6C Kemahiran Pada Anak-Anak Dalam Pembelajaran
Melatih kemahiran pada anak-anak sebaiknya diberikan pengajaran yang baik oleh orang tua atau guru mereka agar bisa menjadi pribadi yang baik di masa yang akan datang. Oleh karena itu, ini anak-anak akan terlihat baik dengan adanya kemahiran 6C yang telah diajarkan oleh orang tua atau guru-guru mereka dalam proses Pembelajaran dan Pemudahcaraan (PdPc).
Kemahiran yang dimakud pada 6C adalah Critical Thinking, Collaboration, Creative Thinking, Character Education, Citizenship, and Communication. Pada artikel ini akan dijelaskan lebih rinci dari masing masing poin yang ada pada proses pembelajaran yang diberikan oleh orang tua atau guru yang ditanamkan pada anak-anak tersebut.
- Critical Thinking
Critical thinking adalah pemikiran yang bisa membantu manusia dalam menyelesaikan masalahnya dengan pemikiran dari diri sendiri dengan sekitar, hal ini yang membuat manusia memerlukan pemikiran ini agar saat di waktu dan lingkungan yang berbeda, mereka bisa berpikir dengan baik dan tenang sesuai dengan sekitarnya. Dalam meningkatkan Critical Thinking, anak-anak bisa diajarkan untuk membaca dengan memahimi isi dari bacaan tersebut, selain itu meningkatkan daya analisis dan kemampuan observasi dan mengamati, terakhir anak diajarkan rasa ingin tahu yang besar dalam banyak hal hal positif.
Hal hal yang membutuhkan Critical Thinking:
- Mengidentifikasi isu atau masalah.
- Menentukan informasi mana yang relevan dan tidak relevan dengan masalah
- Menyelesaikan masalah yang dihadapi.
- Collaboration
Collaboration adalah proses yang kerja sama oleh individu dengan individu untuk mencapai hasil yang sudah ditentukan bersama, serta membangun kepercayaan satu sama lain antar individu ahli-ahli yang terlibat. Selain itu Collaboration sangat penting agar individu lain bisa mendapatkan informasi baru dan mengenal orang lain agar mendapatkan ilmu ilmu baru yang bisa bermanfaat baginya serta membangun skill sosial, sehingga membuatnya lebih percaya diri di umum. Dalam artian Collaboration berfokus pada peningkatan komunikasi antar individu dalam meningkatkan hasil yang ingin dicapai.
- Creative Thinking
Creative Thinking adalah pemikiran seseorang untuk menciptakan ide baru, asli, luar biasa, dan ada nilainya. Hal ini akan membantu anak-anak dalam menciptakan sesuatu hal dari pemikirannya. Hal ini bisa diliat saat anak-anak yang hanya melihat sesuatu, bisa memikirkan atau membuat hal lain yang mungkin lebih baik dan luar biasa berdasarkan ide yang mereka pikirkan. Selain itu, ketika ada perbedaan pendapat, Creative Thinking merupakan solusi yang baik jika digabungkan dengan pemikiran problem solving.
- Character
Character adalah bagian yang penting untuk anak-anak, karena hal ini merupakan corak tingkah laku, pikiran, dan perasaan yang berdasarkan prinsip-prinsip moral dan integritas. Hal ini juga akan membuat anak-anak memiliki jati dirinya sendiri, sehingga memiliki keistimewaanya sendiri dan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk dari perasaan yang anak-anak tersebut rasakan.
- Citizenship
Citizenship merupakan sikap yang perlu ditanamkan pada anak-anak agar bisa memiliki sikap patriotisme dalam diri yang tinggi terhadap negara dan mempunyai identitas nasionalnya. Hal ini akan membuat anak-anak menghargai negaranya dan membela negara dengan adanya kemahiran ini. Hal ini juga akan membuat anak-anak bisa menghargai sesama warganya sendiri.
- Communication
Communication adalah hal yang paling penting untuk dimiliki anak-anak dalam penyampaian maklumat, perkongsia pendapat dan interaksi antar individu dengan individu lain. Hal ini dikarenakan, dengan adanya kemahiran Communication, maka anak-anak akan bisa memahami anak-anak atau orang lain dengan adanya hubungan komunikasi ini, sehingga anak-anak bisa lebih paham dalam menyampaikan pesan dan lebih memahami pesan yang diterima.
References
Isnen, M. S. (2017, November 21). Konsep 6C dalam Pembelajaran Abad ke-21 (PAK-21). Retrieved from Cikgu Suhaimin: http://www.cikgusuhaimin.com/2017/11/konsep-6c-dalam-pembelajaran-abad-ke-21.html?m=1
Dosen Pendidikan 2. (2021, Mei 13). Berpikir Kritis adalah. Retrieved from Dosen Pendidikan: https://www.dosenpendidikan.co.id/berpikir-kritis/#:~:text=Contoh%20Berpikir%20Kritis, Tingkatan%2FJenis%20Keterampilan&text=Mengidentifikasi%20isu%20sentral%20atau%20masalah,Memformulasi%20pertanyaan%2Dpertanyaan%20dengan%20tepat.
Kusnandar, T. (2018, April 07). Collaboration | Definisi dan Penerapannya. Retrieved from Toni Kusnandar: http://tonikusnandar.com/collaboration/
STUDiLMU Editor. (2021). Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya. Retrieved from Studi Ilmu: https://www.studilmu.com/blogs/details/pengertian-creative-thinking-dan-contoh-keterampilannya
(Denny Nugroho_Room and Inventory_2401996366)