Alat Musik Tradisional Tiongkok: Guzheng (古筝)

http://tipswarta.blogspot.com/2011/02/apa-itu-guzheng.html

Gǔzhēng (古筝) adalah salah satu alat musik Tiongkok yang populer. Guzheng merupakan alat musik Tiongkok seperti kecapi bagi masyarakat Indonesia. Guzheng berbentuk cembung dan terbuat dari kayu dan senar. Guzheng memiliki 21 senar dengan pengganjal yang dapat digeser untuk menyesuaikan tinggi atau rendahnya frekuensi nada. Nada yang dihasilkan oleh guzheng adalah nada-nada pentatonik, yaitu do, re, mi, sol, dan la.

Nama zhēng (古筝) sendiri berasal dari 2 kata, yaitu (古) dan zhēng (筝). (古) berarti kuno atau tua, sedangkan zhēng (筝) berarti alat musik petik. Jadi, gǔzhēng (古筝) berarti alat musik petik dengan 2 sisi penahan senar dan pengganjal di tengahnya yang dapat digeser. Nama umum dari gǔ zhēng (古筝) adalah zhēng (筝). Zhēng (筝) dapat digabung dengan nama depan, seperti butterfly zheng, multitonic zheng, dan lain-lain seperti penggunaan kata gitar.

https://alatmusikkita.wordpress.com/2017/05/19/guzheng/

Guzheng mulai dikenal oleh masyarakyat Tiongkok sebagai alat musik populer pengiring lagu sejak Dinasti Qin dan Han sekitar 2.000 tahun yang lalu. Pada awalnya, guzheng hanya memiliki 5 senar. Kemudian, pada Dinasti Qin dan Han, guzheng hanya merupakan alat musik petik dengan 12 senar. Lalu pada Dinasti Ming dan Qing, guzheng menjadi alat musik petik dengan 14-16 senar. Akhirnya, pada tahun 1970, guzheng mulai memiliki 21 senar. Jumlah senar pada guzheng terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu atau dengan adanya pergantian zaman. Inovasi akan terus berlanjut sehingga akan ada lebih banyak nada suara yang ditemukan untuk memperkaya nada dan memperbagus alat musik ini.

Guzheng dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari. Biasanya, alat bantu seperti kuku palsu yang terbuat dari tempurung kura-kura atau plastik digunakan untuk mempermudah memetik senar. Guzheng dimainkan menggunakan kedua tangan, dengan tangan kanan memainkan melodi dan tangan kiri memainkan chord. Guzheng sendiri merupakan alat musik umum yang dapat dimainkan dalam acara apa saja, seperti Cap Go Meh, acara pernikahan, dan pengiring lagu gereja.

Referensi:

https://lontar.ui.ac.id/detail?id=20416398&lokasi=lokal

https://guzhengalive.com/guzheng-in-90-seconds

https://id.wikipedia.org/wiki/Guzheng

https://merahputih.com/post/read/mengenal-gu-zheng-alat-musik-tua-masyarakat-tionghoa

中国传统乐器: ️古筝

古筝是中国流行的乐器之一。 古筝是一种中国乐器,就像印度尼西亚人民的竖琴一样。古筝呈凸形,由木头和弦组成。 古筝一共有21根琴弦组成,带有雁柱(可以動的方塊)来调节音符的高频或低频。古筝产生的音符是五声音阶: 哆,来,咪,发,唆,啦。

古筝是由两个词组成, gǔ(古)和 zhēng(筝)。Gǔ(古)意为古代或古老,而 zhēng(筝)意为弦乐器。所以,古筝的意思是一种弦乐器,两边有一个弦架和中间的雁柱可以移动。古筝,一般称为 “筝” 。 “筝”可以与蝶式筝、(多音筝)等名字组合,其他如吉他一词的使用

古筝自大约2000年前的秦汉时期开始,作为一种流行的音乐伴奏乐器,开始为国民所知。起初,古筝只有5根弦。后来秦汉时期,古筝还只是一种12弦的弦乐器。然后在明清两代,古筝成为14-16弦的弦乐器,终于在1970年,古筝开始有21弦。古筝上的琴弦数量随着时间的推移不断增加,或者随着时代的变化,不断创新,让人们可以发现更多的音色,然后将这些音色纳入古筝中,使这个乐器更加唯美动听。

古筝是用手指弹奏的。通常,會使用由龟甲或塑料制成的人造指甲等辅助工具来使拨弦更容易。古筝是用双手演奏的,右手弹奏旋律,左手弹奏和弦。古筝本身就是一种常见的乐器,可以在任何活动中演奏,比如元宵节,婚礼,甚至教堂歌曲的伴奏。

Penerjemah: Julia Sinta

Pricillea Hanov