Legenda Dewi Bulan – Chang E

Sumber Gambar : https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjE49b99uPhAhXr7XMBHXmLCAIQjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fwww.kejadiananeh.com%2F2015%2F03%2Fkisah-dewi-bulan-dengan-pemanah-matahari.html&psig=AOvVaw0ClGsmN9suffEx5FWWAq7I&ust=1556029394130546

Chang’e (嫦娥) adalah Dewi Bulan Mitologi Tiongkok. Ia menjadi dewi setelah minum ramuan panjang umur yang didapat dari suaminya Hou Yi.

Sebelum Chang’e menjadi dewi, bumi dipenuhi dengan sepuluh matahari. Rakyat tersiksa atas panasnya dunia. Hou Yi, sang pemanah legendaris akhirnya memanah sembilan dari sepuluh matahari. Ia kemudian menjadi terkenal dan lupa akan istrinya Chang’e. Karena jasanya Hou Yi diberikan ramuan panjang umur yang akhirnya diminum oleh Chang’e.

Versi lain mengatakan seorang abdi Hou Yi iri akan pencapaian dan popularitas pemanah itu. Abdi itu mencoba mencuri ramuan panjang umur Hou Yi. Saat itu pencurian itu terhenti karena Chang’e yang berusaha menyelamatkan ramuan itu. Karena terdesak ia akhirnya meminum ramuan panjang umur itu sampai habis dan terangkat ke bulan. Sejak itu ia menjadi Dewi Bulan Mitologi Tiongkok.

 

Sumber Penulisan/Daftar pustaka : https://id.wikipedia.org/wiki/Chang%27e

Frisvika