Simak Yuk! Persiapan Masyarakat Tionghoa di Pulau Bangka dalam Merayakan Tahun Baru Imlek 2023

Photo by RODNAE Productions: https://www.pexels.com/photo/boy-and-girl-standing-in-front-of-their-parents-6691856/

Indonesia merupakan suatu negara dengan masyarakat yang multikultural. Namun, perayaan Imlek oleh masyarakat Tionghoa tetap dianggap penting di Indonesia. Pulau Bangka yang terletak di provinsi Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan destinasi wisata dan kuliner terbaik. Di Pulau Bangka sendiri, masyarakat Tionghoa lebih banyak merayakan tahun baru Imlek dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan. 

Tahun baru Imlek 2023 diperingati pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023. Biasanya tahun baru Imlek menjadi sebuah perayaan dimana keluarga besar berkumpul di kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan memakai baju merah simbol api yang melambangkan keberuntungan. Imlek tahun ini merupakan tahun kelinci air, yang disimbolkan dengan kebaikan, ketulusan, dan keberuntungan akan selalu menyertai kita sepanjang tahun 2023. 

Tahun baru Imlek 2023 yang akan dirayakan dalam 1 bulan lagi merupakan salah satu perayaan perdana pasca Covid-19 yang melanda Indonesia kurang lebih 2,5 tahun. Segala persiapan tentu sudah dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di Pulau Bangka, mulai dari membersihkan rumah mereka dan memberikan hiasan perayaan imlek di setiap sudut ruangannya dengan nuansa merah. 

Saya sendiri sudah mengecat rumah sudah hampir 75% persiapan saya dan keluarga dalam menyambut tahun baru Imlek 2023, ujar Afuk, salah satu masyarakat Tionghoa asal Pulau Bangka tepatnya di kota Belinyu. 

Tidak hanya membersihkan dan menghias rumah saja, melainkan juga memesan kue dan berbagai snack untuk disajikan pada hari raya nanti serta tidak lupa juga untuk membeli baju imlek agar dapat tampil menawan pada saat hari raya Imlek. 

Biasanya menjelang tahun baru Imlek 2023, terdapat beberapa persiapan penting yang perlu dipersiapkan dalam adat Tionghoa, yaitu: 

  • Membersihkan kuburan.  
  • Melakukan sembahyang kuburan
  • Melaksanakan sembahyang bersama

Masyarakat Tionghoa yang berada pada luar daerah asal juga akan kembali ke daerah asal mereka untuk berkumpul kembali dan menyambut Imlek bersama keluarga. Pada sehari sebelum tahun baru Imlek, biasanya akan ada makan bersama dengan keluarga inti ataupun keluarga besar yang biasa dikenal dengan sebutan reunion dinner, di mana semuanya saling berkumpul sambil makan dan bercerita yang bertujuan untuk mempererat hubungan satu sama lain. Makan bersama ini biasanya akan diselenggarakan dengan sangat meriah dan merupakan sebuah hal yang kerap kali dinanti-nantikan bagi yang merayakan Imlek karena adanya rasa kehangatan keluarga yang dirasakan oleh setiap orang yang turut hadir dalam acara ini.

Dari hal-hal yang telah disampaikan di atas, dapat dilihat bahwa terdapat banyak kegiatan seru yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa dalam persiapan tahun baru Imlek, di mana biasanya akan melibatkan banyak partisipasi dari keluarga sendiri, sehingga dapat mempererat hubungan serta menambah waktu untuk dihabiskan bersama dengan keluarga. Setelah memasuki bulan Januari pada tahun baru 2023, sebentar lagi kita juga akan mengalami pergantian tahun “macan air” menuju tahun kelinci air sesuai penanggalan kalender China yang memiliki shio dan elemennya tersendiri pada setiap tahunnya. Kami ingin mengucapkan selamat tahun baru Imlek 2023 kepada semua orang yang merayakan semoga semua harapan baik dapat terwujudkan dan keberuntungan, kebahagiaan, dan kesehatan dapat selalu menyertai kita semua.

让我们来看看,邦加岛华人社区迎接2023年农历新年的准备!

印度尼西亚是一个多元文化社会的国家。然而,印尼华人庆祝农历新年在印度尼西亚仍然被认为是重要节日。邦加岛位于邦加勿里洞省,是以最佳旅游和美食目的地而闻名的省份之一。在邦加岛本身,那里的华人比城市地区的人更多人庆祝农历新年。

2023 年农历新年节庆日是在 2023 年 1 月 22 日星期日。通常农历新年是大家庭聚集在家乡庆祝,交流,穿着红色衣服象征着红红火火,象征着好运。今年的农历新年是水兔年,水兔年象征着善良、真诚和好运,这将伴随我们走过2023年。

距离 2023 年农历新年只有一个月的时间,这是继新冠病毒袭击印度尼西亚约 2.5 年后的首次庆祝活动之一。当然,邦加岛的华人社区已经做好了一切准备迎接农历新年,从打扫房屋开始,到房间的每个角落都布置了带有红色的年货。

“我自己已经粉刷了房子,几乎75%的准备工作和我的家人都在迎接2023年的农历新年,”Afuk(来自邦加岛的华人社区,准确地说是Belinyu市的华人社区)说。

不仅打扫和装修房屋的准备工作由华人社区进行,包括我自己的家人在内的一些华裔华人已经提前订购了糕点和各种点心。甚至,还买了过年的新衣服为了与平时以不同的气氛出现在特别的日子里。

通常在迎接农历新年前,有几个重要的习俗需要准备好,

  1.  扫墓
  2.  在墓场进行祈祷
  3.  一起祈祷

除了以上三点之外,还有上面提到的其他一些重要的准备工作,比如打扫屋子,用红色调装饰屋子,迎接这个新春佳节。通常,不在原籍地的华人也会回到原籍地与家人团聚,与家人共度迎接新春。在农历新年前一天,通常会与原生家庭或大家庭聚餐,即俗称的团圆饭,大家聚在一起吃饭谈心,增进感情。团圆饭通常会很热闹,也是大多不在原籍地的人常常期盼期待的事,因为大多数家庭成员都会在同一时间返回原籍地团聚。

从以上可以看出,华人社区为筹备农历新年举办了很多精彩的活动,通常都会有与家人一起,以加强关系。并增加与家人相处的时间。进入2023年新年的一月后,很快就将经历水虎年向2023年农历新年水兔年的转变。我们在这里祝大家 2023 年农历新年快乐,愿所有美好愿望成真,心想事成,好运连连、幸福和健康永远伴随着我们所有人。

Penerjemah: Alyssa Febbyanda

Viola Vinata