Mengenal 10 Kuliner Nusantara dari Berbagai Daerah di Jakarta yang Memanjakan Mulut Penggemar Kuliner

Indonesia tak hanya terkenal memiliki kekayaan alam dan budayanya. Namun Indonesia juga memiliki kekayaan rempah-rempah serta bumbu-bumbu unik yang hanya dimiliki negara Indonesia sehingga masyarakat Indonesia berusaha meracik menjadi resep kuliner yang dapat menggugah selera. Uniknya masakan nusantara dari berbagai macam daerah yang mempunyai ciri khas masing-masing mulai dari rasa yang pedas, manis, dan asin sehingga tidak dapat dipungkiri masakan nusantara sudah setara dengan masakan asing bahkan melebihi dari segi cita rasanya. Bagi penggemar kuliner yang sudah bosan mencoba masakan asing bisa menjadi agenda baru untuk mencoba masakan nusantara yang tidak kalah nikmat.

Supaya tidak penasaran, yuk Smartviewers kenalan dengan makanan khas nusantara yang dapat di temui dan di nikmati di Jakarta

 

  • Makanan Khas Aceh

Makanan khas Aceh yang terkenal adalah mie Aceh, es timus dan Ungkot Kemamah dan masih banyak lagi. Jika smartviewers sedang ingin menyantap kuliner Aceh tapi bingung di mana tempatnya, tenang kami punya satu rekomendasi restoran yang wajib di coba di daerah Jakarta pusat yaitu,

Rumah Makan Aceh Seulawah  

Alamat: Jalan Bendungan Hilir No. 8 (Sebrang RSAL Dr. Mintohardjo), Bendungan Hilir, Jakarta Pusat

  • Makanan Khas Sumatera Utara – Medan

Mendengar kata bika Ambon, banyak yang mengira bahwa makanan yang berjenis kue ini berasal dari Ambon, Maluku. Padahal bika Ambon sendiri berasal dari Medan, Sumatera Utara. Medan adalah ikonis kota yang juga menjadi pion dari ibukota Sumatera Utara.

Bukan hanya bika Ambon yang menjadi makanan khas medan saja melainkan ada lontong medan, nasi kentut, Bihun bebek dan lainya. Jika smartviewers ingin merasakan kenikmatan kuliner khas medan ini, langsung datang ke restoran yang berada di Jakarta Barat yaitu:

Rumah Makan Hj. Noni

Alamat: Jalan Kembangan Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat

  • Makanan Khas Sumatera Barat – Padang

Sumatera Barat merupakan sumber makanan terenak di seluruh dunia selain Bandung. Masakan dari Padang ini terbuat dengan santan kental dan bumbu rempah yang membuat cita rasa yang lezat sehingga membuat penggemar kuliner ketagihan.

Karena lezatnya masakan khas Padang membuat chef ternama Gordon Ramsay datang ke Indonesia untuk mencicipi kelezatan dibalik pembuatan makanan rendang yang didampingi oleh William Wongso sebagai pakar kuliner Indonesia. Smartviewers tidak harus datang ke Sumatera Barat untuk mencicipi makanan khas Padang, karena sudah tersedia di Jakarta Selatan yaitu:

Pagi Sore

AlamatJalan Cipete Raya No.2 Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

  • Makanan Khas Sumatera Selatan – Palembang

Palembang memiliki wisata alam yang bisa menjadi daya tarik sendiri yang berupa Sungai Musi dan Jembatan Ampera. Siapa yang tidak mengenal pempek sebagai makanan khas asal Palembang. Meskipun Palembang lebih terkenal dengan pempeknya namun tidak hanya makanan pempek lho yang menjadi makanan khas Palembang melainkan ada juga tekwan, laksan, mie celor dan lainya. Jika smartviewers ingin mencoba makanan khas palembang sudah tersedia di Jakarta Utara yaitu:

Sari Sanjaya

Alamat:  Jalan Boulevard Raya Blok QA 1 No. 8-9, Kelapa Gading Barat, Kota Jakarta Utara

  • Makanan Khas DKI Jakarta – Jakarta

DKI Jakarta merupakan ibu kota negara yang memiliki sejarah yang menarik apalagi tentang kulinernya. Jakarta memiliki suku Betawi yang dikenal memiliki budaya dan adat istiadat yang kental. Makanan khas Betawi memiliki cita rasa yang lezat dan istimewa yang sayang jika dilewatkan oleh penggemar kuliner. Makanan yang terkenal dari Betawi adalah soto Betawi, yang sudah menjadi kuliner wajib khas Jakarta. Selain itu makanan khas Betawi juga ada telur gulung, geplak, gado-gado dan lainya. Berikut rekomendasi tempat makan khas Betawi yang berada di Jakarta Selatan yaitu:

Warung Betawi Bang Jalil 33

Alamat: Jalan Siaga 2 No. 33, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

  • Makanan Khas Jawa Tengah – Semarang

Apa yang terlintas di pikiran smartviewers setelah mendengar makanan khas Semarang? Mungkin yang muncul dalam kepala adalah lumpia Semarang. Semarang merupakan Ibu Kota Jawa Tengah. Kota Semarang memiliki segudang makanan khas yang unik dan lezat. Smartviewers tidak perlu datang ke Semarang untuk mencicipi hidangan khas Semarang tetapi di Jakarta juga memiliki masakan khas Semarang yang berlokasi di Jakarta Pusat yaitu:

Kafe Lumpia Semarang

Alamat: Jalan Cempaka Putih Tengah 27 No. 12, Cempaka Putih, Jakarta Pusat

  • Makanan Khas DI Yogyakarta – Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu daerah istimewa yang terkenal mempunyai keindahan wisata alam tetapi juga terkenal akan wisata kulinernya. Apakah hanya gudeg yang smartviewers ketahui? Ternyata tidak hanya gudeg saja tetapi makanan khas Yogyakarta itu banyak sekali lho seperti krecek, sate kelatak, nasi tiwul dan makanan lainnya. Nah jika smartviewers sedang rindu atau penasaran mengenai kenikmatan surga dunia khas Yogyakarta maka kami merekomendasi satu tempat yang berada di Jakarta Timur yaitu:

Gudeg Bu Tjitro 1925

Alamat: Jalan Melati Bakti No. 2a, Pondok Bambu, Jakarta Timur

  • Makanan Khas Bali

Smartviewers jika mendengar makanan khas Bali apa yang pertama kali terpikirkan? Pasti smartviewers yang pertama kali terpikirkan apalagi kalau bukan sate lilit bali yaitu daging yang diolah dan dilekatkan hingga menempel pada tusukan sate. Tangkai pada sate itu sendiri terbuat dari tangkai bambu atau batang serai. Namun selain sate lilit ada juga makanan khas Bali yaitu ayam betutu lho yang tak kalah enak. Smartviewers tahu tidak bahwa ayam betutu memiliki sejarah memasak yang unik yaitu dengan pengolahan ayam utuh dilapisi dengan daun pinang dan diberikan bumbu cabai serta base genep khas Bali. Kemudian ayam tersebut dikubur dalam tanah dengan bara. Pengolahan masakan seperti ini merupakan warisan zaman Majapahit sehingga tidak diragukan lagi kenikmatan dari masakannya. Untuk mencoba makanan khas Bali smartviewers tidak harus berkunjung ke Bali karena sudah tersedia masakan khas Bali di Jakarta Selatan yaitu:

Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali

Alamat: Jalan Wolter Mongsidi No. 63A, Jakarta Selatan

  • Makanan Khas Kalimantan Barat – Pontianak

Kalimantan Barat dikenal sebagai provinsi terluas ke-4 setelah Papua, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Karena Kalimantan Barat memiliki ratusan sungai besar dan kecil selaras dengan kondisi geografis sehingga mendapat julukan “provinsi Seribu Sungai”. Daerah Pontianak sendiri terdapat bubur pedas yang menjadi menu untuk sarapan, selain itu ada chai kwe yaitu makanan ringan khas Pontianak yang terbuat dari tumisan sayur seperti keladi, kucai, bengkoang, hingga rebung yang dibungkus menggunakan kulit yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Smartviewers jika penasaran untuk mencicipi masakan khas Pontianak langsung saja datang ke salah satu restoran yang ada di Jakarta Utara yakni:

CHOI PAN PANAS SIAM 91 PONTIANAK

ALAMAT: Jl. Danau Sunter Utara Blok C1 No. 10, Sunter, Jakarta Utara

  • Makanan Khas Kalimantan Selatan – Banjarmasin

Destinasi terakhir kuliner nusantara yaitu berasal dari provinsi Kalimantan Selatan lebih tepatnya di kota Banjarmasin. Buat smartviewers jangan hanya menikmati pesona alamnya saja, tetapi Kalimantan Selatan juga memiliki ragam kuliner yang menggoda selera. Karena hampir semua makanan yang ada di Kalimantan Selatan diolah dengan penuh dedikasi yang tinggi oleh warga lokal, maka untuk keunikan cita rasanya tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari makanan khas daerah Kalimantan Selatan yang sudah populer, hingga makanan khas yang belum banyak dijajakan oleh banyak orang.

Salah satu makanan khas Kalimantan yang paling terkenal yaitu soto banjar. Sajian makanan khas ini berbeda dari soto di kota lainnya karena soto banjar terdiri dari bihun, suwiran ayam kampung, telur rebus, taburan bawang goreng dan perkedel kentang. Jika soto dari kota lain dihidangkan bersama nasi putih, beda halnya dengan cara penyajian khas Kalimantan Selatan dengan menggunakan lontong atau ketupat. Smartviewers sudah tidak pusing lagi untuk datang ke Banjarmasin karena salah satu masakan khas Banjarmasin sudah ada di Jakarta Utara yaitu:

Sate Tulang & Soto Banjar “Eldorado”Kelapa Gading

ALAMAT: Kafe Tenda Wisma Gading Permai (WGP), Jalan Kelapa Gading Boulevard CN1 No. 19, Kelapa Gading, Jakarta Utara

Yaumil Arta Hanif