5 Tips agar Data Kamu Tidak Mudah Diretas!

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui seberapa pentingnya cyber security. Namun, apa sih cyber security itu? Cyber security atau keamanan siber adalah upaya yang dilakukan untuk melindungi perangkat elektronik dari berbagai ancaman atau akses ilegal yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika mereka berhasil mengakses data kamu, mereka bisa menyalahgunakan atau bahkan menjualnya. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk mengamankan data pribadi kamu.

1. Gunakan Password yang Berbeda

Multi-colored post-its with different passwords covering a computer monitor.(Sumber:https://alliantnational.com)

Apakah kamu memiliki password yang sama di semua akun? Jika iya, segeralah menggantinya karena jika hacker berhasil membobol salah satu akun kamu, maka hacker tersebut kemungkinan akan mencoba password itu ke akun yang lain. Menyeramkan, bukan? Nah, di sini terdapat beberapa tips dalam membuat password yang bisa membantu kamu:

  • Saat ingin membuat akun baru, pastikan password yang dibuat unique, alias berbeda dengan password yang ada di akun kamu yang lain.
  • Saat membuat password, tidak disarankan menggunakan data pribadi seperti tanggal lahir atau nama lengkap.
  • Buatlah password dengan rangkaian huruf yang rumit, seperti menggunakan kombinasi huruf kapital dan kecil, simbol, serta angka.

2. Memiliki Email Cadangan

(Sumber: https://tekno.kompas.com)

Memiliki email cadangan sangat disarankan, karena kamu perlu memisahkan email pribadi dengan email kerja. Dengan memisahkan email, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui aktivitas yang terjadi. Contohnya, kamu bisa lebih mudah mengingat apa saja aplikasi yang pernah kamu daftarkan dengan email yang sudah terpisah. Email pribadi dapat digunakna untuk aplikasi sosial media pribadi. Sedangkan,  email kerja dapat digunakan untuk aplikasi yang akan berhubungan dengan banyak orang, seperti Outlook.

3. Waspada Terhadap Link Phising

(Sumber: https://droila.com)

Link phising termasuk dalam kejahatan elektronik berjenis penipuan. Biasanya, hacker akan mengirimkan email palsu dari sebuah perusahaan yang berisi link phising dengan tujuan korban mengklik link tersebut. Jika di klik, link tersebut akan meng-direct korban ke sebua situs yang terlihat seolah-olah merupakan situs yang resmi. Padahal, situs tersebut merupakan situs yang dibuat oleh hacker dengan tujuan merampas data korban. Jika korban ceroboh dan langsung mengisi data pribadi mereka, hacker bisa mengambil dan menyalahgunakan data korban. Berikut adalah beberapa tips agar kamu tidak mudah tertipu dan lebih teliti dalam membaca email, yakni:

  • Cek alamat email pengirim dengan teliti.
  • Sebelum mengklik link, baca terlebih dahulu email tersebut secara saksama.

4. Gunakan Two-Factor Authentication

What Is Two-Factor Authentication, and How Does It Work?(Sumber: https://www.rd.com)

Apa sih Two-Factor Authentication itu? Two-Factor Authentication merupakan lapisan keamanan tambahan yang bertujuan agar orang yang mencoba mendapatkan akses ke akun aplikasi adalah orang yang sudah diizinkan. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang sudah menggunakan Two-Factor Authentication, seperti Gmail, WhatsApp, dan Tokopedia. Biasanya, jika kamu login tanpa Two-Factor Authentication, kamu bisa langsung mendapat akses masuk secara langsung ke akun kamu. Akan tetapi, jika kamu menggunakanTwo-Factor Authentication, setelah kamu memasukkan username dan password, kamu akan diminta untuk memasukkan token atau PIN sebagai verifikasi tambahan.

5. Revoke Access

steps to Revoke Token Approvals from Dapps(Sumber:www.cryptotimes.io)

Revoke access adalah tindakan untuk mencabut atau menarik izin. Pernahkah kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang perlu login melalui Gmail? Jika kamu sering menggunakan aplikasi tersebut, maka itu tidak masalah. Akan tetapi, jika kamu sudah lama tidak menggunakan aplikasi tersebut, maka kamu bisa revoke access agar akun kamu sudah tidak terhubung ke aplikasi tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dan sedikit penjelasan mengapa kamu perlu meningkatkan keamanan data kamu. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu menjadi lebih paham mengenai keamanan data dan bisa mencoba untuk menerapkannya ke akun kamu ya! Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!