Tips & Trick Belajar Online

  1. Menetapkan goals ketika belajar

Tanyakan pada dirimu apa yang ingin kamu capai dalam pembelajaran hari ini. Menetapkan goals atau tujuan yang jelas dapat membantu kamu untuk tetap termotivasi dan menghindari penundaan pekerjaan. Goals yang ditetapkan harus sepsifik dan mudah diukur, contohnya hari ini kamu mau membaca semua materi yang ada pada PowerPoint sesi pertama dan menyelesaikan tugas pertama. Namun, tetaplah ingat untuk mengetahui batasan atau kapasitas yang diri kamu miliki ketika menetapkan goals.

 

  1. Mencari tempat yang paling nyaman

Carilah ruangan khusus di rumahmu untuk mengikuti kelas online yang dapat membantu pembelajaran agar lebih efektif. Singkirkan semua hal yang dapat mengganggu konsentrasi dan menghilangkan fokus kamu untuk belajar, seperti tontonan di Netflix atau sosial media di smartphone. Belajar di ruangan yang kondusif dapat membantu meningkatkan fokus sehingga dapat belajar dengan maksimal.

 

  1. Membuat reminder untuk jadwal belajar

Memiliki komitmen untuk belajar dan mengikuti kelas adalah hal yang terpenting ketika sedang belajar online. Agar dapat mempermudah kamu dalam mengatur waktu dengan baik, tulislah jadwal kelasmu pada kalender, serta buatlah reminder tentang tugas dan tanggal deadline. Hal ini dapat membantu kamu untuk menjadi lebih terorganisir dan bertanggung jawab akan kewajiban kamu sebagai pelajar.

 

  1. Aktif untuk mencatat informasi yang diberikan

Mendengarkan penjelasan dosen sambil menulis notes dapat mendorong pemikiran yang aktif dan meningkatkan pemahaman kamu. Dengan aktif mencatat, kamu dapat mengingat dengan lebih jelas tentang pembelajaran yang disampaikan. Kamu bisa mencatat poin-poin penting di buku tulis ataupun di aplikasi pada gadget kamu.

 

  1. Istirahat yang cukup

Setelah menghabiskan waktu untuk belajar, jangan lupa untuk beristirahat. Istirahat yang cukup sangat penting untuk membantu meningkatkan performa kamu. Istirahat yang cukup juga membantu kamu untuk mengisi ulang energi sehingga kamu tidak kelelahan atau mengantuk ketika mengikuti kelas di keesokan harinya.