6 Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Laptop Rusak!

Halo Sobat Filemagz!

Di era yang serba digital ini, laptop menjadi salah satu barang terpenting di hidup kita. Dengan adanya laptop, pekerjaan sekolah ataupun kantor menjadi jauh lebih mudah untuk diselesaikan. Bahkan dikarenakan pandemi Covid-19, kamu pasti sudah sering menggunakan laptop untuk menghadiri meeting atau kelas online melalui Zoom, lalu kamu juga pastinya sering menggunakan laptop untuk menghibur dirimu sendiri, baik dengan menonton film maupun bermain game.

Oleh maka itu, penting bagi kamu untuk menjaga laptop agar dapat bekerja sebagaimana mestinya. Jangan sampai kamu merusak laptop kamu hanya karena kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Nah, maka dari itu, Filemagz telah merangkum 6 kebiasaan buruk yang harus kamu hindari, karena dapat membuat laptop kamu cepat rusak. 

1. Meletakkan Laptop di Pangkuan atau di Kasur

(Sumber: istockphoto.com)

Kebiasaan buruk pertama yang sering diabaikan adalah meletakkan laptop diatas alas empuk. Alas empuk seperti kasur maupun pangkuan kamu dapat memicu kerusakan laptop, lho! Alas yang lembut biasanya tidak bisa menyerap panas, sehingga sirkulasi udara yang ada di bawah laptop akan terhambat dan membuat panasnya mengendap. Jika laptop kamu terlalu panas, komponen-komponen yang ada di dalam laptop dapat mengalami overheating, dan kerusakan pada komponen yang ada didalam laptop akan cepat terjadi. Tidak hanya itu, menggunakan laptop di pangkuan dapat menyebabkan beberapa penyakit medis, contohnya seperti kanker kulit, yang dikarenakan panas yang dihasilkan dari laptop. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu mencari meja terlebih dahulu atau menggunakan meja lipat ketika kamu menggunakan laptop.

2. Mencolok Kabel Casan  ke Laptop Sebelum ke Listrik

(Sumber: istockphoto.com)

Masih banyak orang yang bingung manakah yang harus dilakukan terlebih dahulu, antara memasang kabel casan ke laptop atau ke listrik dulu. Jawabannya adalah memasang kabel casan ke listrik terlebih dahulu sebelum kamu menyambungkannya ke laptop kamu. Jika tidak, motherboard laptop akan cepat rusak. Hal ini disebabkan oleh loncatan pertama pada listrik yang tidak stabil. Oleh maka itu, kamu harus ingat untuk mencolok kabel charger ke saluran listrik terlebih dahulu sebelum kamu mencoloknya ke laptop.

3. Mengecas Laptop Ketika Baterai 0 dan Ketika Baterai Masih Banyak

(Sumber: PCmag.com )

Mengecas laptop ketika baterainya masih banyak juga dapat membuat laptop cepat rusak. Jika kamu mengecas di atas 30 persen, kemampuan baterai dalam menyimpan daya akan semakin berkurang dan ujung-ujungnya akan cepat rusak. Meski begitu, kamu juga tidak boleh membiarkan baterai laptop kamu mencapai 0, karena ketika kita melakukan pengecasan penuh dari 0, kesehatan dari baterai atau battery-health dari laptop kita akan berkurang. Oleh maka itu, untuk menjaga keawetan baterai laptop, kamu dianjurkan untuk mengecas laptop saat baterainya mencapai 10%, atau ketika notifikasi low battery telah muncul. Selain itu, kamu juga harus menghindari terlalu lama memakai dan mengecas laptop ketika daya baterai kamu ada di 100%. Ketika kamu sedang menggunakan baterai, hentikan pengisian pada daya 80-90%. Lalu ketika kamu sudah mematikan laptop, itulah saatnya kamu mengecas laptop sampai 100%.

4. Terus-menerus Menggunakan Laptop

(Sumber:shutterstock.com)

Sobat Filemagz pastinya pernah menggunakan laptop selama seharian, baik untuk mengerjakan tugas atau bermain game. Kebiasaan ini tidak hanya berbahaya untuk kesehatan mata, tetapi juga berbahaya untuk kesehatan laptop. Secanggih apapun laptop yang kamu gunakan, laptop tersebut tetap membutuhkan waktu istirahat agar komponen-komponen didalamnya dapat didinginkan untuk sementara. Jika tidak, komponen-komponen yang ada di dalam laptop akan mengalami overheat sehingga mengalami kerusakan. Demi mencegah hal tersebut terjadi, ketika kamu sudah menggunakan laptop selama 3-4 jam, berilah waktu istirahat 20-30 menit agar laptop tersebut tetap dalam keadaan yang baik.

5. Langsung Menutup Layar Setelah Pemakaian

(Sumber: motionarray.com)

Tanpa melakukan shut down terlebih dahulu, laptop langsung kamu tutup dalam keadaan masih hidup. Kebiasaan yang ini sering ditemui dimana-mana. Ternyata hal tersebut merupakan kebiasaan yang buruk dan menyebabkan laptop cepat rusak. Bahkan, ketika kamu baru mematikan laptop, suhu panasnya masih belum hilang. Sehingga jika kamu langsung menutup layar ketika laptop masih hidup atau tanpa memberikan jeda waktu setelah mematikannya, layar laptop kamu akan terkena panas dari keyboard. Inilah mengapa kamu harus memberikan beberapa menit agar suhu laptop turun terlebih dulu, dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat menutup laptop tanpa takut layar laptop kamu akan rusak. 

6. Jarang Membersihkan Laptop

(Sumber: mentalfloss.com)

Kebersihan laptop sangatlah penting untuk menjaga performa dan juga kesehatan laptop. Jika kamu jarang membersihkan laptop kamu, debu yang menempel pada komponen-komponen laptop akan mengganggu kinerja laptop. Debu-debu ini lama kelamaan juga akan menumpuk dan dapat membuat laptop kamu overheat yang dapat berujung ke kerusakan komponen-komponen yang ada didalam laptop. Selain itu, debu yang menempel di layar juga akan mengganggu tampilan yang ada di layar laptop kamu, dan mengurangi pengalamanmu saat memakai laptop secara keseluruhan. Dengan kamu membersihkan laptop, komponen-komponen yang ada didalam laptop kamu dapat berjalan lebih lancar dan akan bertahan lebih lama. Maka dari itu, menjaga kebersihan laptop secara rutin adalah hal yang penting dan harus kamu lakukan. Untuk menjaga kebersihannya, kamu dapat membersihkan bagian luar laptop setidaknya seminggu sekali dan membersihkan bagian dalamnya 3 bulan sekali.

Sobat Filemagz! Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hindari untuk tetap menjaga kesehatan laptop kamu. Apabila kamu mengetahui kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya, silahkan kamu share di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk follow filemagz dan filetechno, ya! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur. Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!

Drop here!