Legenda Delapan Dewa Tiongkok (八仙)

Sumber: https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fid.wikipedia.org%2Fwiki%2FDelapan_Dewa_%2528Tiongkok

Pada masa Taoisme (Dinasti Han), terdapat sebuah legenda yang cukup populer di kalangan masyarakat Tionghoa. Legenda tersebut adalah legenda Delapan Dewa (八仙), yang berasal dari gunung Penglai (蓬莱山 Pénglái shān) yang terletak di kota Yantai, Provinsi Shandong, Tiongkok. Mereka dikenal sebagai dewa yang berhasil mencapai kesempurnaan, dan selalu menunjukkan kebahagiaan semasa hidupnya. Selain itu, mereka juga dikenal akan kesaktian yang mereka miliki ketika menyebrangi laut Tiongkok Timur. Delapan dewa tersebut adalah sebagai berikut:

  • 钟离权Zhōng Lí Quán

Zhōng Lí Quán lahir pada masa Dinasti Han, di dekat kota Xian, Shanxi. Ia memutuskan untuk pergi ke Gunung Zhongnan (周南山 – Zhōunán shān) untuk menjadi murid Dewa Li Tie Guai (李铁拐), yang belajar mengenai ilmu kedewaan. Setelah berhasil, ia diutus oleh Dewa Li untuk menolong umat manusia dari kemiskinan dan kelaparan dengan menggunakan ilmu tersebut.

  • 李铁拐 – Lǐ Tiě Guǎi

Lǐ Tiě Guǎi mengabdikan hidupnya untuk mempelajari ilmu kedewaan dan bermeditasi. Dikarenakan rohnya akan bertemu dewa, ia mengatakan kepada murid-Nya (Li Qing) untuk membakar raganya apabila ia belum kembali dalam waktu 7 hari. Namun, pada hari keenam, Li Qing sudah membakar raga gurunya, karena hendak menjenguk ibunya yang sedang sakit. Saat tiba kembali ke dunia, Li Tie Guai tidak menemukan raganya dan akhirnya ia masuk ke dalam tubuh seorang pengemis untuk menyembuhkan orang sakit dengan ilmunya.

  • 吕洞宾Lǚ Dòng Bīn

Pada awalnya, Lǚ Dòng Bīn merupakan seorang bupati pada masa kekaisaran Yi Zhong. Namun, akhirnya ia memutuskan untuk berhenti menjadi seorang bupati dan mulai mempelajari ilmu pedang dengan Zhong Li Quan (钟离权) di Gunung Zhongnan (周南山 Zhōunán shān). Setelah berhasil, ia naik ke langit dan menjadi dewa untuk menolong umat manusia. Selama menjadi dewa, ia seringkali menampakkan dirinya di sekitar sungai besar Yangtze untuk membantu umat manusia. 

  • 张果老 – Zhāng Guǒ Lǎo

Zhāng Guǒ Lǎo merupakan seorang petapa di Gunung Zhong Tiao (中條山 – Zhōngtiáo shān). Suatu hari, ketika ia memutuskan untuk turun gunung dan bertemu Kaisar Taizong dan Gaozhong, ia mendadak meninggal dunia dan tubuhnya membusuk dimakan oleh ulat. Namun uniknya, beberapa hari kemudian, Zhang Guo Lao diketahui sedang berada di Hengzhou. Ia kembali meninggal di Hengzhou dan dimakamkan oleh muridnya pada tahun 746M. Namun, setelah beberapa hari setelah dimakamkan, muridnya sadar bahwa makam gurunya kosong.

  • 何仙姑 – Hé Xiāng Gū

Hé Xiāng Gū lahir di Guang Zhou pada masa Dinasti Tang (618 – 907 M). Pada saat ia berusia 14 tahun, ia mengonsumsi serbuk mika yang membuat tubuhnya menjadi ringan dan melayang di atas puncak gunung. Kemudian, ia mengumpulkan buah dewa yang berada di puncak gunung untuk ibunya yang sudah tua. He Xiang Gu pun menyadari bahwa ada yang berubah dari tubuhnya, yaitu tidak membutuhkan makanan lagi.

  • 蓝采和 Láncǎihé

Sebelum menjadi dewa, Lan Cai He bertemu dengan Li Tie Guai yang melarangnya untuk belajar ilmu kedewaan. Namun, Lan Cai He justru menjadi dewa bersama dengan Li Tie Guai. Lan Cai He digambarkan sebagai seorang anak laki-laki yang memegang keranjang bambu yang penuh dengan bunga. Selain itu, ia juga membawa sepasang kastanet bambu. Ia diketahui mempelajari kedewaan bersama dengan Li Tie Guai.

  • 韩湘子 – Hán Xiāngzi

Hán Xiāng Zi bersama dengan Lǚ Dòng Bīn naik ke puncak pohon persik. Akan tetapi, Hán terjatuh dan menjadi dewa pelindung peramal dan para penyuling. Ciri khasnya adalah membawa 笛子 Dízi (seruling tradisional Tiongkok). Oleh karena itu, Han Xiang Zi juga dikenal sebagai pencipta karya musik pada masa Dinasti Tao (Tian Hua Yin).

  • 曹国舅 – Cáo Guó Jiù

Masyarakat Tionghoa sering menyebutnya sebagai Gongbo. Pada awalnya, ia merupakan seorang jenderal pada masa Dinasti Song dan akhirnya memutuskan untuk berhenti dan mulai melatih ilmu kedewaan bersama dengan Zhong Li dan Lu Dong. Setelah berhasil mencapai kedewaan, ia digambarkan sebagai seorang pejabat tinggi yang memegang alat pengiring musik.

Hingga sekarang, Legenda Delapan Dewa tersebut masih banyak dikenal oleh kalangan masyarakat Tionghoa. Mereka menyebutnya sebagai Eight Immortality (makhluk abadi). Masyarakat Tionghoa percaya bahwa kedelapan dewa tersebut akan menghukum para manusia yang berbuat jahat, dan akan menciptakan dunia yang penuh dengan kebaikan. 

Referensi :

Tan, H. (2015, September 03). Legenda 8 Dewa (八仙; baxian). Tionghoainfo. https://www.tionghoa.info/legenda-8-dewa-baxian/

Joged. (2011, November 04). Zhongli Quan. Smart ebookhttps://smart-pustaka.blogspot.com/2011/11/zhongli-quan-adalah-salah-satu-dewa.html

Logam. (Oktober 10). Asal Usul Marga Dewa Tie Guai Li (鐵拐李). Kebijakan (De). https://kebajikandalamkehidupan.blogspot.com/search?updated-max=2020-01-12T22%3A40%3A00%2B07%3A00&max-results=7#PageNo=2

(2021, Maret 05). Legenda 8 Dewa-Lu Dong Bin. Tao Tay Shang Men. https://taotsm.org/legenda-8-dewa-lu-dong-bin/

(2021, Maret 29). Legenda 8 Dewa-Lu-Zhang Gu Lao. Tao Tay Shang Men. https://taotsm.org/legenda-8-dewa-zhang-guo-lao/

(2021, Juni 09). Legenda 8 Dewa-He Xiang Gu. Tao Tay Shang Men. https://taotsm.org/legenda-8-dewa-he-xian-gu/

(2021, Mei 21). Legenda 8 Dewa-Cao Guo Jiu. Tao Tay Shang Men. https://taotsm.org/legenda-8-dewa-cao-guo-jiu/

中国八仙传说

在道教时期(汉代),有一个颇为流传的传说。华人社区之中。这个传说就是八仙传说,起源于位于中国山东省烟台市的蓬莱山。他们被称为完美的神,一生中总是表现出幸福。除此之外,他们还因穿越东海时的神通而闻名。八仙如下:

  • 钟离权

钟离权出生于汉代,山西西安附近。他决定去周南山成为李铁拐大师的弟子,和他们一起学习神圣知识。成功后,他被李神派去利用这些知识帮助人类摆脱贫困和饥饿。

  • 李铁拐

李铁拐一生致力于研究神圣知识和冥想。由于他的灵魂即将与上帝相见,他告诉弟子(李青)如果七日之内不回来,就烧掉他的身体。然而,第六天,李青因为要去看望生病的母亲,就烧掉了老师的尸体。当他回到人间时,李铁拐并没有找到他的身体,最终他进入了乞丐的身体,并用他的知识治愈了病人。

  • 吕洞宾

上一个吕洞宾最初是夷中帝国的摄政王。但最终他决定不再当摄政王,开始学习剑术。与钟离权在周南山。成功后,他升入了天空,成为了帮助人类的神。他在成神的时候,经常出现在长江流域周围,帮助人类。

  • 张果老

张果老是中条山的一位隐士。一日,当他决定下山拜见太宗、高忠时,突然去世。他腐烂的尸体被虫子吃掉了。然而不同的是,几天后,张果老在衡州被发现。公元746年,他再次病逝于衡州,由弟子安葬。然而,下葬几天后,学生们发现老师的坟墓空了。

  • 何仙姑

何香谷出生于唐代(公元618-907年)的广州。 14岁时,他服下云母粉,身体变得轻盈,飘浮在山顶上。然后他在山顶摘了一颗神奇的果实,送给了他的老母亲。何香谷也发现自己的身体发生了变化,那就是不再需要食物了。

  • 蓝采和

蓝采和在成神之前遇到了李铁拐,李铁拐禁止他学习神学。然而,蓝采和竟然和李铁拐成了神。蓝采和被描绘成一个拿着装满鲜花的竹篮的男孩。除此之外,他还带来了一对竹乐器。众所周知,他师从李铁拐。

  • 韩湘子

韩湘子和吕洞宾一起爬到了桃树顶。然而韩氏倒台并成为占卜之神和附属器。其特点是承载笛(中国传统笛子)。因此,韩湘子也被称为道代音乐作品的创造者(天华音)。

  • 曹国舅

中国人常称其为工博。他原本是宋朝的一名将军,最终决定退出,与他一起修行神识。钟莉 还有吕东。成功获得神性后,他被描绘成拿着音乐伴奏的高官。

直到现在,八仙的传说仍然在华人社会中广为人知。他们称之为八仙(不朽的在)。中国人相信,这八位神仙将惩罚作恶的人类,创造一个充满善良的世界。

Calrsen Cyntia