Apa itu Programming Language? Yuk, Kenali dan Simak Penjelasan Ini!

Kamu tertarik untuk menjadi seorang programmer atau developer, tapi belum tahu apa itu programming language? Tenang, pada artikel ini akan ada penjelasan mengenai apa itu programming language dan apa saja bahasa yang biasa digunakan programmer dalam membuat sebuah program. Selain itu, akan ada juga penjelasan mengenai beberapa kesempatan yang dapat kamu ambil dalam dunia kerja setelah mempelajari programming language. Tunggu apa lagi, langsung dibaca dan disimak ya!

Apa itu Programming Language

Programming language adalah bahasa komputer yang digunakan untuk memberikan instruksi kepada komputer. Fungsi programming language untuk seorang programmer atau developer adalah jembatan komunikasi antara programmer dengan komputer. Ada banyak jenis dari programming language, diantaranya adalah Back-End dan Front-End.

Bahasa pemrograman Back-End

Back-end adalah sistem yang ada di balik sebuah website atau aplikasi. Sedangkan, Front-End adalah segala tampilan yang ada di sebuah website atau aplikasi. Berikut merupakan beberapa programming language back-end development:

1. Java 

(Sumber: https://www.oracle.com/

Java adalah salah satu programming language yang sangat populer. Hal ini karena Java mudah dimengerti oleh pemula sekalipun dan dapat digunakan pada beragam platform. Java bisa digunakan untuk membuat aplikasi di desktop, mobile, dan website. Kamu bisa menjadi seorang Java developer jika kamu menguasai bahasa ini.

2. Phyton

(Sumber: https://logicoretech.com/)

Tidak kalah populer dengan Java, Python juga sering digunakan oleh pemula karena mudah dipahami, banyak pemula yang sudah membangun aplikasi menggunakan Python. Python dapat digunakan untuk membuat aplikasi game offline maupun online, software, dan aplikasi Android. Jika kamu menguasai Python, kamu memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai developer, data science, dan software engineer

3. C++

(Sumber: https://en.wikipedia.org/

C++ adalah bahasa pemrograman yang sering dipakai dalam membuat sebuah program. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan Java dan Python, C++ lebih sulit untuk dipelajari. Hal ini disebabkan karena sintaks C++ yang lebih kompleks dibanding Java dan Python. Akan Tetapi, C++ sering sekali digunakan dalam pembuatan game, software, hingga sistem operasi. Setelah kamu menguasai C++, kamu bisa bekerja sebagai seorang programmer ataupun software engineer

Bahasa pemrograman Front-End

Itulah beberapa contoh programming language untuk back-end. Selanjutnya, berikut beberapa programming language untuk front-end development:

1. HTML

(Sumber: https://en.wikipedia.org/

HTML atau HyperText Markup Language adalah programming language yang biasa digunakan dalam pengembangan front-end. HTML biasanya digunakan dalam pembuatan website dan game. Dalam pembuatan website, HTML berfungsi sebagai pembuat kerangka halaman web.

2. CSS

(Sumber: https://commons.wikimedia.org/

CSS atau Cascading Style Sheet adalah programming language yang biasa digunakan bersama HTML dalam pembuatan website. CSS berfungsi untuk memperindah tampilan agar lebih enak dilihat oleh para pengunjung. Jika HTML diibaratkan sebagai kerangka tubuh manusia, maka css adalah kulit dan pakaiannya. 

3. JavaScript

(Sumber: https://www.freepnglogos.com/

JavaScript atau JS adalah programming language yang digunakan bersama HTML dan CSS dalam pembuatan website. Fungsi dari JS adalah memberikan fungsi agar elemen dalam website tersebut interaktif dan responsif yang bisa membuat tampilan semakin menarik. Jika HTML diibaratkan sebagai kerangka, CSS sebagai kulit, JS diibaratkan sebagai otak dan saraf manusia. 

Ketiga programming language front-end tersebut paling sering digunakan bersamaan dalam pembuatan sebuah website atau bisa dibilang sepaket. Oleh karena itu, jika kamu menguasai ketiga programming language tersebut, kamu bisa menjadi seorang web developer, lho! 

Nah, setelah membaca penjelasan tentang apa itu programming language, contoh, dan juga prospek kerjanya, apakah kamu semakin tertarik untuk mempelajari programming language? Buat kamu yang suka baca artikel informatif dan juga menghibur, Filemagz.com cocok banget nih buat kamu. Tunggu apa lagi? Jangan mau ketinggalan dan kunjungi website nya sekarang juga!