Kode Angka Gaul yang Dipakai Para Remaja di Tiongkok

https://www.penuliscilik.com/arti-kode-530-ekspresi-dalam-angka-di-china/ 

Beberapa orang pasti sudah terbiasa belajar bahasa Mandarin atau yang biasa disebut dengan hanyu (汉语). Tapi, pernahkah kalian mendengar bahasa gaul yang sering dipakai oleh remaja Tiongkok? Setiap bahasa pastinya memiliki bahasa gaul. Menurut KBBI, bahasa gaul merupakan sebuah kata yang informal yang digunakan oleh komunitas atau orang tertentu tergantung daerah dan juga pergaulan. Contohnya, dalam bahasa Indonesia, main bareng menjadi mabar, sedangkan dalam bahasa Inggris on the way menjadi OTW dan for your information menjadi FYI. Sekarang, apakah kalian sudah tertarik dengan bahasa gaul yang terkenal di kalangan remaja Tiongkok? 

Berbeda dengan bahasa gaul yang terdapat di berbagai macam negara, negara yang dikenal mempunyai panda ini justru memakai sebuah angka sebagai kode jika seseorang ingin menuliskannya secara cepat. Sebenarnya,  kode seperti ini dapat sering ditemui di dalam drama Tiongkok yang baru tentang kisah cinta anak remaja. Selanjutnya, kita akan membahas kode-kode yang digunakan oleh remaja Tiongkok.

Yang pertama adalah kode 88 (bā bā). Kode ini dipakai jika seseorang ingin mengakhiri sebuah chat dengan orang lain karena pengucapan bā bā sama dengan byebye. Yang kedua adalah kode 555 (wǔ wǔ wǔ). Kode ini dipakai ketika seseorang merasa sedih dan ia ingin membalasnya dengan singkat. Kode wǔ wǔ wǔ akan dipakai karena nadanya sama dengan nada orang menangis. Yang ketiga adalah kode 666 (liù liù liù). Kode ini dikirim untuk menyemangati seseorang yang ingin membangun usaha atau ingin mengerjakan sesuatu agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. Kode tersebut melambangkan hubungan yang lancar dan harmonis. Ada suatu ucapan dari negara Tiongkok yang populer, yaitu 六大 (liù liù dà shùn) yang berarti semuanya akan berjalan dengan lancar. Yang keempat adalah 748 (qī sì bā). Kode ini sering dipakai oleh kalangan anak muda karena kode ini merupakan kode yang lumayan kasar. Ketika seorang remaja dibuli atau diisengi oleh orang yang tidak ia sukai, maka ia akan mengirimkan kode ini yang berarti ‘Sana meninggal!’ Kode tersebut sama nadanya dengan qù sǐ ba! yang berarti ‘Pergi, mati!’ atau ‘Mati, sana!’ Yang kelima adalah 520 (wǔ èr líng). Ini merupakan kode yang sangat terkenal yang sering digunakan oleh remaja ketika ia jatuh cinta kepada seseorang. Ketika seorang remaja ingin menyatakan cintanya, maka ia akan mengirim kode ini. Kode ini memiliki arti aku cinta kamu karena wǔ èr líng memiliki kata dan nada yang mirip dengan wǒ ài nǐ.  Masih berhubungan dengan cinta, kode yang juga sering dipakai adalah 530 sān líng. Para remaja memakai kode ini ketika mereka merindukan seseorang, baik itu keluarga maupun kekasihnya. Kode ini mempunyai arti aku kangen kamu karena sān líng dan wǒ xiǎng nǐ memiliki cara baca yang sama.

Itulah kode-kode angka bahasa gaul yang sering digunakan remaja Tiongkok. Setelah mengetahuinya, kalian akan semakin tertarik dengan apa saja yang ada di negara Tiongkok dan terus mencari tahu tentang kebudayaan Tiongkok.

Referensi:

Angka beruntung hoki dan sial menurut feng shui cina. (2018, January 27). Tahunbaruimlek.com. Retrieved September 30, 2022, from https://tahunbaruimlek.com/angka-beruntung-hoki-dan-sial-menurut-feng-shui-cina/

Arti kata gaul – Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). KBBI. Retrieved September 30, 2022, from https://kbbi.web.id/gaul

Home. (2018, December 5). YouTube. Retrieved September 30, 2022, from https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrxysxgHoViijwAKwDLQwx.;_ylu=Y29sbwNzZzMEcG9zAzIEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1652920032/RO=10/RU=https%3a%2f%2fmandarinme.com%2f35-kode-angka-bahasa-mandarin-gaul-lengkap-dengan-artinya%2f/RK=2/RS=AGFpIdvRgZmJHla7JV.1m3UkqFQ-

中国青少年使用的俚语数字代码

有些人已经习惯学习中文或通常所说的汉语。但是,你听说过中国青少年常用的俚语吗?每种语言当然有俚语。根据 KBBI,俚语是特定社区或个人根据地区和协会使用的非正式词。例如,在印尼语中,一起玩变成了 mabar,在英语,在路上变成了 OTW,供您参考变成FYI。现在,您对中国青少年流行的俚语感兴趣吗?

跟其它的国家俚语不同,这个以熊猫出名的国家,如果有人想快速写下来,实际上是用数字作为代码的。事实上,这种暗号经常出现在关于青春爱情故事的新中国剧中。接下来,我们来讨论中国青少年使用的代码。

第一个代码是 88 (bā bā)。如果有人想结束另一个人的聊天,则使用此代码,因为八八 (bā bā) 的发音和拜拜 (byebye) 相同。第二个代码是 555(wǔ wǔ wǔ)。当某人感到难过并想简短回复时使用此代码。将使用 wǔ wǔ wǔ 的代码,因为语气与人们哭泣的语气相同。

第三个代码是 666(liù liù liù)。发送此代码是为了鼓励想要​​建立业务或想要做某事的人,以便一切顺利进行。这个代码象征着顺畅和谐的关系。中国有句俗语六六大顺(liù liù dà shùn),意思是一切可以顺顺利利。

第四个是 748 (qī sì bā)。这个代码经常被年轻人使用,因为这个代码是一个相当粗糙的代码。当一个少年被他不喜欢的人欺负或取笑,他会发送这个代码,意思是“去死了!”这个代码与去死吧(qùsǐ ba)的音调相同!这意思就是“去,死” 或 “去死吧!”

第五个是520(wǔ èr líng)。这是一个非常有名的代码,青少年在爱上某人时经常使用它。当一个少年想要表达他的爱时,他会发送这个代码。这个代码意味着我爱你,因为 wǔ èr líng 有一个类似于 wǒ ài nǐ 的词和声调。

仍然与爱情有关,也经常使用的代码就是 530 wǔ sān líng。青少年在想念某人时会使用的代码,无论是他们的家人还是情人。这段代码表示我想念你,因为 wǔ sān líng 和 wǒ xiǎng nǐ 读法相同。

这些是中国青少年经常使用的俚语数字代码。了解之后,你就会对中国的情况更加感兴趣,继续了解中国文化。

Penerjemah: Leonardo Alonso Kweek

Abelargo Rafhael Azis