Yuk Kenalan Sama Mobil Listrik! Kendaraan Resmi yang Digunakan di KTT G20

Belakangan ini, kita sering mendengar kata “mobil listrik” seiring telah dilaksanakannya KTT G20 pada 15 hingga 16 November 2022 di Nusa Dua, Bali. Kendaraan ini memang banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia dan membuat kita bertanya-tanya apa kelebihan dari kendaraan tersebut? Supaya tidak kebingungan lagi, yuk simak artikel di bawah!

Mengenal Mobil Listrik dan Keunggulannya

(Sumber: Kompas.com)

Mobil listrik merupakan mobil yang memiliki baterai sebagai pengganti tangki bensin dan mesin listrik sebagai pengganti bahan bakar. Cara kerja kendaraan ini yaitu dengan menyimpan energi listrik di baterai yang bisa diisi ulang sehingga mobil dapat berjalan karena adanya energi dari baterai tersebut. Pengisian baterai mobil listrik ini dapat dilakukan dengan menyambungkannya ke stasiun pengisian umum. Sejak bulan Oktober 2022, terdapat kurang lebih 346 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar luas di Indonesia. Meskipun masih terdengar asing oleh masyarakat Indonesia, ternyata mobil listrik memiliki banyak kelebihan daripada mobil konvensional pada umumnya. Berikut beberapa keunggulan dari mobil listrik:

  • Bersifat ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas CO2 sehingga dapat mengurangi polusi udara.
  • Lebih sedikit kebisingan karena tidak memiliki mesin pembakaran internal
    sehingga tidak menghasilkan suara yang besar.
  • Memiliki harga perawatan yang sangat rendah karena tidak perlu mengganti oli dan komponen mekanis di dalam mesin pun jauh lebih sedikit dari mobil biasa.
  • Memiliki pajak yang lebih murah karena adanya dukungan dan insentif dari pemerintah.

Jenis-jenis Mobil Listrik

Selain unggul dalam banyak hal lingkungan dan perawatan, mobil listrik ternyata juga memiliki banyak jenis. Berikut jenis-jenis mobil listrik beserta contohnya:

1.Battery Electric Vehicle (BEV)

(Sumber: AMRIT)

Battery Electric Vehicle atau sering disebut BEV adalah jenis mobil listrik yang paling diminati oleh masyarakat global karena tidak memiliki mesin pembakaran internal dan dapat sepenuhnya bekerja dengan baterai yang bisa diisi ulang. BEV sendiri merupakan jenis kendaraan listrik tanpa emisi karena tidak menghasilkan polusi udara yang biasanya disebabkan oleh kendaraan berbahan bakar bensin. Contoh mobil listrik dengan tipe BEV: Hyundai Ioniq 5, Hyundai Kona Electric, dan Nissan Leaf.

2.Hybrid Electric Vehicle (HEV)

(Sumber: AMRIT)

Hybrid Electric Vehicle atau lebih dikenal HEV merupakan jenis mobil listrik yang cara kerjanya dijalankan oleh mesin pembakaran internal yang menggunakan energi yang tersimpan dalam baterai. Berbeda dengan jenis mobil listrik lainnya, mobil tipe HEV ini mengisi baterai melalui pengereman regeneratif. Meskipun mobil ini tidak dapat berjalan hanya dengan tenaga listrik, kendaraan jenis ini dapat memaksimalkan penghematan bahan bakar dengan mematikan mesin pembakaran internal saat benar-benar terhenti. Contoh kendaraan listrik dengan jenis HEV: Honda Civic Hybrid, Toyota Prius Hybrid, Honda Civic Hybrid, dan Toyota Camry Hybrid.

3.Plug-in Hybrid Electric Vehicles (PHEV)

(Sumber: AMRIT)

Plug-in Hybrid Electric Vehicles atau PHEV memiliki konsep yang hampir sama dengan HEV, akan tetapi PHEV merupakan bentuk modifikasi yang memperluas konsep dari kendaraan berjenis HEV. Seperti kendaraan berjenis HEV biasa, pengisian baterai dilakukan melalui pengereman. Perbedaan mobil listrik jenis ini dengan HEV biasa adalah ukuran baterai yang jauh lebih besar dan juga dapat dicolokkan ke stasiun pengisian umum untuk pengisian ulang. Selain itu, mobil listrik berjenis PHEV dapat menempuh jarak 10-40 mil sebelum mesin pembakaran internal aktif, sementara kendaraan listrik berjenis HEV hanya dapat menempuh jarak 1-2 mil. Contoh mobil listrik dengan tipe PHEV: BMW 330e, Skoda Superb, dan Mercedes-Benz C-Class.

4.Fuel Cell Electric Vehicles (FCEV)

(Sumber: AMRIT)

Fuel Cell Electric Vehicles atau FCEV merupakan jenis mobil listrik yang paling baru dibandingkan dengan yang lain. Mobil jenis FCEV hanya mengandalkan mesin listrik, tetapi tidak seperti BEV, listrik yang dihasilkan merupakan hasil dari sel bahan bakar hidrogen dari baterai. Ketika hidrogen digabungkan dengan udara di dalam tumpukan bahan bakar, hal ini akan memicu pergerakan mesin listrik yang terpasang untuk menjalankan mobil listrik. Jenis mobil listrik ini pun sama seperti jenis BEV yang bebas dari emisi. Contoh kendaraan listrik dengan jenis FCEV: Toyota Mirai, Hyundai Tucson FCEV, Riversimple Rasa, Honda Clarity Fuel Cell, dan Hyundai Nexo.

Prospek Mobil Listrik di Indonesia

(Sumber: Cintamobil.com)

Meskipun jumlahnya belum banyak, tren peningkatan penjualan mobil listrik di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada tahun 2020, terdapat 121 unit yang telah dipasarkan dan meningkat sebanyak 70% menjadi 395 unit di tahun 2021. Faktor pendukung masuknya para produsen mobil listrik ke pasar Indonesia ini tidak lain karena banyaknya pembangunan SPLKU yang tersebar luas di banyak wilayah.

Di masa yang akan datang, khususnya di tahun 2025, ditargetkan akan ada sebanyak 20% kendaraan listrik yang akan berlalu lalang di jalanan Indonesia. Selanjutnya, pada tahun 2030, sebanyak 2 juta unit kendaraan listrik akan berlalu lintas di seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini sangat didukung oleh pemerintah Indonesia karena industri mobil listrik tidak hanya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, tetapi juga dapat mengurangi emisi karbon di Indonesia yang akan mengurangi dampak terjadinya pemanasan global.

Terlebih lagi, pemerintah Indonesia sangat mendukung masyarakat menggunakan kendaraan listrik dengan memberikan keringanan pajak dan diskon untuk pengisian ulang daya baterai.

Nah, itulah gambaran dari mobil listrik yang mulai trending sekarang. Setelah membaca artikel ini, ternyata banyak sekali ya keunggulan mobil listrik. Dari sana, kita bisa tau mengapa mobil listrik merupakan kendaraan resmi yang digunakan para pemimpin dunia di KTT G20 kemarin. Kalau dari kamu bagaimana memandang mobil listrik? Apakah kamu tertarik untuk mempunyainya di masa depan? Buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!