Seminar Scalling Up Business With Digital Marketing

Binus Mandarin Club atau yang biasa dikenal dengan BNMC kembali mengadakan seminar. Seminar kali ini diadakan pada tanggal 23 Mei 2021 via Zoom, yang dihadiri oleh 323 peserta yang berasal dari binusian dan non binusian. Seminar ini mengangkat topik “Scalling Up Business With Digital Marketing” atau dalam bahasa Mandarin 通过数字营销创建企业 (tōngguò shùzì yíngxiāo chuàngjiàn qǐyè). Pembicara pada acara seminar ini  merupakan Senior Regional Digital Marketing Manager, Omni-Channel Ecommerce di I.T Apparels Ltd yaitu Lance Tsang. 

Apa sih I.T Apparels Ltd. itu? 

I.T Apparels Ltd. adalah pengecer dan distributor mode dari merek pakaian populer. Perusahaan raksasa ini didirikan pada tahun 1988. Saat ini, I.T Apparels Ltd. telah menaungi lebih dari 400 Designer Label, serta memiliki lebih dari 290 toko dengan ribuan staf yang berlokasi di Hong Kong, Tiongkok, Amerika, dan Eropa. 

Sebelum seminar dimulai, peserta diminta untuk mengisi link registrasi ulang. Seminar dibuka dengan meriah oleh MC (Cindy Alinta) dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua acara (Wenny), serta ketua umum BNMC (Novica Lauren).  Kemudian, MC memperkenalkan pembicara untuk seminar kali ini.

Kita  akan membahas secara singkat mengenai materi yang dibawakan oleh pembicara selama acara seminar berlangsung. 

Pembicara menjelaskan new digital marketing dan trend market selama pandemi. Salah satunya adalah cannibalization dalam market yang mungkin tidak pernah kita dengar. Cannibalization adalah keadaan di mana pertumbuhan penjualan suatu merek mengakibatkan penurunan penjualan merek yang lain dalam satu lini produk dan perusahaan yang sama. Pembicara juga mengatakan bahwa penjualan digital Tiongkok selama sepuluh tahun terakhir berkembang dengan sangat cepat dan menunjukkan trend market yang ada di Indonesia. 

Seminar ini berjalan dengan lancar, seru, dan dapat dinyatakan sebagai seminar yang sukses. MC dapat menghidupkan suasana, pembicara membawakan materi dengan sangat jelas, dan antusiasme peserta yang sangat baik. Hal tersebut terlihat dari banyaknya jumlah pertanyaan yang diajukan kepada pembicara yaitu lebih dari 30 pertanyaan dan pembicara dapat menjawab setiap pertanyaan yang diberikan dengan jelas sehingga interaksi antara peserta dan pembicara sangat aktif. 

Seminar ditutup dengan sesi foto bersama, lalu para peserta mengisi exit ticket. Dari seminar ini, banyak hal-hal baru yang dapat diperoleh khususnya dalam bisnis digital market yang akan sangat berguna bagi kita yang ingin memulai bisnis terutama pada masa pandemi seperti sekarang. 

Sharleen