Klenteng Sam Poo Kong: Akulturasi Budaya dan Agama di Pulau Jawa

Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi wisata yang paling populer di Semarang. Klenteng ini memiliki sebutan Gedung Batu Temple karena bentuknya menyerupai gua batu besar yang berada di sebuah bukit batu. Klenteng ini terletak di Jl. Simongan Raya No. 129, Semarang, Jawa Tengah. Salah satu tujuan didirikannya klenteng ini adalah untuk mengenang Laksamana Zheng He (Cheng Ho). Laksamana Zheng He sendiri merupakan seorang Laksamana Tiongkok yang beragama Islam. Ia terlahir dengan nama Ma San Bao. Mengapa klenteng ini dinamakan Sam Poo Kong adalah karena dalam dialek Hokkian, Sam Poo Kong / San Bao Dong (Mandarin) artinya adalah gua San Bao.

Selain itu klenteng ini juga sering digunakan oleh masyarakat Tionghoa sebagai tempat beribadah sekaligus tempat berziarah. Klenteng ini dibangun pada tahun 1724 dan memiliki bangunan serta arsitektur yang khas dan bersejarah. Hal unik yang terdapat di klenteng ini adalah meskipun bentuk bangunan dan arsitekturnya bergaya Tionghoa, namun di dalam klenteng ini terdapat masjid dan bedug sebagai saksi bisu akulturasi budaya dan agama di Pulau Jawa. Klenteng sendiri merupakan tempat sembahyang umat Tridharma, yaitu penganut Konghucu, Buddhisme, dan Taoisme. Biasanya umat Tridharma yang mengunjungi klenteng ini akan sembahyang sekaligus untuk mengucap syukur atas berkat yang telah diberikan kepada mereka.

Dilansir dari situs resmi sampookong.co.id, asal mula Klenteng Sam Poo Kong yaitu banyak awak kapal Laksamana Zheng He yang jatuh sakit saat mereka sedang berlayar dan melintasi Laut Jawa. Akhirnya, Laksamana Zheng He merapat ke Pantai Utara Semarang, yaitu Pantai Simongan karena juru mudinya, Wang Jing Hong, sakit keras. Sebuah gua batu dijadikan tempat beristirahat Zheng He dan mengobati Wang Jing Hong. Lalu, Zheng He melanjutkan pelayaran ke Timur untuk menuntaskan misi perdamaian dan perdagangan keramik serta rempah-rempah.

Selama di Simongan, Wang memimpin anak buahnya menggarap lahan, membangun rumah dan bergaul dengan penduduk setempat. Demi menghormati pimpinannya, Wang mendirikan patung Zheng He di gua batu tersebut untuk dihormati dan dikenang masyarakat sekitar. Inilah asal muasal dibangunnya Klenteng Sam Poo Kong di Semarang.

Terdapat tujuh bangunan unik yang biasanya difungsikan sebagai tempat paling bersejarah di Klenteng Sam Poo Kong yang terbuka untuk umum, baik yang berwisata maupun beribadah.

Pertama, Tempat Pemujaan Dewa Bumi. Umat biasanya berdoa kepada Tian (Tuhan / langit) lalu kepada Tei (dewa bumi) untuk meminta kesuburan tanah, hasil panen yang berlimpah dan bebas hama, kesehatan, keselamatan, dagangan laris, hidup damai dan makmur.

Kedua, Makam Kyai Juru Mudi. Nahkoda armada Zheng He yang bernama Wang Jing Hong datang ke Pulau Jawa untuk kedua kalinya mendadak jatuh sakit lalu meninggal pada usia 87 tahun dan dimakamkan di samping gua Sam Poo Kong atau dikenal dengan sebutan Makam Kyai Juru Mudi.

Ketiga, Tempat Pemujaan Sam Poo Kong sebagai tempat utama bagi umat yang ingin sembahyang pada Sam Poo Kong. Dinding luar gedung dihiasi oleh relief batu yang menceritakan kisah perjalanan Laksamana Zheng He selama kurang lebih 30 tahun di abad ke-15. Bebatuan yang digunakan untuk relief ini berasal dari Tiongkok. Sementara ukirannya dikerjakan oleh seniman Bali.

Keempat, Makam Kyai Djangkar, Tempat Pemujaan Kong Hu Cu dan Rumah Arwah Hoo Ping. Di gedung ini ada tiga tempat pemujaan. Paling kiri ada Makam Kyai Djangkar. Banyak orang datang untuk meminta berkah baik untuk usaha maupun kerja. Di tengah, ada tempat pemujaan untuk pendiri agama Kong Hu Cu. Kemudian di sisi paling kanan ada Rumah Arwah Hoo Ping atau tempat arwah orang meninggal yang tidak dirawat oleh keluarganya dan ditampung di sini untuk didoakan yang diperingati tiga kali dalam setahun: sehari sebelum Imlek, saat Cheng Beng dan saat upacara Jit Gwee.

Kelima, Tempat Persembahan Nyai Cundrik Bumi. Nyai Cundrik Bumi adalah sebuah nama senjata yang digunakan oleh pasukan Zheng He. Dulunya, area ini dijadikan tempat penyimpanan dan perawatan pusaka. Namun sekarang hanya menjadi simbolisasi saja. Sudah tidak ada pusaka yang tersisa di sini.

Keenam, Pohon Rantai. Mendongaklah ke atas dan lihat keunikan pohon yang satu ini. Bentuk dahannya menyerupai rantai atau tambang kapal.

Ketujuh, Tempat Kyai Nyai Tumpeng. Kyai Nyai Tumpeng adalah putri dari Tiongkok yang dibawa oleh Zheng He untuk membantu memasak di kapal.
Uniknya, di dalam Gedung Batu ini juga terdapat sumur berisi mata air yang dianggap suci dan kerap dimanfaatkan oleh umat maupun pengunjung yang ingin minta rezeki dalam berdagang, bertani, kesembuhan dari sakit, serta sebagai air siraman supaya pernikahannya lancar dan langgeng. Konon, air ini tidak boleh digunakan untuk bersumpah, perceraian atau sebagai air minum.

Sumber Referensi :

Daftar Bangunan


https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kelenteng_Sam_Poo_Kong
https://paketwisatajogja75.com/paket-wisata-jogja-klenteng-sam-poo-kong-semarang/

三保洞庙堂:爪哇岛的文化和宗教

三保洞庙堂是三宝垄最受欢迎的旅游地点之一。三保洞庙堂被称为三保洞,因为它的形状类似于岩石山上的一个大石窟。这个座神庙位于三宝垄的Simongan Raya路第129号。建立这座庙宇的其中一个目的是纪念郑和海军上将。郑和海军上将是一位信奉穆斯林的中国海军上将。他以马三宝的名字出生。这座庙宇之所以被称为三宝庙,是因为在福建话中,三保洞庙堂/三保洞的意思就是三保洞窟。
此外,华人经常将这座庙宇用作礼拜和供奉场所。这座庙宇建立于1724年,并拥有着与众不同的历史建筑。这座寺庙的独特之处在于,即使建筑物的风格是中国风格,但庙宇里面却有着作为爪哇岛文化和宗教代表的清真寺和鼓楼。寺庙本身是为儒教、佛教和道教这三教的礼拜场所。通常,参观这座庙宇的三教会在那儿礼拜并感谢他所给予他们的保佑。
从三保洞庙堂的官方网站sampookong.co.id上报道,郑和海军上将的许多船员在越过爪哇海时病倒。最后,因为郑和海军上将的舵手王景弘身患重病,所以郑和海军上将停靠在三宝垄的北海岸,即西蒙甘海滩。郑和将一座石窟当作自己休息和医治王景弘的地方。然后,郑和继续向东方航行,完成了和平任务,并进行了陶瓷和香料贸易。
在西蒙甘这期间,王景弘带领他的手下耕种土地、盖房子并与当地居民打成一片。为了尊重他的领袖,王景弘在石窟中建立了郑和的雕像,以被当地的居民尊敬和纪念。这就是三宝庙建立在三宝垄的起源。
三保洞庙堂有七座独特的建筑,它们通常被当作是三保洞庙堂中最古老的地方。而且游客可以在那儿旅游和礼拜,因为它们是向公众开放的。
第一座,土地公神灶。人们通常先向天 (上帝/天空) 祈祷,然后向地 (土地公) 祈祷,祈求土壤肥沃、农作物丰富且无害虫、生活健康、平安、富裕和繁荣。
第二座,船舡爷庙,舵手王景弘之墓。郑和舰船的舵手王景弘第二次来到爪哇时突然病倒,享年87岁,葬于三保洞旁或被称为王景弘之墓。
第三座,作为人们祈祷的主要礼拜场所,三保洞大殿。建筑的外墙有着石雕,而石雕上讲述了郑和海军上将在15世纪大约30年的历程。这些石雕所用的石头来自中国。而雕刻是由巴厘岛艺术家完成的。

第四座,铁锚庙,孔子庙和和平墓地。这座建筑有着三个礼拜场所。最左侧的铁锚庙供奉有郑和船队使用的铁锚,许多人来求生意和工作的保佑。中间的孔子庙是儒教创始人的礼拜场所。最右边的是和平墓地或者是不被家人治疗的逝者的墓地。他们被安置在这里进行祈祷仪式,每年举行三次:除夕、清明节和七月十五的中元节。

第五座,福兴庙,这里供奉郑和使用过的关刀。以前,这里被用作传家宝的存放和修理场所。但是现在这只是一个象征,因为这里已经没有任何传家宝了。

第六座,链树。抬起头看看这棵树的独特性。它的分支的形状类似于铁链或缆绳。

第七座,汉丽宝的所在地。汉丽宝是郑和舰船的中国女厨。

独特的是,在三保洞里有装着神圣泉水的井。信徒和游客都在那口井上祈求在贸易、农业、健康中的保佑。而且井中的泉水被认为能够使婚姻幸福美满。这种水不能被用作宣誓、离婚和饮用。

Penerjemah : Jasmin Anderson

Stevanny