BELAJAR LEBIH DALAM TENTANG DUBBING

Dalam divisi news, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat dubbing suara. Tidak semua orang bisa langsung menjadi dubber di sebuah program berita, karena suara yang butuhkan cukup berbeda dari program lain. Di dalam artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam bagaimana cara menjadi seorang dubber di program berita, dan hal apa saja yang harus di lakukan agar mendapatkan suara yang tepat untuk mengisi sebuh program berita.  

Sebelum menjadi seorang dubber di sebuah program berita, kita harus tahu dulu tiga jenis berita yang mempengaruhi pembawaan seorang dubber dalam menyampaikan suatu berita. Karena setiap jenis berita, akan dibawakan dengan cara dan intonasi yang berbeda-beda. Ketiga jenis berita tersebut adalah:

  1. Hard News

Berita Hard News adalah berita actual atau “fresh” yang harus segera di sajikan kepada penonton, karena kalau tidak akan cepat basi. Membawakan berita Hard News pun harus dengan intonasi yang tegas, lantang, bersuara bulat dan tidak tergesa-gesa, agar dapat menggambarkan ketegangan berita yang disampaikan dengan jelas.

  1. Soft News

Berita Soft News adalah berita yang lebih ringan dibandingkan dengan berita Hard News. Biasanya struktur pada berita soft news lebih luwes dan tidak terpaku dengan waktu penayangan. Membawakan berita Soft News pun bisa lebih santai dan tidak terlalu lugas.

  1. Feature

Feature merupakan peliputan ke suatu objek, pariwisata atau situs sejarah. Yang isi nya akan memberikan informasi, pengalaman, mendidik dan menghibur untuk penontonnya. waktu penayangannya pun lebih fleksibel. Membawakan program Feature pun lebih santai dan tidak terlalu formal, karena kita harus menggambarkan suasana yang ada di tempat tersebut dan membuat penonton terbawa simpati atau ketertarikan pada tempat tersebut.

Cara awal kita untuk menjadi seorang dubber adalah, Latihan vocal, pernapasan, artikulasi dan observasi. Dimulai dengan rajin membaca sebuah berita, lalu memperhatikan tanda koma dan titik dengan nada bicara. Setelah kita sudah lancer membaca berita, kita akan belajar lebih dalam lagi untuk bagaimana memperoleh suara yang bagus. Memperoleh suara yang bagus dapat di lakukan dengan cara pelatihan disar, yaitu olah tubuh, olah tempo suara dan olah rasa. Olah rasa dibutuhkan untuk mempengaruh emosi pada saat kita membaca untuk dubbing.

Sebagai penutup, Aku ada tips yang bisa dilakukan untuk menjaga konsistensi suara pada saat Dubbing.

  1. Cukup minum, hindari minum air dingin, alcohol dan kafein
  2. Tidak makan-makanan yang mengandung santan dan minyak berlebih
  3. Tidak tidur larut malam
  4. Sering melakukan artikulasi dan intonasi
  5. Hindari rokok.
Vinka Mutiara Ardaffa