Kisah Pejuang Wanita Pemberani Yang dikenal Sebagai Mulan

Hua Mulan (花 木蘭) atau yang sering disebut dengan Mulan merupakan sosok legendaris dalam sejarah Tiongkok. Mulan adalah prajurit Tiongkok dari periode dinasti Utara dan Selatan (420–589) yang menggantikan ayahnya dimedan pertempuran.

Dalam baladanya, Mulan menyamar sebagai seorang pria untuk menggantikan ayahnya yang sudah lanjut usia di ketentaraan. Mulan sudah terampil dalam pertempuran. Ia telah diajarkan seni bela diri, pertempuran pedang, dan memanah.

Pada saat dia mendaftar di tentara. Setelah dua belas tahun berperang, para tentara kembali dan mendapat penghargaan. Mulan menolak sebuah pos resmi dan hanya meminta  untuk dibawa pulang kekampung halamannya.

Ketika sampai dikampung halaman, mulan disambut dengan suka cita oleh keluarganya. Mulan mengenakan kembali pakaian lamanya dan bertemu teman-temannya yang terkejut bahwa dalam dua belas tahun mereka bersama di medan perang, mereka tidak menyadari bahwa Mulan adalah seorang wanita.

Akan tetapi sosok Mulan masih diperdebatkan kebenerannya, para ahli umumnya tidak setuju bahwa sosok Mulan nyata. Cerita itu diturunkan secara lisan, sehingga meninggalkan ruang untuk kesalahan dan tidak ada bukti sejarah yang bisa membuktikan keberadaan Mulan.

Namun, balada mulan sangat banyak menginspirasi masyarakat hingga dunia perfilman atau panggung pertunjukan yang tak terhitung jumlahnya sepanjang abad ke-20

Sumber Penulisan/ Daftar Pustaka :

https://blog.cakap.com/mulan-prajurit-legendaris-yang-berakhir-tragis/,

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/05/202500465/ramai-diperbincangkan-seperti-apa-cerita-asli-dari-film-mulan?page=all ,

https://hot.liputan6.com/read/4008782/begini-cerita-asli-mulan-berbeda-dengan-versi-film-disney         

Chiaristy Estera