Mengenal Barongsai atau Lion Dance (舞狮)

Photo by EL JOHN News: https://eljohnnews.com/tim-barongsai-kong-ha-hong-raih-juara-dunia-dalam-xi-world-lion-dance-championship/

Pertunjukan barongsai atau dikenal sebagai Lion Dance (舞狮 wǔshī) ini sering ditemukan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Barongsai merupakan sebuah pertunjukan dengan pakaian atau topeng singa yang berasal dari Tiongkok. Menurut kepercayaan tradisional Tiongkok, singa memiliki simbol keberanian dan dipercaya dapat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan. Pertunjukkan barongsai ini dapat ditemukan pada peresmian usaha, perayaan imlek, dan acara lainnya.

Pakaian atau kostum yang digunakan oleh barongsai umumnya berwarna cerah yang dipadukan dengan bulu halus serta kain silver atau gold yang berkerkilap. Setiap satu kostum barongsai umumnya digunakan oleh dua orang. Satu orang akan berpakaian sebagai bagian depan atau kepala singa, dan satu lagi menjadi bagian belakang atau ekor singa. Pertunjukan barongsai pastinya tidak hanya ditarikan singa saja, namun juga akan diiringi oleh permainan musik yang terdiri suara simbal, gong, dan drum yang akan mengiringi gerakan tari singa. 

Sejarah barongsai atau lion dance yaitu berasal dari Dinasti Tang (618-906 M) dimana seorang Kaisar bermimpi mengenai binatang warna-warni yang menyerupai singa. Setelah bangun dari mimpi, kaisar meminta para menteri untuk membuat dan meniru binatang keberuntungan tersebut sehingga keberadaan singa keberuntungan ini pun bermula dari Dinasti Tang.

Barongsai memiliki banyak jenis warna, seperti barongsai yang berwarna putih, hitam, merah, hijau, emas, dan kuning, di mana setiap warna memiliki artinya sendiri. Warna putih melambangkan kesucian, warna hitam memiliki makna keingintahuan yang tinggi, warna hijau memiliki lambang pertemanan, warna merah melambangkan keberanian, warna kuning melambangkan keberuntungan dan ketulusan hati, dan warna emas melambangkan kegembiraan.

Budaya barongsai telah melekat di Indonesia karena adanya masyarakat Tionghoa yang melestarikan budaya ini. Maka dari itu, kemunculannya diberbagai acara dengan berbagai warna yang memiliki makna dipercaya dapat mengusir roh jahat dan mengundang keberuntungan kepada kita semua. Walaupun budaya ini telah ada sejak lama, budaya barongsai masih terjaga dengan baik sampai sekarang.

 

舞狮

舞狮表演经常能在印尼生活当中见到。舞狮是起源于中国穿着狮子服装或面具的表演。根据中国传统信仰,狮子象征着勇敢,被认为可以驱邪,迎来好运。舞狮表演通常能在开业典礼,过年,和别的活动上见到。

舞狮服装通常色彩鲜艳,用细毛和闪亮的银布或金布制作而成。每一只舞狮服装的狮子通常由两个人穿。一人穿为狮子的前门部分,另一人为狮子尾部。舞狮表演当然不止有狮子而已,也有铙钹和锣鼓。铙钹和锣鼓会伴着舞狮的舞法。

舞狮的历史起源于唐朝(公元 618-906 年),当时一位皇帝梦里出现一只五彩缤纷像狮子动物。梦醒后,皇上吩咐大臣们制作、仿造瑞兽。所以这舞狮的存在,是从唐朝开始的。

舞狮拥有着各种各样的颜色, 有白色,黑色,红色,绿色,金色,黄色多种颜色。每一种演示都拥有着不同的意义。白色代表纯洁,黑色代表高度好奇,绿色代表着友谊,红色代表着勇气, 黄色代表幸运和真诚, 金色代表着欢乐。

舞狮文化是印度尼西亚固有的,因为有华人传承这份文化。因此,各种各样颜色的舞狮出现在任何场合会被认为可以驱邪,为我们所有人带来好运。尽管这种文化由来已久,但舞狮文化至今仍保存完好。

 

Referensi 

https://batam.tribunnews.com/2020/01/18/6-makna-warna-barongsai-serta-jenisnya-yang-kerap-tampil-di-perayaan-imlek-dari-merah-sampai-kuning?page=all

https://mislanguageschool.co.id/kursus/bahasa-mandarin/artikel/3/lion-dance-singa-yang-menari-untuk-mengusir-roh-jahat

Alyssa Febbyanda