Perayaan HUT BNMC 21

Pada hari Sabtu tanggal 17 April 2021 lalu, BINUS Mandarin Club (建国大学中华俱乐部) atau yang biasa disingkat BNMC telah merayakan hari raya ulang tahun yang ke-21 secara daring melalui Zoom. Sejatinya HUT BNMC sendiri jatuh pada tanggal 20 April setiap tahunnya, namun untuk menyesuaikan waktu peserta agar tidak bertepatan dengan masa ujian tengah semester bagi aktivis yang masih aktif sebagai mahasiswa di BINUS University, panitia acara telah memajukan perayaan acara di tanggal tersebut. Pada perayaan hari ulang tahun yang ke-21 ini, BNMC mengusung tema “Longing for the Place Our Story Began (想念故事开始的地方).” Tema ini diusulkan oleh Tiffany Angela Indryani, Project Manager acara HUT BNMC ke-21 dengan maksud agar para anggota BNMC yang telah terdiri dari 20 angkatan lebih dapat bersama-sama mengingat kembali bagaimana awal mula cerita kehidupan mereka saat pertama mulai menjadi bagian dari BNMC.

Kemeriahan acara dipandu oleh dua orang MC yaitu Leonardo Alonso Kweek dan Talitha Christy. Peserta yang hadir hampir mencapai lebih dari 100 orang karena perayaan HUT BNMC kali ini dihadiri oleh alumni BNMC angkatan ke-5, ke-18, ke-19, ke-20, ke-21, dan oleh aktivis angkatan ke-22. Sebelum acara dimulai, peserta telah dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memudahkan acara games yang telah disusun panitia.

Acara dimulai dengan pembukaan doa dan kata sambutan dari Project Manager dan masing-masing Ketua Cabang BNMC regional Kemanggisan dan Alam Sutera serta hingga penampilan video kompilasi, tarian dari Red Silk Dance Group, dan penampilan dari Little Dragon Vocal Group. Setelah itu, peserta dipersilahkan untuk memasuki breakout room sebagai tempat pelaksanaan games yang telah disusun panitia. Games yang dimainkan sangat beragam, yaitu mulai dari pictionary, hunter, dan guess the sound. Permainan pictionary adalah permainan menebak gambar yang digambar oleh sesama anggota kelompok. Permainan hunter adalah permainan untuk menunjukkan barang dengan warna tertentu yang terdapat disekitar anggota kelompok dimana kelompok dengan total barang dengan warna yang benar terbanyak yang akan menang. Terakhir adalah permainan guess the sound, di mana dua kelompok berlomba untuk menebak pertanyaan dari lagu soundtrack opening film kartun yang terkenal.


Setelah waktu untuk bermain games selesai, para peserta berkumpul kembali ke main room untuk menonton sejumlah tujuh video review BNMC hingga saat ini buatan Calvin Erico R. S., alumni BNMC angkatan ke-19, atas permintaan dari panitia acara. Sebelum sampai pada penghujung acara, para peserta kembali dipersilakan untuk memasuki breakout room untuk melaksanakan acara selanjutnya, yaitu makan malam bersama. Makan malam bersama ini unik karena setiap anggota telah menyepakati menu makanan yang sama dengan kelompoknya. Setelah mengambil foto kelompok, para peserta kembali berkumpul di main room untuk menyaksikan penampilan dari Little Dragon Vocal Group sebelum lanjut pada sesi penutupan, pengumuman pemenang lomba, dan foto bersama. Acara HUT kali ini sangatlah bermakna karena merupakan HUT pertama BNMC yang dirayakan secara online. Namun, hal tersebut tidak mengurangi kebahagiaan dan kemeriahan yang dirasakan peserta acara selama perayaan.

Angeline Dewi Shinta