PILMAPRES BINUS 2024

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) adalah kompetisi pemilihan mahasiswa terbaik Indonesia yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Pusat Prestasi Nasional, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Pada tahun ini, PILMAPRES BINUS dilaksanakan secara online pada hari Kamis, 28 Maret 2024. Acara PILMAPRES BINUS 2024 diawali dengan doa pembuka oleh Angelica Virginevra Malina More, disusul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan himne perguruan tinggi Bina Nusantara. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Vice Rector of Student Affair Binus University, Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI. Terdapat delapan kandidat pada PILMAPRES BINUS tahun ini, diantaranya: 

  • Matthew Christian Darmawan, mewakili jurusan Business Creation dari Binus Business School.
  • Aurelia Bianca Hanjaya, mewakili jurusan Public Relations dari Digital Communication and Hotel and Tourism.
  • Clarissa Setiadi, mewakili jurusan Industrial Engineering dari Faculty of Engineering.
  • Ayisha Imana Rahman, mewakili jurusan International Relations dari Faculty of Humanities.
  • Jacqueline Abyasa, mewakili jurusan Computer Science dari School of Computer Science.
  • Shalomita Alessia Warganegara, mewakili jurusan Communication International Program dari School of Computing and Creative Arts.
  • Jessica Nissi Putri Kaban, mewakili jurusan Visual Communication Design dari School of Design.
  • Gisella Jennifer Lazuardy, mewakili jurusan Information Systems dari Faculty of Information Systems.

Sesi pertama dalam PILMAPRES BINUS 2024 merupakan sesi impromptu speech dimana kandidat memaparkan argumen dalam bahasa Inggris terkait pertanyaan yang diberikan oleh para juri. Para kandidat diberikan waktu selama tiga menit untuk mempersiapkan argumen, kemudian memaparkan argumen tersebut selama tiga menit pula. Dalam sesi ini, kandidat lain juga diberikan kesempatan selama satu menit untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan kepada kandidat yang memaparkan argumen. Faktor yang dinilai dalam sesi impromptu speech adalah kelancaran bahasa Inggris dan argumen yang diberikan. 

Sesi kedua merupakan sesi presentasi Karya Tulis Ilmiah oleh masing-masing kandidat yang akan dinilai oleh dua orang juri yaitu Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi., M.Si dan Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S. Kom., S.E., MMSI. Ke delapan kandidat mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah selama kurang lebih delapan menit. Karya Tulis Ilmiah tersebut dirancang dengan membuat gagasan kreatif yang dapat menjawab permasalahan pembangunan di Indonesia dengan berlandaskan poin-poin utama Sustainable Development Goals (SDGs) dan juga Revolusi Industri 4.0.

Mahasiswa Berprestasi Terfavorit 2024 berhasil dimenangkan oleh Matthew Christian Darmawan yang mewakili jurusan Business Creation dari Binus Business School dengan gagasan kreatifnya yang bernama JagaPangan. Dalam deskripsinya, JagaPangan merupakan sebuah teknologi digital berbasis website application sebagai media penjualan imperfect produce dengan tujuan agar penguatan dan perluasan ketahanan pangan yang berkelanjutan dapat tercapai.

Mahasiswa Berprestasi 2024 yang akan mewakili Binus University pada PILMAPRES 2024 dimenangkan oleh Aurelia Bianca Hanjaya dari jurusan Public Relations, fakultas Digital Communication and Hotel and Tourism. Gagasan kreatif yang dirancang oleh Aurelia Bianca Hanjaya bernama SOS (Susila Osadi Sinudarsana), kalimat yang berasal dari bahasa sanskerta dengan arti “bersikap sopan, melayani tanpa syarat, dan memberikan contoh yang positif”. SOS merupakan aplikasi yang terintegrasi secara efektif dengan pusat panggilan 112 yang ramah tuna tungu. 

Seluruh kandidat yang mengikuti rangkaian kegiatan PILMAPRES BINUS 2024 sedari awal hingga akhir telah berkontribusi secara aktif dalam membantu menjawab permasalahan pembangunan di Indonesia dengan rancangan gagasannya yang sangat kreatif. Selamat kepada Matthew Christian Darmawan yang berhasil menjadi Mahasiswa Berprestasi Terfavorit 2024 serta Aurelia Bianca Hanjaya yang menjadi Mahasiswa Berprestasi Terbaik 2024 dan akan mewakili Binus University ke PILMAPRES Nasional 2024. Keikutsertaan Binus University ke dalam PILMAPRES Nasional 2024 sebagai agen perubahan dalam pembangunan Indonesia diharapkan dapat membawa pengaruh yang baik bagi negara.

Sabrina Aliyah Rivansa & Jesslyn Davin