Makna Warna Dalam Budaya Tiongkok dan Fengsui

https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/x/photo/2019/04/14/2421635623.jpg

Warna merupakan hal yang sangat penting di dalam hidup kita. Tanpa warna, hidup akan terasa membosankan karena tidak adanya ekspresi yang keluar dari dalam diri kita. Dalam kegiatan sehari-hari kita pasti memilih warna-warna yang sesuai dengan selera kita seperti pada saat membeli pakaian pastinya kita melihat warnanya terlebih dahulu di samping kualitas pakaian tersebut, atau ketika membeli peralatan dapur, pemilihan warna rumah, dan masih banyak lagi.

Warna sendiri tidak hanya sekedar untuk dilihat saja, tetapi warna-warna yang kita pilih juga memiliki maknanya sendiri seperti bendera Indonesia yang mengambil warna merah memiliki makna keberanian (raga manusia) dan putih memiliki makna kesucian (jiwa manusia). Jika kita melihat dari budaya Tiongkok sendiri, pemaknaan akan warna pada budaya Tiongkok memiliki perbedaan makna dengan Indonesia, seperti warna putih yang dianggap oleh Indonesia merupakan lambang kesucian, tetapi di budaya Tiongkok sendiri dimaknai sebagai lambang kegagalan, sehingga kita perlu mengetahui makna-makna dari setiap warna dari pandangan budaya Tiongkok dan fengsuinya agar kita tidak melakukan suatu kesalahan yang fatal.

Warna dalam budaya Tiongkok sendiri memiliki pengertian yang sangat dalam karena didasarkan dengan elemen-elemen yang menggambarkan yin & yang, seperti shui (air), huo (api), mu (kayu), chin (logam), dan tu (tanah). Berikut adalah makna-makna dari warna sendiri berdasarkan budaya Tiongkok dan fengsuinya.

Warna merah merupakan warna yang memiliki unsur elemen api (huo), yang di mana memiliki makna kegembiraan, pengharapan, keberuntungan, kemakmuran, dan juga kebahagiaan. Jadi dapat dikatakan bahwa jika suatu ruangan kerja diberikan warna merah maka ruangan kerja tersebut akan membawakan keberuntungan sehingga mereka akan mendapatkan laba yang sangat banyak.

Warna putih merupakan warna yang berunsurkan elemen logam (chin), yang memiliki makna kedukaan atau kesucian sehingga membuat warna putih seringkali tidak dipergunakan karena memiliki makna yang buruk walaupun di dalamnya memiliki makna yang baik. Tetapi berdasarkan fengsui, warna putih dapat memberikan energi yang baik antarkaryawan untuk membangun relasi yang baik. Hal tersebut dikarenakan warna putih mengandung elemen logam (chin) yang dapat membuat hubungan baik antarsesama.

Warna hijau merupakan warna yang berelemen kayu (mu), yang memiliki arti panjang umur, keabadian, kehidupan, dan pertumbuhan. Warna hijau sendiri juga memiliki makna yang negatif, seperti iri hati dan kebohongan.

Warna kuning adalah warna yang berunsurkan tanah (tu), yang bermakna kekuatan, keemasan, kemuliaan, dan kekuasaan. Dalam fengsui, warna kuning yang digunakan di ruangan dapat memberikan energi kemakmuran dan kejayaan bagi pemiliknya.

Warna hitam adalah elemen air (shui), sering dimaknai sebagai keputusasaan dan kematian, tetapi warna hitam sendiri pun memiliki energi yang positif di dalam fengsui, yaitu memberikan energi keanggunan abadi di dalam rumah.

Warna biru adalah salah satu warna yang tidak memiliki elemen unsur apa pun sehingga warna ini sering dikaitkan dengan para dewa-dewi. Menurut fengsui, warna biru sendiri memberikan energi yang positif pada suatu ruangan, seperti kesejukan, kedamaian, dan ketenangan.

Setelah mengetahui berbagai makna warna berdasarkan budaya Tiongkok dan fengsui, kita diharapkan dapat memilih warna sebaik mungkin agar kita tidak mendapatkan kesialan dalam kehidupan.

Referensi:

Moedjiono. (2011). RAGAM HIAS DAN WARNA SEBAGAI SIMBOL DALAM ARSITEKTUR CINA, 11.

Pribadi, S. S. (2010). PENGARUH WARNA TERHADAP KEBUDAYAAN BAGI MASYARAKAT TIONGHOA.

Sbmi, R. (2019, January 31). Mengenal Makna Warna Dalam budaya tiongkok. Pusat Sumber Daya Buruh Migran. Retrieved April 11, 2022, from https://buruhmigran.or.id/2016/04/19/mengenal-makna-warna-dalam-budaya-tiongkok/

Walujo, M. M., & Mulyono, G. (2014). Penerapan Fengshui Aliran Bentuk Pada Interior Kantor “X”, 2.

中国文化与风水色彩的意义

颜色在我们的生活中非常重要。 没有色彩,生活会很无聊,因为我们没有表情。在我们的日常活动中,我们肯定会选择适合自己的风格的颜色,比如买衣服的时候,除了衣服的质量,我们当然首先看颜色,或者买厨具的时候,选择房子的颜色还是其他的。

颜色本身不仅可以被看到,我们选择的颜色也有自己的含义,例如印度尼西亚国旗采用红色表示勇气(人体),白色表示纯洁(人的灵魂。如果我们看中国文化本身,中国文化中颜色的含义与印度尼西亚有不同的含义,比如白色被印度尼西亚认为是纯洁的象征,但在中国文化本身中却被解释为失败的象征,所以我们需要从中国文化和风水的角度来了解每种颜色的含义,以免犯下致命的错误。

红色是一种具有火(huǒ)元素的颜色,它意味着快乐、希望、幸运、繁荣和幸福。所以可以说,如果给一个工作室一个红色,那么这个工作室就会带来好运,这样他们就会获得很多利润。

白色是一种含有金属(Jīnshǔ)元素的颜色,它具有哀悼或圣洁的含义,因此通常不使用白色,因为它具有不好的含义,即使它也有很好的意义。 但据冯随说,白色可以给员工之间提供良好的能量,以建立良好的关系。 这是因为白色含有金属(Jīnshǔ)元素,可以使彼此之间产生良好的关系。

绿色是一种带有木(mù)元素的颜色,寓意长寿、不朽、生命和成长。 绿色本身也有负面含义,例如嫉妒和谎言。

黄色是一种以大地为基础的颜色,意味着力量、黄金、荣耀和权力。在风水学中,房间使用的黄色可以给人们带来繁荣和荣耀的能量。

黑色是水元素,常被解读为绝望和死亡,但黑色本身在风水中也有正能量,赋予房子永恒优雅的能量。

在了解了基于中国文化和风水的颜色的各种含义之后,我们希望能够尽可能地选择颜色,这样我们就不会在生活中倒霉。

Penerjemah: Devin Isnaneti

 

Harris Kristanto Wahyudi Thambrin