Let’s Carry Out Effective Business Communications and Comprehend the Standard Business Ethics

BNMC telah mengadakan sebuah seminar seputar dunia bisnis pada hari Sabtu tanggal 15 Oktober 2022 yang bertema “Let’s Carry Out Effective Business Communications and Comprehend the Standard Business Ethics”. Seminar ini dihadiri oleh dua pembicara yang tentunya sudah berpengalaman dalam bidangnya, yaitu Kak Jonathan Christian Susanto sebagai merchant acquisition (partnership) dari PT. BFI Finance Indonesia Tbk dan Kak Femina Dumiyanti yang merupakan seorang content creator dan public speaker. Seminar ini bertujuan sebagai bekal bagi para peserta agar mampu memahami dan menguasai salah satu essential skill untuk sukses dalam memasuki dunia kerja.

Acara ini berlangsung secara online melalui Zoom Meetings selama kurang lebih dua setengah jam yang dimulai dari pukul 15.00 – 17.20 WIB dan dihadiri oleh 102 peserta baik dari kalangan binusian ataupun non-binusian. Sebelum acara dimulai, para peserta diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang melalui form yang telah diberikan oleh para panitia dan dipandu oleh Sdri. Vivian Olivia Frederica Simanjuntak selaku MC dan dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Sdr. Irfan Setiawan selaku project manager dalam acara ini. Setelah pembukaan acara selesai kegiatan dibagi menjadi beberapa sesi, yaitu pembawaan materi oleh pembicara pertama dan pembicara kedua, serta sesi Q&A.

Sesi pertama dibawakan oleh Kak Jonathan Christian Susanto selaku pembicara pertama yang dimulai dengan perkenalan singkat dan dilanjutkan dengan menyampaikan materi terkait topik effective business communication atau sebuah skill di mana apa yang kita sampaikan sebagai communicator dapat diterima dengan jelas dan baik bagi penerimanya. Kak Jonathan juga menjelaskan bahwa hal ini merupakan aspek yang sangat penting untuk diterapkan dalam dunia kerja karena dapat membantu proses perkembangan dalam diri kita. 

Terdapat beberapa cara untuk menerapkan effective business communication. Salah satunya adalah dimulai dengan menanamkan sikap inisiatif pada diri sendiri dan menghindari asumsi dalam berpikir. Dengan begitu, kita dapat menumbuhkan rasa penasaran akan banyak hal yang akan membuat diri kita semakin berkembang dengan berani untuk mencoba berbagai hal baru termasuk mengekspresikan apa yang diinginkan dan melatih kemampuan berbicara di depan umum. Kemudian sesi ini ditutup dengan rangkuman singkat terkait materi yang dibawakan pembicara pertama oleh MC.

Setelah sesi pertama selesai dibawakan oleh kak Jonathan, kemudian acara dilanjutkan ke sesi berikutnya yang dibawakan oleh Kak Femina Dumiyanti selaku pembicara kedua dengan topik seputar business ethics atau prinsip kesadaran moral dan nilai yang ada pada diri dalam segi bisnis yang memberikan batasan bagi para pengusaha. Tujuan diterapkannya business ethics dalam lingkungan kerja adalah untuk menciptakan kenyamanan dan lingkungan kerja yang kondusif sehingga setiap orang dapat memaksimalkan kegiatannya. 

Kak Femina juga membagikan beberapa prinsip serta tips and tricks dalam menerapkan business ethics baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Beberapa cara menerapkan hal ini dalam dunia bisnis adalah dengan memperhatikan hal-hal basic seperti tidak membicarakan orang lain di belakangnya dan tidak berlebihan dalam menyampaikan sesuatu serta dapat mengontrol emosi. Dengan menerapkan hal ini dalam hidup, orang lain akan berpendapat bahwa kita merupakan seseorang yang bertanggung jawab, dapat dipercaya, selalu memperlakukan setiap orang dengan hormat dan setara, mampu memimpin diri sendiri, memiliki komitmen terhadap perusahaan, dan memperdulikan lingkungan, serta dapat membuatnya menjadi lingkungan yang nyaman untuk bekerja dan kondusif. 

Setelah kak Femina selesai membagikan materi, MC kembali merangkum secara ringkas terkait topik yang telah dibawakan dan dilanjutkan ke sesi yang terakhir, yaitu sesi Q&A yang dipandu oleh MC. Pada sesi ini, para peserta diperbolehkan untuk bertanya kepada para pembicara seputar pertanyaan dalam dunia bisnis.

Sebagai penutup, MC mengajak para peserta untuk menyalakan kamera dan melakukan sesi foto bersama dengan seluruh participants Zoom Meetings pada acara ini, serta mengingatkan para peserta untuk mengisi form exit ticket.

Melalui acara ini, para peserta diharapkan agar dapat memperoleh insight dan memahami essential skill sebagai kunci kesuksesan dalam dunia kerja, seperti kemampuan public speaking dan menerapkan etika yang baik dan benar dalam dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari.

Michelle Angelita