Unsur dan Makna Warna di Pakaian Tradisional Tiongkok

Sumber Gambar : https://www.epicworldstore.com/products/2018-new-red-chinese-women-traditional-dress-silk-satin-cheongsam-mini-sexy-qipao-flower-wedding-dress-size-s-m-l-xl-xxl-wc022

Pernahkah Anda memerhatikan betapa banyak dan beragam warna-warna yang ada di pakaian tradisional Tiongkok? Tentunya negara yang memiliki sejarah ribuan tahun ini memiliki budaya yang sangat dalam dan luas. Warna-warna pada pakaian tradisional Tiongkok bukan hanya melengkapi penampilan pakaian tersebut, namun juga memiliki makna tertentu. Tidak ada salahnya untuk memahami makna-makna warna tersebut.

Merah merupakan warna yang membawa keuntungan dan populer di budaya Tiongkok. Warna ini menyimbolkan keuntungan, kesenangan dan kebahagiaan. Selain itu, warna ini juga kerap digunakan oleh pengantin perempuan, karena dipercayai sebagai warna yang penuh pengharapan. Merah juga menggambarkan kesuburan dan perayaan di simbol warna Tiongkok.

Kuning merupakan warna yang menunjukkan kekuatan, keluarga raja, dan keuntungan di simbol warna tradisional Tiongkok. Namun, sekarang ini warna kuning merupakan simbol publikasi pornografi di Tiongkok. Jadi, perlu hati-hati dalam menggunakan warna kuning.

Hitam kerap dikaitkan dengan kehancuran, kejahatan, bencana, kesedihan dan penderitaan. Merupakan hal yang sangat d1ianggap tidak baik untuk menggunakan warna hitam ke acara yang baik, seperti acara pernikahan. Bahasa Mandarin untuk hitam sendiri yaitu “hei” yang bermakna nasib buruk.

Mirip seperti budaya barat, warna emas juga melambangkan harta dan kekayaan di Tiongkok. Tidak banyak perbedaan dengan simbol warna budaya barat, yang berbeda yaitu, hijau melambangkan harta dan pertumbuhan.

Di budaya Tiongkok, warna ungu melambangkan keilahian dan kekekalan. Namun pada zaman modern, ungu digunakan untuk menunjukkan kasih sayang atau cinta.

Selain warna-warna yang telah disebutkan di atas, ada juga warna putih, yang melambangkan kematian dan perlu dihindari. Ada juga campuran warna atau warna pelangi, namun hal ini dihindari karena pelangi sendiri melambangkan langit, dan penggunaan warna ini dianggap bahwa kaisar akan segera meninggal dunia.

Warna-warna pada budaya Tiongkok, yang tentu saja memiliki makna tersendiri. Di satu sisi, seseorang ingin secara bebas mengekspresikan kreativitas untuk menggunakan warna. Namun di sisi lain, perlu juga ekstra hati-hati untuk menghindari warna yang memiliki makna kurang baik. Semoga setelah membaca Anda dapat lebih paham dan memaknai warna pada pakaian tradisional Tiongkok.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :
https://www.color-meanings.com/color-symbolism-in-chinese-culture-what-do-traditional-chinese-colors-mean/