Welcoming Party BINUS Mandarin Club “A Great Hunt to Find the Ancient Jade”

BNMC kembali menggelar acara “Welcoming Partysecara onsite. Tujuan diadakannya acara ini adalah mendekatkan anggota-anggota baru BNMC yang belum pernah bertemu sebelumnya. Tidak hanya itu acara ini juga meningkatkan kemampuan komunikasi serta kerja sama antaranggota BNMC yang baru mendaftar pada tahun ini.

Pada hari Minggu, 9 Oktober 2022 pukul 09.00 WIB, BINUS Mandarin Club (BNMC) mengadakan acara “Welcoming Partydi Hall BINUS Kijang dan Auditorium BINUS Alam Sutera secara bersamaan. Acara di kedua regional berjalan secara terhubung melalui Zoom Meetings di mana MC, games, dan performance akan ditampilkan secara bergantian di kedua regional melalui Zoom Meetings. 

Di awal acara peserta-peserta yang datang akan dibimbing oleh PIC kelompok untuk berkumpul berdasarkan kelompok masing-masing sambil menunggu seluruh peserta datang. Masing-masing PIC kelompok akan mencairkan suasana di kelompok dan mengajak untuk berkenalan hingga akhirnya MC memasuki panggung acara. MC dari Hall BINUS Kijang dibawakan oleh Sdr. Rafhael dan Sdri. Vallerie dan MC dari Auditorium BINUS Alam Sutera dibawakan oleh Sdri. Vivian dan Sdri. Chelsea. MC menyambut para peserta yang hadir dan membuka acara dengan doa. Setelah itu, MC memanggil beberapa orang peserta untuk maju ke depan memperkenalkan diri.

Setelah sesi pembukaan, project manager acara ini Sdri. Cheryl Wendelin memberikan kata sambutan yang kemudian disusul oleh Ketua Umum BNMC Sdr. Nathanael Geoffrey Hanjaya memberikan kata sambutannya di Auditorium BINUS Alam Sutera dan ditayangkan ke seluruh peserta melalui Zoom Meetings.

Setelah pembawaan kata sambutan, MC memulai ice breaking dengan games kelipatan di mana setiap peserta diminta untuk berhitung mulai dari angka 1 dan pada kelipatan tertentu angka tersebut harus diganti dengan kata “BNMC”. Kelipatan ditentukan oleh MC dan yang salah menyebutkan angka atau kata akan diminta untuk menampilkan sesuatu kreatif di depan panggung. 

Sebelum memasuki sesi games, MC yang berada di BINUS Kijang dan Alam Sutera secara bergantian menjelaskan games yang akan dimainkan nantinya. Kelompok yang berada di kedua region tersebut harus bekerja sama untuk menyelesaikan permainan tersebut. Tujuan akhir dari permainan ini adalah menemukan jade dan saksi mata di mana sebelumnya setiap kelompok harus memperebutkan jade yang asli.

Permainan pertama yang dimainkan bernama blank di mana setiap kelompok akan diberikan kertas untuk di deskripsikan secara bergantian. Salah satu kelompok akan mendapatkan kertas blank yang tidak memiliki tulisan sama sekali. Tugas kelompok yang bukan impostor adalah menemukan impostor yang memegang kertas kosong dan tugas kelompok impostor adalah menebak kata yang dimiliki kelompok lain. Poin yang didapatkan akan diakumulasikan nantinya untuk digunakan di permainan-permainan selanjutnya.

Permainan selanjutnya adalah treasure hunt untuk menemukan jade dan saksi mata yang akan memberikan petunjuk mengenai letak dan warna jade yang asli. Treasure hunt berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Setelah sesi games treasure hunt berakhir peserta makan bersama dengan diiringi backsound lagu Mandarin. Selain itu, peserta diperbolehkan untuk ibadah sholat Dzuhur dan mengambil gambar ketika istirahat berlangsung. Kemudian setelah sesi istirahat berakhir MC kembali memimpin alur acara dengan sesi sharing kesan mengenai permainan yang telah dimainkan. 

Acaranya tentu tidak berakhir hanya sampai di sana, kali ini panitia telah mengundang Little Dragon Vocal Group untuk tampil di acara Welcoming Party ini. Pada Hall Binus Kijang ada Sdri. Jocelyn dan Auditorium BINUS Alam Sutera dinyanyikan oleh Sdri. Chelsea Terenzia. Kedua anggota Little Dragon ini membawakan lagu yang spektakuler dan menakjubkan para peserta. Kemudian disambung dengan sesi sharing dan sambutan oleh alumni oleh Sdr. Gregorius dan Sdr. Bryan Emerson yang menceritakan beberapa hal mengenai pengalamannya selama di BNMC untuk memperkenalkan BNMC dan mengajak para peserta untuk mendaftar menjadi aktivis di BNMC.

Kemudian penampilan performance yang terakhir dibawakan oleh Red Silk Dance Group yang membawakan tarian kipas yang tidak kalah meriahnya dari performance sebelumnya. Tarian yang dibawakan membuat penonton terbawa suasana dan penuh semangat melihat pertunjukan tersebut. 

Hingga akhirnya sampai di penghujung acara, yaitu pengumuman pemenang games utama, Instagram Photo Contest, dan pembagian hadiah untuk pemenang games. Kelompok yang berhasil memenangkan treasure hunt adalah kelompok Li. Kelompok Li dipanggil ke atas panggung untuk melakukan foto bersama, memberikan kesan, dan pembagian hadiah. Kemudian kelompok yang berhasil memenangkan Instagram Photo Contest dari kampus Kijang adalah Amanda, Amelia, dan Canny Chen Angelina kemudian dari kampus Alam Sutera adalah Veny, Valenthresia, dan Christy Feroni Susanvily yang kemudian dipanggil ke atas panggung. 

Setelah itu MC mengakhiri acara dengan ucapan terima kasih, yel-yel BNMC, dan sesi foto bersama panitia dan peserta. Kemudian untuk seluruh peserta diperbolehkan untuk foto di photobooth di atas panggung.

Jastin Gabriel Ongko