Dampak Konten Mukbang dan Food Waste terhadap Masyarakat

Sumber: https://health.okezone.com/read/2022/08/03/483/2641486/mukbang-bikin-lupa-diri-salah-satu-bahayanya-bisa-sebabkan-diabetes

Masalah lingkungan saat ini menjadi aspek yang perlu diperhatikan, salah satunya yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari yaitu makanan. Berdasarkan laporan Food Sustainable Index 2018 terbitan The Economist Intellegent, masyarakat Indonesia membuang makanan sebanyak 300 kg per tahun. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara penghasil sampah yang cukup besar. Terlebih, adanya konten Mukbang atau siaran makan yang sedang viral saat ini membuat penontonnya terinspirasi untuk mencoba membuat atau membeli makanan dengan jumlah yang banyak lalu dimakan pada saat yang bersamaan. Tentunya tindakan tersebut sangat memungkinkan untuk menyisakan makanan dan pada akhirnya terbuang begitu saja. Dalam hal ini, terdapat beberapa dampak buruk dari Mukbang dan Food Waste yang antara lain yaitu:

1. Menyebabkan Obesitas

Obesitas dapat menjadi masalah serius bagi penderitanya, terutama jika tidak diimbangi dengan pola hidup yang baik. Hal ini dapat menjadi faktor penyebab beberapa penyakit seperti stroke, serangan jantung, kolesterol, dan risiko penyakit lainnya.

2. Masalah Pencernaan

Pembuat konten Mukbang dapat mengalami masalah pencernaan akibat mengonsumsi makanan secara berlebihan. Hal ini karena memakan makanan dengan porsi yang melebihi kapasitas dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan iritasi lambung, kadar gula darah naik, dan terganggunya metabolism tubuh.

3. Sampah yang Terbuang Menghasilkan Gas Berbahaya

Makanan yang dibuang pada tempat pembuangan sampah dapat menyebabkan pemanasan global dan nantinya limbah makanan yang terurai ini akan menghasilkan metana berbahaya terlepas ke atmosfer. Metana ini sendiri merupakan salah satu gas rumah kaca yang beracun 21 kali lebih kuat dibandingkan karbon dioksida.

Maka dari itu, solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan food waste di tengah meningkatnya konten Mukbang yaitu dengan membeli daftar makanan sesuai yang dibutuhkan, membuat list menu, menyimpan sisa makanan yang dapat dikonsumsi di dalam kulkas, dan tidak mudah tergiur dengan konten Mukbang dalam porsi yang sangat banyak. Dengan menerapkan hal-hal tersebut, kita dapat menghemat makanan dan menjaga kesehatan serta tidak mencemari lingkungan.

Referensi: