemukan saat menjelang buka puasa merupakan jajanan Nusantara yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia? Berikut adalah 4 jajanan Nusantara yang cocok untuk berbuka puasa:

  1. Bubur Sumsum

Bubur sumsum merupakan salah satu jajanan tradisional yang banyak diminati masyarakat untuk berbuka puasa. Bubur sumsum memiliki rasa yang manis dan sedikit gurih. Nama bubur sumsum berasal dari penampilan bubur yang putih bersih seperti sumsum tulang.

  1. Serabi Solo

Serabi Solo memiliki tekstur yang tebal namun lembut di tengah serta renyah di pinggirannya. Serabi ini terbuat dari tepung beras yang di campur dengan santan, kelapa, gula pasir, dan bahan lainnya.

  1. Kolak Pisang

Kolak pisang adalah makanan yang tidak asing lagi bagi telinga kita. Pasalnya, setiap bulan Ramadhan, kolak pisang sering dijadikan takjil saat berpuka puasa. Kolak pisang memiliki rasa yang manis dan gurih sehingga banyak orang yang menyukainya.

  1. Es Pisang Ijo

Es pisng ijo merupakan jajanan tradisional khas Makassar. Dinamakan pisang ijo karena berasal dari bahan utama berupa pisang yang dibalut oleh tepung yang diberi warna hijau. Jajanan satu ini juga memiliki rasa yang manis dan gurih.