Komputer Quantum yang Mengalahkan Kecepatan Komputer Super

Apa itu Quantum Computing?

Quantum computing adalah komputasi yang dilakukan menggunakan fisika yang disebut superposition dan entanglement yang dapat menyebabkan perhitungan komputer dapat lebih cepat daripada komputer biasanya, khususnya dalam permasalahan tertentu seperti pencarian kunci pada kriptografi, simulasi dunia fisik dan machine learning. Quantum computer pun untuk sekarang ini sangat bermanfaat untuk membantu proses komputasi salah satunya di sektor perekonomian. Sampai Sekarang, beberapa perusahaan besar seperti Google, IBM, Microsoft, Intel, HP, Toshiba, Airbus, dan banyak lagi menggunakan Quantum Computer untuk melakukan pekerjaan mereka. Perusahaan besar ini  melakukan investasi yang sangat besar terhadap teknologi quantum computer dikarenakan kecepatan quantum computer yang memiliki kecepatan super tinggi.

 

Cara kerja Quantum Computing

Quantum Computer dapat menghitung angka biner yang berbeda dibandingkan komputer biasa dimana komputer biasa memproduksi angka  1 atau 0, sedangkan quantum computer dapat memproduksi lebih dari 1 keadaan seperti 1 dan 0 dalam waktu bersamaan yang menyebabkan komputer quantum ini dapat bekerja jauh lebih cepat dan efektif dibandingkan komputer- komputer pada umumnya. Sebagai contoh, cara kerja komputer biasa adalah menggunakan Bits (0 dan 10) untuk memproses suatu data. Kalau misalkan pada komputer, umumnya akan menghasilkan data berupa binary seperti 0000 0001 0010 0011 0100 dan seterusnya, untuk komputer quantum menggunakan suatu perhitungan dinamakan qubits. Qubits sendiri dapat memproses angka 0 dan 1 secara bersamaan. Misalkan bits dilambangkan dengan 0 dan 1 secara terpisah, sedangkan qubits dapat melambangkan keduanya secara bersamaan, sehingga 0 = 1 = 0. Hanya karena komputer quantum dapat menyelesaikan masalah dengan cepat, bukan berarti hasilnya bisa benar, karena komputer quantum akan menghasilkan jawaban yang benar dan salah. Oleh karena itu, ada suatu teknik bernama teknik Grover Operator.

Apa itu Grover Operator?

Grover Operator merupakan algoritma pada komputer quantum yang memiliki fungsi untuk menyingkirkan hasil yang salah dan hanya meninggalkan hasil yang benar. Teknik ini yang menyebabkan kelebihan dari komputer quantum dibandingkan komputer biasa yang harus mencoba satu–satu mana yang benar dan mana yang salah. Lalu, dari kombinasi “bits” ini dapat dieskalasi sehingga mampu memproses data yang banyak dalam waktu bersamaan. Untuk dapat memproses data sebanyak itu hingga dapat memunculkan hasil yang kita inginkan, lalu prosesor pada komputer akan menggunakan metode “logic gate“.

Kelebihan Quantum Computer

Dengan adanya quantum computer ini, komputer ini memiliki potensi yang sangat besar kepada dunia perkomputeran, dikarenakan kuantum komputer ini akan sangat membantu untuk mencari suatu masalah dengan hasil yang sangat cepat dibandingkan komputer pada umumnya, bahkan super computer tidak dapat mengalahkan kecepatan yang dapat dilakukan oleh quantum computer. Selain di dunia perkomputeran, dunia industri pun juga sangat terbantu dengan adanya quantum computer ini, karena fungsi quantum computer di dunia industri juga dapat mengoptimalkan suatu pekerjaan seperti mempercepat proses penemuan obat baru, mengoptimalisasikan jalur transportasi perusahaan logistik, dan lain lainnya.

Kembali lagi ke Quantum computing, quantum computing dapat mengambil alih metode dasar pemrosesan menggunakan metode “quantum mechanic” yang merupakan suatu cabang fisika yang menggantikan mekanika klasik pada aturan sistem atom dan subatom. Sistem ini dapat berada di superposisi kuantum pada keadaan yang berbeda dibandingkan pada fisika klasik. 

Contoh penggunaan komputer kuantum adalah untuk keamanan pada teknik informatika. Komputer ini dapat menghasilkan sebuah kode yang sangat aman yang dimana mungkin komputer biasa atau bahkan komputer super pun dapat membuka kode ini dalam ratusan tahun. Selain itu, komputer ini juga dapat membantu para peneliti untuk melakukan simulasi molekuler yang jauh lebih efisien.

Tidak hanya itu, perusahaan besar seperti Google mengklaim kalau mereka menggunakan quantum computer untuk membuat algoritma untuk AI mereka dan machine learning yang dapat beroperasi lebih cepat dan efisien sehingga itu dapat mempengaruhi kemampuan AI mereka.

Satu contoh quantum komputer yang dimiliki perusahaan lainnya, yaitu IBM. mereka menggunakan komputer quantum mereka untuk beberapa bidang, seperti bisnis, pengembangan aplikasi, penelitian, dan sebagai alat pengedukasian. 

Mungkin, suatu saat komputer quantum dapat menggantikan komputer-komputer yang ada saat ini, khususnya dalam bidang-bidang tertentu yang membutuhkan komputer super. Tetapi itu semua tidak dalam waktu yang dekat dikarenakan biaya produksi yang mahal, serta quantum komputer sendiri pun masih dikembangkan lebih lanjut agar quantum komputer dapat bekerja lebih cepat dan lebih efisien lagi.

Nah, berikut merupakan penjelasan mengenai Quantum Computing . Buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!