The Four Treasures of Chinese Study

https://www.inkston.com/

Masyarakat Tiongkok mengenal adanya empat jenis benda yang disebut sebagai “Empat Harta dalam Belajar” atau “文房四宝”. Empat benda tersebut terdiri dari kuas (毛笔), tinta (墨), kertas (纸), dan batu tinta (砚). Istilah tersebut bermula dari era Dinasti Utara dan Selatan (南北朝) pada tahun 420589 yang merupakan masa aktif berkembangnya seni dan kebudayaan Tiongkok. Pada masa itu, sebagian besar masyarakat memang tidak mengenal baca tulis dan kesulitan mengakses kegiatan belajar. Oleh karena itu, keempat benda tersebut pada masanya merupakan benda yang sangat berharga karena hanya dimiliki oleh kalangan elit dan kaum terpelajar saja. Keempat benda tersebut juga sering digunakan oleh para seniman Tiongkok untuk membuat lukisan dan tulisan dalam seni kaligrafi tradisional.

Pertama, yaitu kuas. Kuas pertama kali ditemukan pada tahun 300 SM oleh bangsa Tiongkok. Kuas memiliki tiga komponen utama yang terdiri dari bulu kuas, pegangan, dan penutup. Pada umumnya, kuas terbuat dari bulu hewan seperti kambing, kelinci, musang, atau hewan lainnya yang kemudian dipotong melancip dan diikatkan pada gagang bambu. Jenis bulu hewan yang digunakan juga bervariasi berdasarkan tingkat ketahanan dan ukuran kuas yang diinginkan.

Yang kedua, yaitu tinta. Jenis tinta yang sering kita temui adalah tinta cair, tetapi tinta tradisional Tiongkok adalah tinta padat yang harus dilarutkan terlebih dahulu. Tinta ini berupa batang jelaga pinus yang dibakar dalam sebuah wadah, kemudian dicampur dengan lem dan dicetak dalam suatu cetakan untuk menghasilkan berbagai ukuran dan bentuk tinta. Hasil cetakan tersebut nantinya akan digosokkan pada permukaan batu tinta dengan tambahan air untuk menghasilkan tinta cair yang dapat digunakan di atas kertas. Tinta cair yang dihasilkan pun memiliki tingkat kepekatan yang bervariasi sesuai dengan jumlah air yang ditambahkan.

Kertas, juga merupakan salah satu dari empat alat tradisional Tiongkok tersebut. Kertas pertama kali ditemukan oleh Cai Lun(蔡伦)pada tahun 105 M. Kertas tersebut terbuat dari campuran kulit kayu, rami, kain bekas, dan jala yang kemudian secara perlahan-lahan mulai menggantikan penggunaan slip bambu dan kertas sutra pada saat itu. Kertas sering kali dicetak tipis dan ringan agar dalam penggunaannya dapat menyerap tinta dengan mudah.

Terakhir adalah batu tinta. Batu tinta diperlukan sebagai permukaan untuk menggosok batang tinta padat menjadi bentuk cair dan sebagai wadah penampung tinta cair yang telah dibuat. Sebagian besar batu tinta terbuat dari batu, namun ada juga yang terbuat dari porselen, tanah liat, ataupun batu giok. Jenis batu yang digunakan harus memiliki permukaan yang relatif halus agar bulu kuasnya tidak mudah rusak.

Kuas, tinta, kertas, dan batu tinta akhirnya menjadi empat benda yang identik dengan seseorang yang berpendidikan tinggi. Bahkan, mereka biasanya juga memiliki benda lain seperti dudukan kuas (笔架), pemberat kertas (镇纸), dan stempel (️印章) di kediamannya masing-masing. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, benda-benda tersebut mulai tergantikan oleh peralatan yang lebih modern. Meskipun begitu, keempat benda tersebut juga masih sangat sering digunakan dalam seni kaligrafi Tiongkok dan bahkan banyak anak muda sekarang mulai belajar cara menggunakan kuas dan tinta untuk menulis kaligrafi.

Referensi:

http://tcfl.tingroom.com/2018/02/12987.html

http://www.chinaonlinemuseum.com/painting-four-treasures.php

https://asia.si.edu/learn/chinas-calligraphic-arts/four-treasures

中国文房四宝

中国社会承认独有四种,被称为文房四宝这四用具即笔、、纸、文房四宝之名,起源于南北朝时期在 420—589, 是中国艺术文化发展的活跃时期。那时,大多数人不知道如何阅读和写作,并且难以参与学习活动。因此,这四个工用在当时是非常有价值的物品,因为它们只有精英和受过教育的人拥有,也经常被中国艺术家用于传统书法艺术中的绘画和写作

首先,毛笔毛笔最早是在公元前300年由中国人发明的。毛笔由毛、笔芯和笔盖三个主要部件组成。一般来说,毛笔是用山羊、兔子、果子狸或其他动物的毛发制成的,然后将它们剪成一点并系在竹柄上。使用的动物毛发类型也因阻力高度和所需的毛笔尺寸而异。

是墨。我们经常遇到的墨种类是液体墨水,而中国传统的墨是固体墨块,必须先溶解于水。这种墨是松烟棒的形式,在容器中燃烧,然后与胶水混合并在模具中印刷,以生产各种尺寸和形状的墨。打印输出稍后将在砚台上加水摩擦,以产生可用于纸张的液体墨水。所得液体墨水的浓度也会根据添加的水量而变化

纸,也是中国传统文房用具之一。纸是蔡伦在公元105年发明的由树皮、麻叶、破布和鱼网合制成的,然后慢慢开始取代当时的竹简和丝纸。纸张通常打印得又薄又轻,因此在使用时很容易吸收墨水

最后砚台。砚台需要作为将固体墨块摩擦成液体形式和用于容纳已制成的液体墨水的容器。大多数砚台是用石制成的,但也有一些是用瓷器、粘土或玉石制成的。使用的石材类型必须具有相对光滑的表面,以使毛笔不易损坏

笔、墨、纸、砚,最终成为了高学历人的代名词四具。事实,他们通常还有其他用具,例如笔架, 镇纸和印章在他们各自府里。但随着时代的发展,这些用具开始被现代化的设备所取代。即便如此,这四个用具在中国书法中仍然经常使用,甚至许多年轻人也开始学如何使用笔墨书写书法。

Penerjemah: Nethania Catrice Tiovilda

Nethania Catrice Tiovilda