Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Aktivis BINUS Mandarin Club 2024 “The Leadership Lab: Discover Your Purpose, Unleash Your Potential (领导力实验室:发现你的目标,释放你的潜力)”

BINUS Mandarin Club (BNMC) telah melaksanakan proses regenerasi terhadap aktivis yang disimbolisasikan pada acara Latihan Dasar Kepemimpinan Mandarin Club yang ke-25 (LDKMC-XXV). Pada tahun 2024 ini, BNMC mengambil tema “The Leadership Lab: Discover Your Purpose, Unleash Your Potential (领导力实验室:发现你的目标,释放你的潜力)” yang bertujuan untuk melatih sikap kepemimpinan para calon aktivis agar mereka dapat bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang akan mereka hadapi kedepannya, memiliki mental dalam menghadapi kesulitan, dan dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di sekitar lingkungan mereka, serta dapat memaksimalkan peran mereka dalam sebuah tim. Dengan tema tersebut, maka acara LDKMC-XXV memiliki konsep Leadership Lab dengan 3 tahap, yakni Problem Solving & Critical Thinking, Project Management & Teamwork, dan Creativity. Ketiga tahap tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari Jumat, 15 Maret 2024 secara online via platform Zoom Meetings dan pada hari Minggu, 17 Maret 2024 secara onsite di BINUS Syahdan.

Tahap 1: Problem Solving & Critical Thinking

Pada hari pertama, acara LDKMC-XXV dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan pengisian entry ticket dan pretest yang berupa materi pengenalan umum tentang visi, misi, dan struktur organisasi BNMC, serta kewajiban yang harus dilakukan sebagai aktivis BNMC oleh para calon aktivis BNMC terlebih dahulu. Acara lalu dilanjutkan dengan pembukaan doa dan pembacaan peraturan yang wajib dipatuhi calon aktivis oleh MC, Jeslyn Liu. Kemudian, seluruh pengurus dan aktivis menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne BINUS serta mendengarkan kata sambutan dari Project Manager LDKMC-XXV, Calrsen Cyntia, dan kata sambutan dari Ketua Umum BNMC 2024, Karen Athaa Sasmita. Lalu, seluruh pengurus BNMC melakukan perkenalan diri dan dilanjutkan dengan perkenalan diri seluruh calon aktivis. Sebelum memasuki tahap pertama, para calon aktivis diberikan serangkaian materi yang dipaparkan oleh DPI BNMC, antara lain pengenalan BNMC oleh Karen Athaa Sasmita, Vimala Putri Khoharjo, Gwenda Tannia Suryasamudra, dan Nelson, pengenalan SCAC oleh John Phutra, penjelasan mengenai proposal event oleh Jocelin Limantoro, pengelasan mengenai Laporan Pertanggungjawaban oleh Angelrika Wijaya, penjelasan Rencana Anggaran dan Laporan Keuangan oleh Christy Feroni Susanvily, serta penjelasan Memorandum of Agreement oleh Calrsen Cyntia. Setelah itu, para calon aktivis juga mendapatkan kesempatan mendengarkan sharing dari salah satu alumni BNMC, Chelsea Terenzia, mengenai pengalaman berorganisasinya di BNMC seperti kehidupan organisasi, tata cara pembagian waktu, serta memberikan beberapa tips berorganisasi kepada calon aktivis. Kemudian, para calon aktivis juga dibekali dengan materi Leadership & Commitment yang dibawakan oleh Karen Athaa Sasmita.

Setelah mendengarkan seluruh materi tersebut, Leadership Lab memasuki tahap pertama, yaitu Problem Solving & Critical Thinking yang diasah dengan studi kasus. MC kemudian menjelaskan mengenai studi kasus yang harus dikerjakan oleh setiap kelompok yang telah ditentukan panitia. Masing-masing calon aktivis lalu memasuki breakout room sesuai dengan kelompok dan berdiskusi selama 25 menit. Setelah selesai mengumpulkan jawaban, masing-masing kelompok mempresentasikan hasil jawaban studi kasus mereka secara bergiliran, dan mereka diberikan feedback dari DPI BNMC. Dengan demikian, tahap pertama Leadership Lab telah selesai dilaksanakan.

Tahap 2: Project Management & Teamwork

Hari pertama ditutup dengan penjelasan mini event yang akan dilaksanakan pada hari kedua, di mana ini merupakan tahap kedua dalam Leadership Lab yang melibatkan setiap calon aktivis harus bekerja sama mendiskusikan konsep mini event yang dapat disimulasikan pada hari keduanya.

Pada hari kedua, terdapat sesi refleksi diri di mana panitia meminta calon aktivis yang telah melakukan pelanggaran mengakui kesalahannya dan berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembuatan proposal mini event yang telah didiskusikan sebelumnya. Setelah itu, para calon aktivis diberikan waktu untuk mendiskusikan proposal dengan DPI BNMC serta mengunjungi booth pembicara, supplier, dan pembeli untuk kebutuhan mini event mereka. Acara lalu dilanjutkan dengan sesi ISHOMA.

Setelah sesi ISHOMA berakhir, terdapat ice breaking agar para calon aktivis dapat terus semangat dalam menjalankan Leadership Lab ini. Ice breaking dipimpin oleh John Phutra dan Kent Alber Fredson dengan memainkan “Telepathy Game”. Acara kemudian berlanjut pada persiapan dan simulasi mini event oleh setiap kelompok. Performance dari setiap kelompok juga diberikan feedback oleh Ketua Umum dan Ketua Regional BNMC. Semua kelompok sangat antusias dalam menampilkan mini event mereka, bahkan ada yang sudah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan dalam mini event mereka. Setelah selesai menampilkan mini event mereka, setiap kelompok harus menuliskan laporan mini event mereka di LPJ. Para calon aktivis kemudian mengerjakan posttest selama 10 menit. Dengan demikian, tahap kedua Leadership Lab telah selesai dilaksanakan.

Tahap 3: Creativity

Namun, acara LDKMC-XXV hari kedua belum selesai, masih terdapat tahap ketiga Leadership Lab, yaitu creativity, di mana seluruh calon aktivis membuat Zhong Guo Jie (中国结) yang dipandu oleh semua panitia. Zhong Guo Jie yang telah dibuat dapat dibawa pulang oleh calon aktivis sebagai bentuk kenangan telah mengikuti LDKMC-XXV. Dengan demikian, tahap ketiga Leadership Lab telah selesai dilaksanakan.

Pelantikan

Oleh karena seluruh rangkaian Leadership Lab telah selesai dilaksanakan, maka terdapat kesan dan pesan dari Ketua Umum BNMC, Karen Athaa Sasmita, yang dilanjutkan dengan pembacaan janji aktivis yang dipimpin oleh perwakilan calon aktivis BNMC angkatan ke-25, Dea Metta Pranata, dan diikuti oleh seluruh calon aktivis. Kemudian, terdapat sesi pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Umum dan Ketua Regional BNMC. Dengan demikian, LDKMC-XXV telah selesai dilaksanakan dan para calon aktivis telah resmi menjadi aktivis BNMC angkatan ke-25!

Kent Alber Fredson