Budaya Pendidikan di Tionghoa

These Chinese School Uniforms Have Korean Students Super Jealous

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam pembentukan karakter sehingga dapat mengembangkan potensi diri hingga maksimal. Tiongkok menerapkan sebuah sistem yang merepresentasikan kebudayaan mereka. Sama seperti kebanyakan SMA di Indonesia, di Tiongkok, mereka mulai sekolah pada pukul 7 pagi. Tetapi, letak perbedaannya terdapat pada waktu pulang sekolah. Rata-rata sekolah di Indonesia memiliki waktu pulang pukul 3 sore. Sedangkan di Tiongkok, mereka pulang pada pukul 9 malam. Kira-kira apa saja aktivitas yang dilakukan oleh para murid Tiongkok dengan waktu selama itu di sekolah? 

Sebenarnya, yang mereka lakukan dalam waktu selama itu adalah belajar. Tetapi, di sekolah Tiongkok, terdapat sebuah keunikan, yaitu mereka bisa mendapatkan tidur siang pada jam 12 siang. Hal ini dilakukan agar murid yang mengantuk sehabis jam makan siang dapat istirahat dan saat terbangun, mereka akan merasa lebih segar. Selain itu, banyak sekolah di Tiongkok yang memperbolehkan muridnya untuk membeli makanan di luar sekolah. Setiap jam istirahat, para murid akan pergi ke luar sekolah untuk membeli jajanan atau ke foodcourt yang terdapat di dekat sekolah.

Sebelum memulai pelajaran, setiap murid harus berdiri dan menunduk sambil berkata “Halo guru”. Di akhir pelajaran, setiap murid harus berkata “Terima kasih guru” sebagai bentuk hormat. Sekolah Tiongkok juga memiliki sesi olahraga yang memberikan banyak manfaat untuk murid yang belajar selama berjam-jam. Olahraga ini bisa dijadikan sebagai cerminan dari kebudayaan Tiongkok seperti disiplin dan keseragaman.

Walaupun terkesan sangat ketat, sebenarnya sistem pendidikan Tionghoa ini memiliki beberapa hal positif. Seperti diberlakukannya sesi belajar mandiri hingga malam, sesi ini dapat dimanfaatkan oleh para murid agar tetap fokus dalam situasi yang kondusif. Terkadang ada beberapa murid yang kesulitan fokus ketika sudah pulang ke rumah karena suasana di rumah, dan lain-lain.

Tentu saja, sistem seperti ini memicu banyak pro dan kontra di masyarakat. Tetapi, sistem ini sudah banyak diberlakukan dan banyak menghasilkan anak-anak yang sukses masuk ke dalam perguruan tinggi favorit. Maka dari itu, sistem pendidikan ini sangat menarik perhatian para orang tua di Tiongkok.

Sisi unik dari pendidikan di Tiongkok juga terdapat pada seragam yang dikenakan oleh siswa, di mana mereka memakai baju seragam yang longgar sehingga terdapat banyak ruang untuk bergerak. Setiap siswa maupun siswi memakai seragam kaus dengan outer dan celana panjang. Seragam Tiongkok tidak terlalu mengedepankan nilai fashion. Mereka lebih mementingkan nilai fungsi dan kenyamanan.

Melihat pendidikan sekolah Tiongkok yang begitu ketat dan berat, pemerintah membuat sebuah upaya dengan mencabut pemberlakuan ujian terhadap murid SD dan siswa SMP akan dikurangi pemberian pekerjaan rumah untuk mengurangi beban sehingga tidak mengurangi kesehatan fisik dan mental para generasi muda Tiongkok. 

Referensi:

Rafidah. (2021 ). Pendidikan di China. http://didaktis.xyz/mengenal-sistem-pendidikan-china/ (diakses pada 6 Juli 2022)

Ican Education Consultant. Sistem pendidikan di China. https://www.ican-education.com/berita-event/news/sistem-pendidikan-di-china (diakses pada 6 Juli 2022)

Putri, Virgina Maulita. Di China Ada Seragam Pintar agar Siswa Tak Bolos Sekolah. https://inet.detik.com/cyberlife/d-4362886/di-china-ada-seragam-pintar-agar-siswa-tak-bolos-sekolah (diakses pada 6 Juli 2022)

Rohmah, Lailatu. Pendidikan dan Kebudayaan China. https://makalah-jadi.blogspot.com/2016/01/pendidikan-dan-kebudayaan-cina.html (diakses pada 6 Juli 2022)

中国教育文化

文化是打造性格中最重要的事情因为这样才能真正提高自己的潜力。中国执行了一个代表他们文明的制度。就像印度尼西亚的大多数高中一样,在中国,他们早上 7 点开始上学。但是,不同之处在于放学后的时间。印度尼西亚的学校一般下午 3 点就放学了。 可是在中国,他们晚上 9 点才放学回家。中国学生在学校这么长的时间都在做什么活动呢?

事实上,他们在那段时间所做的就是学习。不过,那里的学校,有一个独特的地方,就是中午12点可以睡午觉。这样做是为了让午饭后困倦的学生可以休息,当他们醒来时,他们会感到更加神清气爽。此外,中国的许多学校都允许学生在校外购买食物。每次课间休息,学生们都会到校外购买零食或到学校附近的美食广场。

开始上课前,每个学生必须站起来,低头说“老师好”。在课程结束时,每个学生都必须说“谢谢老师”以表示尊重。中国学校也有体育课,这为连续学习数小时的学生提供了许多好处。 这项运动可以作为中国文化的体现,例如纪律和统一。

虽然看起来很严格,但中国的教育体系实际上有几个积极的东西。就像自习到晚上一样,学生可以利用这个课程来集中注意力在一个有利的环境中。有时后也有一些学生因为家里的气氛,回家后注意力不集中,等等。

当然,这样的制度在社会上引发了许多利弊。然而,这一制度已被广泛实施,并让许多成功的孩子进入了他们最喜欢的大学。因此,这种教育体系对中国的家长来说是非常有吸引力的。

中国教育的独特之处还在于学生穿的校服,他们穿着宽松的校服,因此有足够的活动空间。每个学生都穿着带有外衣和长裤的T恤制服。中国制服并没有过多强调时尚价值。他们更关心功能和便利的价值。

看待中国的学校教育如此严格和沉重,政府正在努力取消中小学生的考试申请,并会减少提供作业以减轻负担,以免减少身心负担。中国年轻一代的健康。

Penerjemah: Irfan Setiawan

Serenity Arwen Wijaya