Media Journey 2025: Exploring the Digital Turn and the Future of Television in the Streaming Era

 

Pada tanggal 21 dan 22 Oktober 2025, kembali diadakannya kegiatan tahunan BINUS TV Club, yaitu Media Journey, yang pada kesempatan ini mengangkat tema “The Digital Turn: Reinventing Television in the Streaming Era”. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui cara stasiun TV beradaptasi menghadapi persaingan platform streaming dan media on-demand, dari membuat konten eksklusif hingga integrasi digital.

Di tahun ini, BINUS TV Club mendapatkan kesempatan besar untuk melakukan kunjungan langsung ke Stasiun Televisi TRANS TV dan belajar mendalam mengenai proses produksi di industri pertelevisian profesional. 

Kegiatan ini diselenggarakan  selama dua hari secara offline melalui kunjungan langsung ke kantor Transmedia. Dalam kesempatan tersebut, peserta dapat mengikuti pembelajaran langsung mengenai industri pertelevisian, serta berdiskusi dengan para profesional dari TRANS TV yang berpengalaman di bidangnya. 

Pada tanggal 21 Oktober 2025, kegiatan ini diawali dengan kedatangan peserta ke Gedung TRANS TV, dan dilanjutkan dengan pembukaan acara. Acara dibuka dengan sambutan dari Vice Project Director Media Journey 2025, Theovine Amelia Devega, serta President of BINUS TV Club 2025/2026, Gabriel Eka Valerian Purba, yang menjadi momentum resmi dimulainya kegiatan. Melanjutkan dari sesi tersebut, para perwakilan dari TRANS TV juga melakukan perkenalan diri yang disertai dengan penjelasan peran dan tanggung jawab mereka dalam industri penyiaran ini.

Setelah sesi tersebut, acara dilanjutkan dengan pemaparan company profile dari tim TRANS TV yang dipimpin oleh Oki Nurhadiyanto selaku tim Public Relations di TRANS TV. Pada kesempatan ini, peserta diperkenalkan lebih jauh mengenai sejarah dan operasional TRANS TV serta alur kerja dalam proses produksi program kerja yang dijalani.  Menjelang akhir sesi ini, peserta diberi waktu untuk tanya jawab yang diharapkan dapat mendalami proses produksi serta prospek karir yang ada . Interaksi tersebut memberikan wawasan baru dan keterampilan penting di bidang penyiaran.

 

Kegiatan berlanjut dengan studio tour untuk mengamati proses produksi konten televisi secara langsung. Peserta dikenalkan dengan berbagai ruang produksi, peralatan teknis, dalam menghasilkan tayangan yang berkualitas. Pada saat ini, antusias dari para peserta sangat meningkat karena dapat melihat langsung studio serta proses persiapan lainnya yang terlihat dibalik layar. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk melihat langsung proses tapping dari program Dream Box Indonesia, dilanjutkan dengan mengunjungi kantor Insert, dan diakhiri dengan kunjungan ke studio live program Inside Politics.

Berbeda dengan hari setelahnya, pada tanggal 22 Oktober 2025, kegiatan ini langsung dimulai dengan pembukaan dari pihak TRANS TV dan menjelaskan kembali mengenai company profile. Sesi ini memaparkan ulang mengenai sejarah, program, serta alur kerja kepada peserta Day 2, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sebagai akhir dari sesi tersebut. Setelah itu, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan studio tour, seperti studio Lacak Kriminal, Brownies, Dream Box Indonesia, dan juga kantor Insert yang memberikan gambaran nyata mengenai proses kerja di industri televisi.

 

 

 

 

Setelah melakukan studio tour, kegiatan Media Journey 2025 ini diakhiri dengan pemberian plakat dari BINUS TV Club yang dilakukan oleh Anastasia Nadine Adisuhanto selaku Project Director Media Journey 2025 kepada TRANS TV, yang diterima langsung oleh Gladis Flantika Cavarina selaku Sekretaris Public Relation TRANS TV. Pemberian plakat ini sebagai wujud apresiasi atas kerja sama serta dukungan dari pihak TRANS TV. Kegiatan diakhiri dengan sesi dokumentasi bersama, untuk meninggalkan kesan berharga bagi seluruh peserta maupun panitia.

 

 

 

 

Dari kegiatan ini, para peserta tidak hanya memperoleh wawasan baru terkait proses produksi pertelevisian, tetapi juga memahami bagaimana industri TV mampu tetap kompetitif di era dominasi platform streaming dengan strategi distribusi lintas platform yang adaptif. Pengalaman ini diharapkan menjadi langkah awal mengembangkan diri ke dunia broadcasting. Kami berharap di masa mendatang, terdapat kesempatan bagi BINUS TV Club dan TRANS TV untuk terus berkolaborasi dalam menciptakan karya serta pengalaman bermakna di industri penyiaran Indonesia. 

Maissya Nabilla & Theovine Amelia Devega