Kenalan Sama Teknologi Hybrid Cloud: Apa Saja Keunggulan dan Kekurangannya!

Pengertian Hybrid Cloud

Halo, semua! Kalian pasti tau dong apa itu teknologi private cloud dan public cloud, bagi kalian yang belum tau kita kenalan dulu yuk sama private cloud dan public cloud. Private cloud adalah layanan cloud yang hanya dapat dinikmati oleh satu organisasi. Sesuai dengan namanya private, yang berarti hanya orang organisasi yang dapat melihatnya. Di sisi lain public cloud adalah layanan cloud yang dapat dinikmati oleh siapa saja di luar organisasi yang menyewa layanan tersebut. Nah, karena sudah tau apa arti public dan private cloud, kira-kira kamu sudah mempunyai bayangan belum nih mengenai hybrid cloud?

Hybrid cloud adalah gabungan antara private cloud dan public cloud sehingga organisasi yang menggunakan layanan ini dapat menyimpan data-data pribadi di private cloud dan di saat yang bersamaan kita juga dapat menyebarkan informasi yang bersifat umum di public cloud. Tentunya nih, kalau sudah bahas sebuah teknologi, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Yuk, kita lihat kelebihan dan kekurangan pada hybrid cloud!

Keunggulan Hybrid Cloud

Dikarenakan hybrid cloud sudah menggabungkan teknologi pendahulunya, pastinya hybrid cloud memiliki keunggulan yang tidak dipunyai oleh private cloud dan public cloud, dan tentunya, ini menjadi sebuah alasan mengapa hybrid Cloud lebih baik daripada pendahulunya, loh! Yuk, kita simak keunggulannya!

1. Fleksibilitas Tinggi

Dikarenakan hybrid cloud mengadopsi dua teknologi penyimpanan, kalian bisa memilih data mana yang akan disimpan di private cloud atau di public cloud.

2. Penyimpanan

Penyimpanan hybrid cloud menggabungkan private cloud dan public cloud sehingga kapasitas penyimpanan yang diberikan juga biasanya lebih besar dibandingkan private cloud atau public cloud.

3. Dukungan Keamanan

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh hybrid cloud ada pada segi keamanannya. Hybrid cloud memiliki lebih dari satu sistem, jadi kamu tidak perlu khawatir jika tiba-tiba ada salah satu sistem cloud yang mengalami gangguan. Karena kalian masih bisa menggunakan sistem lainnya untuk mem-backup data organisasi kamu.

4. Kendali Kontrol

Dibandingkan dengan private dan public cloud, hybrid cloud memiliki kontrol yang mudah digunakan dan tentunya kalian memiliki kontrol penuh terhadap hybrid cloud kalian.

5. Skalabilitas

Saat ini hybrid cloud menjadi opsi terbaik untuk digunakan dalam masalah penyimpanan data, karena hybrid cloud bisa membagi penyimpanan ke dalam dua pilihan, yakni private cloud dan public cloud sehingga sistem tidak terbebani dan server menjadi lebih cepat.

Kekurangan Hybrid Cloud

Tentunya jika ada kelebihan maka akan ada juga kekurangan dari hybrid cloud. Yuk, kita simak apa kekurangan dari hybrid cloud!

1. Membutuhkan Biaya Lebih

Dikarenakan hybrid cloud mengimplementasikan private cloud dan public cloud di saat yang bersamaan, hal ini menyebabkan biaya untuk menggunakan hybrid cloud lebih besar dibandingkan saat menggunakan private cloud atau public cloud saja.

2. Membutuhkan Tenaga Kerja yang Expert

Hybrid cloud memiliki infrakstruktur yang cukup rumit untuk digunakan. Hal ini menyebabkan hybrid cloud membutuhkan tenaga kerja yang berpengalaman di bidang hybrid cloud.

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan dari hybrid cloud, kalian dapat mengetahui bahwa di balik kelebihan dari hybrid cloud, hybrid cloud juga memiliki kekurangan. Terutama pada biaya untuk menggunakan hybrid cloud yang relatif tinggi. Namun tentu saja dengan membayar lebih mahal kalian akan mendapatkan sistem keamanan yang lebih baik, jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan keamanan data kamu. Lalu kamu juga akan memiliki kontrol penuh terhadap datamu.

Oh ya, buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur. Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!