WELCOMING PARTY BINUS MANDARIN CLUB “Pandas’ Mountain Quest: Unite for Adventure!”

Minggu, 01 Oktober 2023 merupakan hari yang penuh kegembiraan karena telah diadakannya acara Welcoming Party oleh BNMC. Acara ini diselenggarakan di Atrium Kampus BINUS Alam Sutera dan sukses besar menyambut para peserta dengan meriah. Acara yang dihadiri oleh 125 peserta dari berbagai jurusan ini menjadi ajang untuk memperkenalkan dan menyambut anggota baru BNMC angkatan ke-25.

Dengan mengusung temaPandas’ Mountain Quest: Unite for Adventure!, acara ini dipenuhi dengan dekorasi yang ceria dan hiburan menarik yang disesuaikan dengan tema tersebut. Para peserta yang datang juga disambut oleh 哥哥姐姐 BNMC selaku komite penyelenggara yang mengenakan berbagai atribut panda. Para peserta kemudian didampingi oleh PIC kelompoknya untuk duduk dan berkenalan dengan sesama anggota kelompok sebelum acara dimulai.

 

Sesuai dengan agenda, acara dibuka dengan sambutan hangat dari kedua MC, yaitu Kevin Lie dan Willson. Setelah sambutan dari MC, terdapat kata sambutan dari Project Manager Welcoming Party yaitu Gwenda Tannia Suryasamudra dan kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Umum BNMC yaitu Nethania Catrice Tiovilda. Selanjutnya, ada juga sesi penayangan video tentang perkenalan BNMC kepada para peserta yang hadir. Setelah menonton video tersebut, MC juga memberikan kuis singkat kepada penonton tentang isi video yang diputar sebelumnya. Setelah itu, sesi dilanjutkan dengan pengumuman dan mekanisme tentang lomba yang diadakan untuk mengakrabkan para anggota baru BNMC, yaitu lomba posting Instagram Kreatif dan lomba menemukan Yu Mu dengan memenangkan permainan di berbagai booth yang telah disediakan. Setiap pemenang di permainan booth akan diberikan petunjuk tentang siapakah Yu Mu diantara orang-orang yang ada di acara tersebut.

Pada pertengahan acara, terdapat special performance dari Red Silk Dance Group, yang merupakan tim tari BNMC. Selanjutnya, peserta pun akan memasuki sesi games yang dibuka dengan penayangan video pembukaan games dan pembacaan aturan-aturan serta cara bermain games yang telah dibuat oleh komite penyelenggara. Pada games sesi pertama, peserta mulai memainkan games untuk mendapatkan petunjuk tentang Yu Mu. Kelompok peserta yang kalah pada sesi ini tidak akan mendapatkan petunjuk untuk mencari Yu Mu. 

Terdapat banyak pilihan games pada sesi pertama, sehingga peserta masih memiliki banyak kesempatan mendapatkan petunjuk tentang Yu Mu. Salah satu games pada sesi pertama adalah cup stacking. Peserta harus membangun suatu piramida dengan gelas plastik menggunakan tali yang terikat ke karet. Karet tersebut disambungkan dengan sebanyak 10 tali, sehingga karet akan melebar jika ditarik oleh 10 peserta. Kekompakan para peserta sangat diukur pada game ini. Para peserta diminta untuk mengambil gelas plastik dengan karet terikat tali tadi dan menumpuknya menjadi suatu piramida tanpa terjatuh sekalipun. Games sesi pertama pun berakhir dengan sesi ISHOMA. Pada sesi ini, peserta ditemani oleh masing-masing PIC kelompok untuk beristirahat dan makan siang.

Setelah sesi ISHOMA, acara mulai dimeriahkan lagi dengan dimulainya games sesi kedua. Tingkat kesulitan pada games sesi kedua lebih meningkat, namun petunjuk yang didapatkan untuk mencari Yu Mu pun semakin banyak. Peserta berlomba-lomba untuk memenangkan setiap permainan agar petunjuk yang didapatkan semakin banyak dan memudahkan kelompoknya dalam menemukan Yu Mu.

Setelah permainan games yang panjang, peserta diperkenankan untuk mencari Yu Mu dengan petunjuk-petunjuk yang telah dikumpulkan. Petunjuk yang diberikan kepada peserta adalah bentuk dan ciri dari seseorang, sehingga peserta mulai mencari karakter yang sesuai dengan petunjuk.

Setelah Yu Mu ditemukan, acara dilanjutkan dengan performance dari Little Dragon Vocal Group yang juga merupakan salah satu komunitas dari BNMC. Ada juga sesi sharing yang dibawakan oleh Nathanael Geoffrey Hanjaya selaku alumni BNMC angkatan 22. Sesi sharing bercerita tentang apa saja acara BNMC yang diikuti oleh alumni dan pengalaman-pengalaman berkesannya selama 2 tahun aktif berada di BNMC.

Kita pun sampai di penghujung acara. Kedua MC mulai membacakan pengumuman pemenang lomba mencari Yu Mu dan lomba posting Instagram kreatif. Setelah itu, panitia pun menyerahkan hadiah dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama dengan para pemenang.

Peserta kemudian dipersilakan untuk mengisi exit ticket. Acara pun ditutup dengan doa dan beberapa kata penutup dari MC. Setelah itu, seluruh peserta yang hadir bersama dengan para panitia melakukan dokumentasi bersama untuk mengabadikan momen Welcoming Party BNMC 2023.

Frenky Tay