Mengenal Saus Mala yang Memiliki Karakter Unik dari Tiongkok

Indonesia punya sambal matah atau bawang yang pedasnya membuat wajah merah dan sensasi lidah terbakar, sementara Tiongkok memiliki saus mala. Itu adalah saus tradisional khas Tiongkok yang terbuat dari merica Sichuan, cabai, minyak, dan rempah-rempah asal Tiongkok. Berbeda dengan sensasi pedas saat mencicipi sambal-sambal khas Indonesia, saus mala memiliki karakter yang unik saat dicicipi di lidah. Sebuah sensasi kebas yang terasa di lidah setelah beberapa saat menggigit si saus mala tersebut.

Istilah dari mala adalah kombinasi dari dua bahasa Mandarin yang artinya kebas dan pedas yang mengacu pada perasaan di mulut setelah makan saus tersebut. Saus ini digunakan dalam berbagai cara dan masakan, dari tumis, semur, dan sup, hingga digunakan dalam hot pot atau sebagai saus. Di Provinsi Sichuan, bubuk mala digunakan untuk makanan ringan dan makanan jalanan, seperti tahu goreng, kentang goreng, daging, dan sayuran panggang. Saus mala asli sendiri terbuat dari cabai kering, bubuk cabai, pasta douban, merica Sichuan, cengkeh, bawang putih, adas bintang, kapulaga hitam, adas, jahe, kayu manis, garam, dan gula. Bahan-bahan ini kemudian direbus dengan lemak daging sapi dan minyak sayur selama berjam-jam sebelum dikemas dan dimasak.

Di Indonesia saus mala termasuk salah satu pilihan kaldu populer untuk hidangan hot pot. Ciri khasnya berwarna merah gelap dengan campuran banyak rempah di dalamnya. Kaldu ini terasa pedas khas lada Sichuan. Mala hot pot sangat cocok bila ingin menghangatkan perut. Sajian ini memadukan kaldu dengan beragam isian seperti sayur, aneka bakso ikan, hingga irisan daging.

Mala tidak hanya dihidangkan untuk hotpot saja lho! Banyak juga hidangan lezat yang menggunakan mala sebagai rempahnya. Berikut ini beberapa pilihan hidangan mala yang patut kamu coba!

  • Mapo Tahu

Mapo tahu adalah makanan khas Sichuan yang paling banyak dikenal. Meski belum pernah mencicipi, kamu mungkin sudah pernah mendengar namanya. Hidangan ini bisa kamu temui di restoran khas Tiongkok di Indonesia. Seperti namanya, bahan utama dari sajian ini adalah tahu. Bumbu yang digunakan adalah doubanjiang, daun bawang, bawang putih, dan bubuk cabe. Daging cincang juga ditambahkan sebagai pelengkap. Mapo tahu paling enak dinikmati dengan nasi putih hangat.

  • Dan Dan Mien

Sajian ini merupakan salah satu street food populer di Tiongkok dan masuk dalam jajaran makanan ‘wajib coba’ saat berkunjung ke sana. Nama jie tersebut diambil dari cara penjualannya yaitu “dan dan” yang berarti dipikul karena sejak dulu mie ini dijual di jalanan dengan cara dipikul. Selain mie yang kenyal, kenikmatan dan dan mien terletak di saus dan topping-nya. Sausnya terbuat dari wijen yang dihaluskan, minyak cabe, lada Sichuan, kecap asin, dan cuka. Sebelum disajikan, dan dan mien diberi topping daging cincang, sayur, dan kacang goreng.

  • Shuizhu

Shuizhu sebenarnya adalah cara memasak, yaitu merebus potongan daging dalam air mendidih yang dibumbui dengan doubanjiang, cabai, lada Sichuan, dan bunga lawang. Daging direbus hanya dalam waktu 20-30 detik saja sehingga teksturnya tetap lembut. Setelah diangkat dari air rebusan, daging langsung dihidangkan di dalam mangkok dan disiram dengan minyak cabe panas. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi, daging babi, atau ikan.

  • Laziji

Sekilas, laziji mirip dengan ayam tangkap khas Aceh. Keduanya sama-sama hidangan ayam yang ditumis bersama aneka bumbu utuh. Bedanya, di ayam tangkap, potongan ayamnya tersembunyi di antara aneka daun bumbu. Sementara untuk laziji, kalian harus mencari potongan ayam di balik tumpukan cabe! Terdengar ribet ya, tapi inilah yang membuat laziji menjadi hidangan populer di Sichuan. Tidak hanya enak, cara memakannya pun asyik.

  • Suanlafen

Suanlafen adalah hidangan mie yang terbuat dari tepung tapioka. Mie disajikan bersama kuah asam pedas. Bumbu utama dari sajian ini adalah minyak cabe, cuka, kecap asin, minyak wijen, bumbu ngohiong, dan cabe bubuk. Suanlafen tidak lengkap tanpa taburan kacang goreng, daun bawang, seledri, acar, dan daging. Suanlafen disajikan saat masih panas untuk kenikmatan maksimal.

  • Chuanbei Liangfen

Chuanbei Liangfen merupakan hidangan khas Provinsi Sichuan dan secara harfiah memiliki arti mie patah hati. Ini dikarenakan rasa pedasnya bisa mengalihkan pikiranmu sehingga kamu tidak sempat merasakan sedih. Sakit yang dirasakan dari mie ini bisa lebih perih daripada patah hati. Makanya, jika kamu patah hati, makanlah chuanbei liangfen. Chuanbei Liangfen adalah mie yang terbuat tepung kentang, tepung tapioka, atau tepung kacang hijau. Teksturnya mirip jelly, licin dan padat. Warnanya sedikit bening dan biasanya dihidangkan dingin. Mie ini disiram dengan saus yang terbuat dari campuran minyak wijen, minyak cabe, cuka, kecap asin, bubuk cabe, bawang putih, dan daun bawang.

Sudah merasa tertantang dengan pedasnya mala ini? Mana hidangan mala yang mau ingin kamu cobain duluan? Jangan lupa dicoba ya!

Dibuat oleh : Theodora Delanaira – PR BNMC

Daftar Pustaka :

https://www.inews.id/travel/kuliner/mengenal-mala-saus-tradisional-china-yang-bikin-lidah-kebas

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5253684/5-rekomendasi-hot-pot-malatang-yang-pedas-berempah

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5253684/5-rekomendasi-hot-pot-malatang-yang-pedas-berempah/2 

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/aisyah-nawangsari-putri/cobain-7-hidangan-pedas-khas-sichuan-ini-c1c2-1/1 

https://images.app.goo.gl/qBFkoV1oSGm72Qjj8

Sumber Gambar :

https://food.detik.com/tahu-dan-tempe/d-5146970/resep-mapo-tofu-ala-restoran-yang-pedas-gurih

http://www.seasaltwithfood.com/2011/01/dan-dan-mien-noodle-recipe.html

https://thewoksoflife.com/sichuan-boiled-beef/

https://www.tasteshow.com/product/addictive-sichuan-mala-chicken_1825.html

https://thewoksoflife.com/suan-la-fen-hot-sour-sweet-potato-glass-noodle-soup/

https://news.cgtn.com/news/3d3d674d7755444f32457a6333566d54/index.html

了解具有中国特色的玛拉酱

印尼有洋葱辣酱,其辛辣味使脸红,舌头燃烧,而中国则有麻辣酱。这是一种传统的中国调味料,由中国的四川花椒,辣椒,油和香料制成。不同于品尝典型的印尼辣椒时的麻辣感,麻辣酱在舌头上品尝时具有独特的特征。咬了麻辣酱一会儿后,舌头上出现了麻木的感觉。

麻辣一词是由两个子组合的,麻木和辣味,指的是吃完这酱之后口中的感觉。 舌头上的麻木也是由四川胡椒引起的,四川胡椒中竟然含有百分之三的羟基-α-山梨醇化合物。酱汁有多种用途,可用于烹饪,从炒菜,炖菜和汤到在火锅或蘸酱中使用。在四川省,麻辣粉用于小吃和街头食品,例如炸豆腐,炸薯条,肉和烤蔬菜。原始的麻辣调味酱本身是由干辣椒,辣椒粉,豆瓣酱,四川花椒,丁香,大蒜,八角茴香,黑豆蔻,茴香,姜,肉桂,盐和糖制成的。然后将这些成分在牛肉脂肪和植物油中煮沸数小时,然后进行包装和烹饪。

在印度尼西亚,麻辣酱是火锅中最受欢迎的汤类选择之一。它的特征是深红色,其中混合了许多香料。这种肉汤尝起来是四川辣椒特有的辛辣味。如果您想暖胃,麻辣火锅是完美的选择。这道菜结合了肉汤和各种馅料,例如蔬菜,各种鱼丸和切成薄片的肉。

马拉不仅用来做火锅!也有许多以麻辣为香料的美味佳肴。这些是些麻辣菜肴选择!

1.麻婆豆腐

麻婆豆腐是四川最出名的特产。 即使从未尝过,可也许听过这道美食。 您可以在印度尼西亚的典型中国餐馆中找到这道菜。顾名思义,这道菜的主要成分是豆腐。使用的调味料是豆瓣酱,葱,大蒜和辣椒粉。还添加了碎肉作为补充。麻婆豆腐最好搭配温暖的白米饭食用。

2.担担面

这道菜是中国最受欢迎的街头食品之一,去中国时被列入“必须尝试”的食物阵容中。 这美食的名称取自其销售方式,即“担担”,意为携带,因为很久以前这种面条是通过携带在街上出售的。除了耐嚼的面条外,沙司和面糊的乐趣还在于酱汁和浇头。酱汁是用芝麻糊,辣椒油,四川胡椒粉,酱油和醋制成的。上菜之前,在担担面上撒上碎肉,蔬菜和炸花生。

3.水煮

水煮实际上是一种烹饪方法,即在豆腐中加入豆瓣酱,辣椒,四川胡椒和八角调味,然后在沸水中煮肉。只需20到30秒即可将肉煮沸,从而使肉质保持柔软。从烹饪水中取出肉后,立即将肉放入碗中,并蘸上辣椒油。所用的肉通常是牛肉,猪肉或鱼。

4.辣子鸡

辣子鸡与典型的Acehnese抓鸡相似。他们两的烹饪方式都用完整香料。区别在于,在Acehnese抓鸡,鸡块隐藏在各种香料叶之间。至于腊肠,您必须在辣椒堆后面寻找鸡肉块!听起来很复杂,但这就是辣子鸡在四川很受欢迎的原因。不仅美味,而且吃的方式也很有趣。

5.酸辣粉

酸辣粉是由木薯粉制成的面条。面条配辣酸酱。这道菜的主要成分是辣椒油,醋,酱油,香油,牛油香料和辣椒粉。如果没加炸花生,大葱,芹菜,咸菜和肉,则酸辣酱是不完整。 趁热吃是享受酸辣粉最好的方式。

6.川北凉粉

川北凉粉是四川省的特产,字面意思是令人心碎的面条。这是因为辛辣的味道会分散您的注意力,因此您没有时间感到难过。这些面条给您带来的痛苦可能比破碎的心还要痛苦。因此,如果您心碎了,那就吃川贝凉粉。川贝凉粉是由马铃薯淀粉,木薯粉或绿豆粉制成的面条。质地类似于果冻,光滑浓密。颜色略半透明,通常冷饮。这些面条都蘸有由麻油,辣椒油,醋,酱油,辣椒粉,大蒜和大葱的混合物制成的酱汁。

已经被这个辛辣的麻辣挑战了吗?您要尝试哪一道麻辣料理呢?

Penerjemah : Veronica

Theodora Delanaira